2013, Penderita Diabetes Indonesia Meningkat

Seperti di seluruh dunia, Indonesia saat ini juga mengalami peningkatan jumlah penyandang diabetes. Pada 2030, Indonesia diperkirakan akan menempati posisi ke-4 jumlah penyandang diabetes terbanyak di seluruh dunia setelah India, China dan Amerika Serikat. Sedangkan riskesdas 2007 mencatat, bahwa 6 dari 100 orang dewasa di Indonesia mengidap diabetes 5,7% yang bervariasi di beberapa kota besar di Indonesia.

Faktor genetik, gaya hidup, tingkat polusi, stres psikososial merupakan penyebab utama terjadinya kelainan ini. "Untuk menghindari ledakan ini, dibutuhkan suatu strategi yang tepat dan kerja sama semua pihak, baik dari pemerintah, profesi dan lembaga terkait," Ucap Ketua Umum JDM, dr. Tri Juli Edi Tarigan.

Selain itu, daiabetes bagi perokok juga sangat besar, ini bisa dilihat dari jumlah konsumsi roko perhari, kebanyakan meroko akan menimbulkan ginjal bocor, ini yang akan menyebabkan cuci darah.Sedangkan program pengendalian diabetes yang dilakukan pemerintah merupakan salah satu elemen penting yang dilakukan, di samping updates rutin yang dilakukan para praktisi kesehatan profesi yang salah satunya adalah Jakarta Diabetes Meeting (JDM).

Berbicara tentang faktor-faktor penyebab diabetes, secara genetik, struktur genetis bangsa Asia adalah struktur yang rentan dengan diabetes melitus tipe 2, termasuk Indonesia. Selain itu, gaya hidup dan struktur sosial yang semakin kompetitif tentu mengakibatkan tingkat stres psikis yang juga semakin tinggi dan juga dapat memicu akselerasi penambahan jumlah penyandang diabetes.

"Indonesia sendiri menghadapi berbagai masalah penyakit seperti pinere, (penyakit infeksi), sedangkan penyakit menular sejauh ini belum sepenuhnya teratasi, dan penyakit tidak menular terus meningkat," kata dia.

Nah, untuk memeranginya, terdapat dua stategi untuk mengendalikan diabetes. Pertama, menciptakan gerakan massal di masyarakat untuk membentuk budaya sehat yaitu merubah budaya pola makan dan olah raga yang rutin.

Lalu, merubah paradigma untuk menjadikan kegiatan makan bukan agenda utama pada setiap kegiatan, merupakan yang membutuhkan waktu lama untuk mengubah.

Permasalahan diabetes di Indonesia utamanya adalah tidak terdiagnosis atau terhambat teriagnosis karena sebanyak 73,5% dari penderita diabetes melitus tidak menyadari dirinya sudah sakit, padahal penyakit ini bisa dicegah apalagi jika dilakukan secara dini.Peningkatan prevalensi diabetes melitus menjadi ancaman serius dalam pembangunan karena mengancam pertumbuhan ekonomi nasional, sehingga pemerintah terus berupaya untuk mengendalikan diabetes di Indonesia, melalui program Posbindu PTM (Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular).

Selain itu untuk mecegah terjadinya diabetes melitus, pemerintah mengajak masyarakat untuk CERDIK, yaitu Cek terhadap kesehatan, Enyahkan asap rokok, Rajin berolah raga, Diet dengan kategori seimbang, istirahat yang cukup serta kelola stres.

Hal itu penting untuk diperhatikan, mengingat Indonesia merupakan wilayah yang sangat luas dengan sumber daya yang terbatas disertai tantangan lokal masing-masing daerah yang berbeda, oleh karena itu diharapkan semua pihak, baik dari profesi, lembaga atau istitusi terkait maupun sektor swasta dapat secara sinergis dalam bentuk jejaring kerja pengendalian penyakit tidak melular.

BERITA TERKAIT

Ancaman Narkoba Semakin Menggurita di Indonesia

  Oleh : SV Farrah, Pemerhati Masalah Kemasyarakatan Madani   Dari pemberitaan berbagai media massa di Indonesia selama periode Agustus…

Produsen Elektronik Tiongkok Incar Pasar Indonesia

      NERACA   Jakarta – 250 Produsen elektronik asal Tiongkok dan Indonesia menggelar pameran di Jakarta International Expo…

Jumlah Publikasi Ilmiah Meningkat

      Jumlah publikasi ilmiah di Indonesia, baik dalam bentuk arikel jurnal maupun prosiding konferensi, yang tercatat dalam jurnal…

BERITA LAINNYA DI KESEHATAN

Lima Menit di Alam Terbuka Dapat Hilangkan Stres

Ketika akhir pekan datang, kebanyakan orang khususnya kaum pekerja ingin menghabiskan satu hari itu untuk bersantai, sebelum kembali ke rutinitas…

Hindari Pakai Jaket Saat Olahraga Lari

Lari kini menjadi salah satu olahraga yang tren di kalangan anak muda. Berbagai event lari pun diadakan dan ramai peminat.…

Diagnosis Tepat Kunci Pengobatan Kanker Darah

Kunci keberhasilan pengobatan kanker darah terletak pada diagnosis yang tepat. Ketepatan diagnosis dapat menentukan pengobatan yang sesuai sekaligus meningkatkan potensi…