Fotografi, Antara Seni dan Bisnis

Perkembangan zaman memang memungkinkan terdapat banyak hobi yang mampu dieksplorasi untuk menjadi lahan bisnis yang sangat menguntungkan. Tetapi terkadang pekaku usaha kerap kali menukan kesulitan mengembangkan usahanya. Lalu, bagaimana dengan bisnis fotografi.

Sebagai sebuah komoditas bisnis, fotografi sebenarnya tidak sepelik bisnis lainnya. Sebab, tools yang menjadi dasar bisnis ini dapat diperoleh dengan mudah. Semisal kamera digital dan aksesorisnya, perlengkapan studi, peralatan dan mesin cetak, bahan baku kertas dan tinta warna. Cukup mudah didapatkan saat ini.

Meski demikian, yang menjadi poin utama persaingan bisnis ini adalah bagaimana menjual nilai visualnya. Ketika berbicara strategi bisnis fotografi, cara menentukan posisi dan tempat berpijak menjadi dasar. Kategorisasi yang lazim dalam bisnis fotografi di Indonesia adalah foto prewedding & wedding, foto produk dan iklan, liputan foto, foto keluarga dan anak, dan foto studio.

Perkembangan lain dari teknologi yang digunakan, perkembangan teknologi ini akan mampu menghasilkan uang di bidang fotografi, pasalnya para konsumen akan mampu menemukan taste pada foto-foto yang mereka beli. Kalau tidak, mungkin pelanggan Anda akan kabur ke fotografer lainnya.

Nah, memang mencari sesuatu yang spesifik dalam fotografi mampu berbicara banyak, artinya seni fotografi dapat dilekngkapi dengan keunggulan-keunggulan teknologi pengeditannya serta gaya cetaknya. Bukan hanya terletak pada skill si fotografernya saja.

Ya, kesulitan pada bisnis ini memang bukanlah sekedar kesulitan bisnis semata. Karena pelaku bisnis harus dihadapkan pada keinginan konsumen yang beragam. Terlebih soal taste seni fotografi. Semua orang tentu memiliki penilaian berbeda-beda akan kualitas seni fotografi yang dibuat seseorang.

Sehingga, itu akan menjadikan kesulitan tersendiri yang harus diselesaikan para pengusaha bisnis ini. Karena kadar seni tentunya turut menentukan keberhasilan bisnis fotografi Anda. Nah, atas kemampuan fotografi dan bakat yang dimiliki. Pastikan untuk menghabiskan banyak waktu untuk mengembangkan keterampilan fotografi terus menerus.

Dengan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan fotografi, tentunya kepercayaan diri sebagai fotografer secara dramatis akan meningkat. Dengan demikian keinginan konsumen akan ter-cover dengan sendirinya.

Sehingga, kalau cuma mengandalkan yang biasa-biasa saja tentunya, usaha yang dirintis akan terasa kurang gregetnya. Nah, selain bisnis kulier, masih banyak hobi yang tentunya bisa dikonversi menjadi lahan bisnis dengan keuntungan sangat menggiurkan.

Nah untuk itu, para pemilik usaha fotografi harus mampu berkreasi dengan keinginan para konsumennya. Nah, kalau semua itu telah terlaksana maka dapat dipastikan usaha yang berawal dari hobi ini mampu menambah pundi-pundi penghasilan Anda.

Kalau sudah demikian, dimana fotografi telah menjadi komoditas bisnis yang mapan, maka bisnis ini dipercaya tidak akan pernah mati di Indonesia dengan segala keunggulan-keunggulan yang ditawarkan. Hal itu berbanding lurus dengan perkembangan kehidupan dan bisnis di Indonesia yang semuanya memungkinkan foto mengambil bagian dalam setiap kesempatan. (ahmad)

BERITA TERKAIT

Menteri Kelautan dan Perikanan - Ancaman Terhadap Laut Masih Tinggi

Susi Pudjiastuti Menteri Kelautan dan Perikanan Ancaman Terhadap Laut Masih Tinggi Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan…

WTON dan WEGE Raih Kontrak Rp 20,22 Triliun

NERACA Jakarta – Di paruh pertama 2018, dua anak usaha PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) mencatatkan total kontrak yang akan…

Walikota Depok: STNK Nunggak Dua Tahun, Data Dihapus dan Dilarang Operasional

Walikota Depok: STNK Nunggak Dua Tahun, Data Dihapus dan Dilarang Operasional NERACA Depok - Walikota Depok Dr. KH M. Ideis…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Intip Usaha Minuman Alpukat Kocok - Lagi Naik Daun

Di tengah cuaca yang lagi panas-panasnya memang paling cocok kalau minum minuman dingin yang bisa menyejukkan tenggorokan. Di daerah Jalan…

Cara Menyusun Anggaran Usaha Kecil

Memulai sebuah bisnis membutuhkan modal yang tidak sedikit. Setelah modalnya ada, harus ada pengaturan anggaran supaya bisa dipakai dengan baik.…

Mengaduk Peruntungan Bisnis Keju Rumahan

Siapa yang tidak kenal keju? Produk olahan susu ini sudah sangat populer di kalangan anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Citarasanya…