CIMB Niaga Tingkatkan Pembiayaan Properti

NERACA

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk terus mengintensifkan penyaluran kredit di sektor properti. Adanya kebutuhan sebagian besar masyarakat yang lebih menyukai pembelian properti lewat fasilitas kredit, menjadi salah satu faktor pendorong.

Hingga akhir September 2012, CIMB Niaga telah menyalurkan kredit ke sektor properti, baik konvensional maupun syariah sebesar Rp20,1 triliun. Pertumbuhan kredit tersebut juga diikuti dengan kualitas kredit yang relatif terjaga.

Tony Tardjo, Head of Consumer Lending CIMB Niaga mengungkapkan, kebutuhan masyarakat akan properti khususnya untuk tempat tinggal, selain properti yang dianggap sebagai salah satu instrumen investasi yang aman dan menguntungkan, ditengarai menjadikan industri properti di Indonesia tetap akan tumbuh ke depannya.

“Kami memang melihat adanya dampak dari pemberlakuan kebijakan loan to value (LTV) untuk sektor properti. Meski demikian, dengan masih besarnya potensi industri ini, serta animo masyarakat yang kecendrungannya lebih menyukai pembelian properti melalui sistem kredit dibandingkan tunai, membuat kami tetap optimistis kredit properti CIMB Niaga masih akan tumbuh,” kata Tony di Jakarta, Senin (19/11).

Dalam rangka menggenjot nilai penyaluran kredit serta memperkuat penetrasi pasar di sektor ini, CIMB Niaga terus berupaya menyediakan beragam produk dan layanan sesuai dengan kebutuhan nasabah. Salah satunya adalah dengan menyediakan produk Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), untuk segmen menengah ke atas.

Adapun produk-produk tersebut antara lain KPR X-tra, yang ditujukan untuk pembelian rumah baru atau secondary dengan lokasi rumah yang tidak terbatas di lingkungan real estate. Kemudian ada KPR X-tra Dinamis,yaitu produk KPR yang di-bundling khusus dengan Tabungan X-tra Dinamis.

Produk ini ditujukan bagi nasabah yang menyukai angsuran yang lebih ringan, atau jangka waktu yang bisa diperpendek. “Semua bisa dilakukan dengan memanfaatkan bunga tabungan yang diperoleh untuk mengurangi besarnya angsuran atau besarnya pokok pinjaman”, ungkap Tony.

Bagi nasabah yang membutuhkan dana tunai dengan jaminan properti yang dimilikinya, tersedia KPR X-tra Cash. Properti yang dijaminkan bisa berupa rumah, ruko, apartemen, ataupun rukan (rumah kantor).

Sedangkan untuk segmen high-end, CIMB Niaga juga menyediakan produk KPR X-tra Luxury dengan plafon minimal Rp5 miliar. KPR X-tra Luxury adalah produk KPR unggulan CIMB Niaga yang mengkombinasikan produk KPR dengan produk simpanan (baik investasi maupun deposito).

“Beragam produk KPR yang kami sediakan menjadi wujud komitmen kami untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi nasabah sesuai dengan kebutuhannya, dan meningkatkan penetrasi pasar CIMB Niaga di sektor properti,” papar dia.

Adapun pada 2012, KPR CIMB Niaga memperoleh dua penghargaan, yaitu The Most Favorite Retail Banking Strategy dari majalah Property and Bank, serta The Most Various and Unique Mortgage Product dari Rekor Bisnis (REBI). “Kedua penghargaan tersebut diyakini akan lebih meningkatkan kinerja KPR CIMB Niaga di masa mendatang,” tutup Tony. [rin]

BERITA TERKAIT

Pembiayaan BTPN Syariah Tumbuh 19,1%

  NERACA   Jakarta - PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk (BTPN Syariah) hingga akhir Juni 2018 membukukan pembiayaan…

Pemerintah Siapkan Intervensi Pasar Jika Harga Telur Bertahan - Niaga Domestik

NERACA Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) berupaya untuk menurunkan harga daging ayam ras dan telur secara bertahap dalam waktu…

CIMB Niaga Gelar Customer Gathering

      NERACA   Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menyelenggarakan customer gathering bersama nasabah dan…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Tingkat Bunga Penjaminan LPS Naik 25 Bps

      NERACA   Jakarta - Rapat Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menetapkan tingkat bunga penjaminan untuk periode…

The Fed Dinilai Tak Akan Agresif Naikkan Bunga

    NERACA   Jakarta - Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah memprediksi Bank Sentral AS The…

Laba BTPN Tumbuh 17%

      NERACA   Jakarta - PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) mencatatkan pertumbuhan laba bersih 17 persen…