Langkah Awal Berisnis Katering

Adakalanya, seseorang akan menemui kesulitan ketika memutuskan untuk membuka usaha katering. Padahal, semua itu tidak akan terjadi kalau segela sesuatunya telah dipersiapkan dengan matang. Nah, persiapkan segala sesuatunya dengan baik, seperti pemilihan tempat misalnya, ternyata itu cukup memberikan efek positif bagi usaha catering yang akan Anda geluti.

Untuk itu, usahakan tempat yang Anda pilih itu aman dan nyaman untuk memproses pembuatan makanan. Rasanya, katering Anda tak akan dilirik jika diproduksi ditempat yang kurang baik, misalnya jika Anda membuka usaha catering di dekat kandang ayam, atau tempat lainnya yang tidak memenuhi unsur-unsur kesehatan.

Perhatikan pula bagunann yang menjadi area usaha Anda, buatlah ventilasi yang cukup, sehingga sirkulasi udara berlangsung dengan baik. Dengan demikian, itu tentunya akan memberikan keamanan pada para karyawan, maklum usaha Anda sangat berisiko untuk kecelakaan yang disebabkan penggunaan alat dengan bahan bakar gas.

Jangan lupakan soal tempat penyimpanan bahan makanan seperti lemari pendingi dan lain sebaginya. Ya, penyimpanan bahan-bahan makanan dan minuman juga harus diperhatikan, karena keawetan bahan makanan tergantung dari layak atau tidaknya tempat penyimpanannya. Nah, soal ukuran tentu harus menyesuaikan seberapa banyak bahan makanan yang akan disimpan di dalamnya.

Ketika melakukan pengolahan makanan, seharusnya juga menggunakan alat bantu yang baik dan steril. Sehingga, makanan yang dibuat tidak terkontaminasi. Biasanya, ada beberapa perusahaan catering yang sangat menjunjung tinggi hal itu, mereka mewajibkan karyawannya berpakaian khusus yang steril dan bersih. Jika tidak, juga bukanlah suatu masalah, jika Anda mampu menjamin makanan yang diolah tetap higienis saat dikonsumsi.

Penggunaan peralatan produksi harus terjaga kebersihannya baik itu sewaktu tidak dipakai maupun saat dipergunakan. Ini menyangkut resiko kesehatan bagi orang yang mengkonsumsi makanan yang diolah tersebut. Sisa-sisa bahan pembuatan makanan dan minuman yang masih menempel pada peralatan walaupun sedikit akan beresiko mengakibatkan timbulnya bakteri-bakteri dari pembusukan.

Soal SDM juga bukan soal mudah, ada banyak hal yang perlu diperhatikan menentukan karyawan Anda. Keahlian, pengalaman, dan tanggungjawab harus dimiliki oleh orang-orang yang Anda rekrut menjadi SDM catering. Pasalnya, tiga hal tadi faktor yang sangat mempengaruhi sukses tidaknya bisnis katering Anda.

Terakhir, lakukanlah riset sebelum dan selama menjalani bisnis katering. Itu perlu dilakukan untuk menambah wawasan potensi produk yang di inginkan oleh pembeli. Khawatir masalah biaya? Tak perlu, karena riset ini bisa dilakukan dengan sederhana, dengan memanfaatkan undangan ke sebuah pesta.

Nah, disitulah Anda bisa mempelajari sebuah katering yang digunakan pada suatu acara, caranya, dengan berinteraksi dengan beberapa tamu undangan lainnya, untuk mendengar respon mereka setelah menyatap hidangan yang disajikan.

Selain itu, perhatikan pula bagaimana pesaing menyediakan menu serta pelayanannya. Karena itu akan menjadi bahan analisa untuk mengembangkan jasa katering Anda. Dengan demikian akan keluar ide-ide yang membuat Anda lebih kreatif, tentunya ide-ide itu bertujuan untuk menyenangkan dan memuaskan konsumen yang akan memanfaatkan jasa katering anda. Intinya, camkan dalam pikiran bahwa produk yang Anda buat bukan untuk konsumsi diri sendiri. Sehingga, pendapat-pendapat orang lain sangat penting sebagai masukan Anda mengelola bisnis katering.

BERITA TERKAIT

Langkah Making Indonesia 4.0 akan Memiliki Acuan

NERACA Jakarta – Direktur Inovasi Kerja Sama dan Kealumnian (IKK) ITS, Arman Hakim Nasution menyebut, progress roadmap Making Indonesia 4.0…

Apresiasi Langkah Bijak KPU Atasi Keterlambatan Distribusi

    Oleh: Yolanda Putriyanti, Mahasiswa Universitas Tomakama Mamuju   Surat suara pemilu presiden dan calon anggota legislatif 2019 untuk…

Penjualan All New Brio Tembus 12.477 Unit, Andalan Honda Awal 2019

All New Honda Brio mencetak hasil penjualan positif pada dua bulan pertama 2019 dengan total 12.477 unit yang terdiri dari…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Tahun 2019, Pemerintah Targetkan 8 Juta UMKM Aplikasikan Tekhnologi

Pemanfaatan teknologi digital untuk bisnis, khususnya skala usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), sudah menjadi sebuah keharusan. Sebab itu, upaya…

Pesatnya Perkembangan Pasar Modern dan Digitalisasi, Sarinah Tetap Bina UMKM

BUMN ritel PT Sarinah (Persero) menyatakan yakin bisa tetap eksis di tengah pesatnya perkembangan dunia digital. Untuk itu, Sarinah tetap…

Pertemuan IMF –WB Momentun Perkenalkan Produk UMKM Nasional Dikancah International

Pertemuan tahunan IMF – World Bank (WB)  yang berlangsung di Nusa Bali harus bisa menjadi momentum memperkenalkan produk  usaha mikro,…