Disupport Meneg BUMN, Jasa Marga Pantang Nyerah - Rebutan Ruas Tol Bakrie

NERACA

Jakarta- Rencana PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) melepas bisnis tolnya, menjadi rebutan perusahaan besar antara MNC Group yang berniat mengakuisisi bisnis tol Grup Bakrie dan tidak terkecuali juga PT Jasa Marga Tbk (JSMR).

Niatan Jasa Marga mengakuisisi salah satu ruas tol milik Grup Bakrie ini, mendapatkan dukungan dari Menteri BUMN Dahlan Iskan. Dia menuturkan, sangat antusias jika Jasa Marga melakukan akuisis tersebut, “Saya setuju supaya proyek jalan tolnya selesai semua," katanya di Jakarta, Selasa (20/11).

Meski demikian, Dahlan mengaku belum mengetahui rencana Jasa Marga untuk mengakuisisi salah satu ruas tol milik Bakrieland. "Saya belum tau, tapi kalau Jasa Marga mengambil langkah itu saya sangat setuju,"ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, Jasa Marga memang telah berbicara dengan Bakrieland sejak Oktober lalu dan menyatakan minatnya untuk mengakuisisi salah satu ruas tol milik Bakrieland, yakni ruas Ciawi-Sukabumi sepanjang 54 kilometer.

Namun sayangnya, rencana ini sudah lebih awal direbut oleh MNC Grup yang juga bakal mengakuisisi bisnis Bakrie Tol Road baik yang beroperasi dan belum beroperasi, salah satunya ruas tol incaran Jasa Marga Ciawi-Sukabumi.

Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman pernah bilang, dirinya legowo saat tol incarannya diambil grup MNC pimpinan Hary Tanoesoedibjo, “Ya memang kita incar, tapi beritanya diambil MNC,"ujarnya.

Lawan MNC Grup

Sebagai informasi, awalnya pembicaraan dengan Bakrie terkait pelepasan aset jalan tol ini telah terjadi. Namun JSMR hanya tertarik pada ruas Ciawi-Sukabumi, sedangkan grup Bakrie berniat melepas seluruh ruas tol.

Kemudian, datanglah penawaran dari grup MNC yang berniat mengambil seluruh ruas tol Bakrie (Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pasuruan-Probolinggo, Batang-Semarang, Cimanggis-Cibitung, serta Ciawi-Sukabumi). "Kita mau ambil Ciawi-Sukabumi karena dekat dengan akses tol kita, Jagorawi," paparnya.

Presiden Direktur PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC), Hary Tanoesoedibjo mengatakan, PT Bhakti Investama Tbk salah satu anak usaha dari grup MNC siap mengakuisisi kepemilikan atas ruas tol milik Grup Bakrie, baik yang sudah beroperasi ataupun yang masuk dalam konsesi PT Bakrieland Development Tbk (ELTY), “Pengambilalihan tol milik Bakrie, baik yang sudah beroperasi di Kanci-Pejagan 34 km, ataupun yang masuk dalam konsesi ELTY, yaitu Pejagan-Pemalang 57 km, Pasuruan-Probolinggo 31 km serta Batang-Semarang 75 km,”ujarnya.

Hary mengatakan, untuk rencana teknis akuisisi tol milik Bakrie tersebut belum dapat diungkapkan, namun dia menagaskan besar kemungkinan tol ini akan diakuisi oleh anak usaha perusahaan, PT Bhakti Investama Tbk.

Kabarnya, PT Bhakti Investama Tbk akan menyerahkan urusan teknis pengelolaan jalan tol hasil pembelian dari PT Bakrieland Development Tbk (ELTY), kepada salah satu anak usahanya PT Indonesia Air Transport Tbk (IATA). Dikabarnya, nilai transaksi akuisisi ruas tol Bakrie ini mencapai Rp 5 triliun.

Khusus pada ruas tol Ciawi-Sukabumi, grup MNC makin bersemangat karena terjadi transaksi tambahan. Yakni pengalihan lahan 1.000 ha di Lido yang sebelumnya akan dibangun taman bermain (theme park) oleh Bakrie. (bani)

BERITA TERKAIT

Kemenhub Kembangkan Konsep Integarasi Tol Laut

    NERACA   Jakarta - Dtjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mengembangkan konsep tol laut yang terintregasi dan terkoneksi "end…

Dinas: 2019 Tol Bocimi Beroperasi Hingga Sukabumi

Dinas: 2019 Tol Bocimi Beroperasi Hingga Sukabumi NERACA Sukabumi - Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, memperkirakan pada 2019 Jalan…

Utang BUMN, Mau Untung Apa Buntung?

Oleh: Pril Huseno Dalam rapat dengar pendapat antara Direksi BUMN dengan DPR Komisi VI pada (03/12), terungkap bahwa besaran utang…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Industri di Papua Berpeluang Go Public

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Jayapura berupaya mendorong pelaku industri di Papua untuk mengakses permodalan dari pasar modal untuk…

Restrukturisasi TAXI Disetujui Investor

Berdasarkan hasil rapat umum pemegang obligasi (RUPO) PT Express Trasindo Utama Tbk (TAXI), para pemegang obligasi akhirnya menyetujui paket restrukturisasi…

Bidik Generasi Milenial - Chubb Life Luncurkan Platform Digital

NERACA Jakarta – Penetrasi pasar asuransi di Indonesia, PT Chubb Life Insurance Indonesia (Chubb Life) meluncurkan platform online bernama Chubb…