Universitas Surabaya Juarai Kompetisi Pasar Modal

Universitas Surabaya (Ubaya) menjuarai IDX Game Competition 2012 yang digelar PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Surabaya. Prestasi juara ini berhasil diraih, setelah dua mahasiswa Universitas Surabaya yakni Edwin Santoso dan Eric Sugito menyisihkan para pesaingnya.

Kepala BEI Surabaya Nur Harjantie mengatakan, "IDX Game Competition 2012" merupakan kompetisi tahunan bidang pasar modal antar perguruan tinggi, “Tahun ini kompetisi diikuti oleh 208 peserta dari 42 Perguruan Tinggi," katanya dalam siaran persnya di Surabaya akhir pekan kemarin.

Menurutnya, kejuaraan ini merupakan bentuk komitmen PT BEI dalam menyebarluaskan informasi pasar modal kepada kalangan mahasiswa guna mencetak investor-investor muda. Tujuan dari kegiatan ini, lanjut dia, adalah memberikan apresiasi kepada kalangan perguruan tinggi karena menyerbarkan informasi seputar pasar modal di kalangan akademisi, “Jumlah investor di Indonesia tidak terlalu banyak, sekarang ini mahasiswa punya potensi besar untuk menjadi investor,"ungkapnya.

Kata Nur, jika dulu kalau ingin investasi maka harus nunggu kaya dulu, namun kalau sekarang siapa saja boleh termasuk mahasiswa karena saat ini harga saham terjangkau dan buka rekening efek juga mudah, khususnya secara "online"."Data investor di Surabaya mencapai 26 ribu orang, tapi investor dari kalangan mahasiswa saya belum tahu pasti," katanya.

Kegiatan ini, lanjut dia, bebas untuk semua mahasiswa dari perguruan tinggi mana pun. "Hanya saja nanti kita seleksi berupa tes tulis, simulasi perdagangan dan pemahaman seputar pasar modal,"ujarnya.

Pada awalnya kegiatan ini hanya diikuti para mahasiswa dari wilayah Surabaya, namun saat ini sudah menyebar hingga ke Yogyakarta, Jawa Tengah. Sementara pemenang kedua diraih peserta dari Universitas Ciputra, ketiga Universitas Kristen Petra, Universitas Ma Chung Malang dan Universitas Muhammadiyah Malang. (ant/bani)

BERITA TERKAIT

Sharp Siap Rajai Pasar Pompa Air - Perkenalkan Empat Tipe Baru

NERACA Jakarta– Sesuai komitmen yang terus dijaga PT Sharp Electronics Indonesia untuk menjadi pangsa pasar nomor satu di tanah air,…

APLN Optimis Borneo Bay City Diserap Pasar - Geliat Infrastruktur di Kaltim

NERACA Jakarta – Selain ekspansi bisnis di luar pulau Jawa, seperti ke Batam, PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) juga…

Jamkrindo Jaring Startup Bidang Pangan Lewat Kompetisi

      NERACA   Jakarta - Sebanyak 10 startup bersaing kuat di acara final penjurian Jamkrindo Startup Challenge (JSC)…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Jaga Stabilitas Harga, ROTI Buyback Saham

NERACA Jakarta – Menjaga stabilitas harga saham di pasar, PT Nippon Indosari Corporindo Tbk (ROTI) berencana melalukan pembelian kembali (buyback)…

Bangun Rumah Sakit Baru - Medikaloka Hermina Kuras Kocek Rp 312,5 Miliar

NERACA Jakarta – Pacu pertumbuhan bisnis dengan penetrasi pasar lebih luas lagi, PT Medikaloka Hermina Tbk berambisi terus menambah rumah…

PBRX Sisakan Rights Issue Rp 348,8 Miliar

NERACA Jakarta - PT Pan Brothers Tbk (PBRX) masih mengantongi dana senilai Rp384,8 miliar dari hasil penawaran umum terbatas (PUT)…