Membuat Lantai Carport Ideal

Seperti halnya lantai garasi maupun lantai dalam rumah, lantai carport harus mampu menahan beban berat. Oleh karenanya, lantai carport harus dirancang agar di kemudian hari tidak ambles, karena struktur tanahnya lembek. Atau muncul genangan sehabis mencuci mobil, karena lantai dibuat tak miring hingga air mengalir ke got. Atau, kita terpleset saat lantainya basah sehabis mencuci mobil.

Berhubung harus siap dalam kondisi kering dan basah, lantai carport harus dipilih dari bahan yang tidak licin. Ada dua macam corak lantai, yaitu yang permukaannya masif dan tidak masif. Masing-masing mempunyai kelebihan. Lantai masif atau padat tidak bisa merembes dan meresap ke dalam tanah. Karena itu, lantai harus memiliki kemiringan yang cukup agar air mengalir ke luar atau got.

Sedangkan lantai tidak masif mampu meresap air. Kendati demikian, lantai tak masif tetap diupayakan dalam posisi miring. Hal itu untuk menjaga agar jika air yang tumpang cukup banyak hingga tak terserap oleh lantai. Dengan tetap menjaga kemiringan, tumpahan air tidak menggenang, tapi akan mengalir.

Baik lantai masif atau tidak masif, disarankan tetap membuat saluran air di sepanjang tepian carport menuju ke got atau selokan air di pinggir jalan. Lebar saluran itu sekitar 5-10 cm dengan kedalaman 5 cm. Saluran air itu sebetulnya tidaklah mutlak, karena tumpahan air cucian pasti akan mengalir ke tempat yang rendah, yaitu ke arah jalanan dan masuk ke selokan atau got yang ada di luar pagar.

Jenis lantai tak masif bisa dalam bentuk conblok berlobang atau roster. Lobang-lobang besar itu dapat ditanami rerumputan untuk menambah keasrian lingkungan carport, karena menyatu sebagai bagian dari tanam depan rumah.

Namun,lebih banyak orang memilih lantai carport jenis masif. Ada banyak bahan yang dapat dipakai. Di sinilah, kita ditantang untuk berani bermain-main dengan bahan untuk mempercantik suasana carport.

Dimulai dari keramik yang digunakan, biasanya dipilih keramik yang bertekstur kasar agar tidak licin jika kena air.

Lantai lainnya berupa semen, lantai carport dengan material semen banyak kita jumpai terutama di kawasan perumahan. Agar tampilannya cantik, di bagian tengah yang tidak terlindas roda mobil, bisa ditanami rerumputan, seperti model tak masif.

Kemudian, beton sikat. Jenis bebatuan yang dipakai adalah batu koral baik dalam ukuran sedang maupun batu koral dengan ukuran kecil-kecil. Batu koral yang kecil-kecil umumnya memberi pilihan warna yang lebih beragam dibandingkan yang ukurannya sedang.

Beton sikat dipadu dengan batu alam. Cara memadukan beton sikat dan batu alam dengan membentuk lajur-lajur vertikal sehingga mampu memberi kesan alami dengan warna hijau gelap dan hitamnya. Jika ingin tampilan yang mengkilap, batuan bisa dicat khusus pelapis batu alam, atau cukup divernik untuk jenis batu bercorak. Dengan vernik, warna corak itu akan timbul.

Beton sikat dipadu bata ekspos. Para pakar eksterior menilai, perpaduan kedua bahan itu akan serasi dengan model pagar dan pintu pagar yang terbuat dari kayu. (saksono)

BERITA TERKAIT

Tekanan Rp Membuat Pelaku Industri Mamin Risau

NERACA Jakarta – Data ekonomi positif yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) dengan deflasi Agustus 2018 sebesar 0,05%. Kendati deflasi…

Membuat Arus Kas Terkelola

Pemerhati Kebijakan Industri dan Ekonomi, Fauzi Aziz     Membaca dan memahami persoalan ekonomi makro barangkali kita sudah bosan karena…

Sentimen Krisis Turki Membuat Rp dan IHSG Loyo

NERACA Jakarta – Anjloknya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS sebagai buntut dari sentimen krisis ekonomi di Turki, memberikan dampak…

BERITA LAINNYA DI HUNIAN

Bisnis Apartemen di Depok Investasi Menjanjikan

Bisnis Apartemen di Depok Investasi Menjanjikan NERACA Depok - Pengembang apartemen Cimanggis City Mall menilai Kota Depok Jawa Barat merupakan…

Program Sejuta Rumah Kerja Banyak Pihak

Program Sejuta Rumah Kerja Banyak Pihak NERACA Nusa Dua - Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,…

SMF Inisiasi Program Perbaikan Hunian Kumuh

SMF Inisiasi Program Perbaikan Hunian Kumuh NERACA Yogyakarta - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF menginisiasi program pembangunan rumah…