Lampu Taman Tenaga Surya, Kenapa Tidak?

NERACA

Lampu taman bisa menjadi aksesoris yang memperindah halaman rumah. Rumah bisa menjadi lebih ”kinclong” dengan adanya lampu taman yang indah di halaman. Anda juga bisa menghemat dengan mempergunakan lampu taman bertenaga surya. Lampu taman bertenaga surya ini juga mudah dalam pemasangannya, karena tidak memerlukan kabel.

Saat ini perangkat bertenaga surya bukanlah sesuatu yang baru lagi. Dari sistem pemanas yang kompleks sampai alat yang lebih sederhana seperti kalkulator, perangkat bertenaga surya telah dikenal karena efisien, daya tahan yang kuat dan biaya yang rendah.

Dan yang lebih penting, perangkat tenaga surya tidak membutuhkan kabel dan sangat mudah untuk diinstal. Jika Anda belum memiliki perangkat bertenaga surya dan ingin mencobanya, maka lampu taman bertenaga surya dapat menjadi pilihan yang baik bagi Anda.

Kebanyakan lampu taman bertenaga surya terbuat dari stainless steel dan kaca, sehingga perangkat ini menjadi tahan lama dan Anda tidak perlu khawatir akan berkarat.

Lampu taman bertenaga surya memiliki baterai yang akan diisi pada saat hari cerah. Mereka bekerja lebih efektif pada lokasi yang terdapat sinar matahari lebih sehingga Anda harus menginstal mereka pada tempat yang sesuai.

Cobalah untuk menghindari tempat-tempat teduh dan jangan memasang lampu di bawah pohon besar. Meskipun mereka masih akan memberikan terang cahaya pada malam hari, lampu yang dipasang di bawah matahari akan bersinar lebih cerah.

Pastikan keberadaan baterai dalam paket bila Anda membeli lampu taman bertenaga surya. Baterai ini gratis, dan periksalah lampu dan baterai tersebut agar Anda membelinya dalam keadaan yang baik.

Meskipun banyak produsen mengklaim bahwa lampu taman tenaga surya mereka memakai LED putih, sebenarnya LED biru pucat lebih umum dipakai. Itulah alasan utama mengapa lampu ini menjadi tidak begitu terang. Lampu ini hanya menerangi area tertentu, yang mungkin cukup sebagai penerang bila Anda pulang larut malam.

Mengenai harga, semua lampu taman tenaga surya harganya sangat murah. Anda tidak perlu membayar uang tambahan untuk jaringan kabel, sehingga mereka lebih terjangkau daripada lampu taman yang menggunakan listrik rumah. Selain itu, Anda tidak perlu membayar untuk listriknya karena lampu ini menggunakan energi surya untuk mengisi ulang tenaga dan menyala di malam hari.

Lampu taman bertenaga surya cukup sederhana untuk diinstal. Bahkan jika Anda membeli 30 buah atau lebih, tidak akan memakan banyak waktu dan tenaga untuk menginstalnya. (agus/dbs)

BERITA TERKAIT

Mendes PDTT - Kesalahan Administrasi Dana Desa Tidak Didiskriminasi

Eko Putro Sandjojo Mendes PDTT Kesalahan Administrasi Dana Desa Tidak Didiskriminasi Banda Aceh - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan…

Rumah Subsidi Tidak Goyah Diterpa Badai Ekonomi

Rumah Subsidi Tidak Goyah Diterpa Badai Ekonomi NERACA Jakarta - Ketua Umum DPP Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan (Himperra) Endang…

Pangkas Aset KPR Tidak Produktif - BTN Lelang 986 Unit Rumah Senilai Rp 216 Miliar

NERACA Bogor - Sebagai salah satu upaya perseroan untuk memperbaiki kualitas kredit, Bank BTN melaunching produk baru yang dibandrol nama…

BERITA LAINNYA DI HUNIAN

Pilpres 2019, Pasar Properti Nasional Diprediksi Tetap Stabil

Pilpres 2019, Pasar Properti Nasional Diprediksi Tetap Stabil NERACA Jakarta - Pasar properti nasional pada tahun 2019 mendatang diprediksi bakal…

Rusun Berbasis TOD Bantu Warga Komuter Perkotaan

Rusun Berbasis TOD Bantu Warga Komuter Perkotaan NERACA Jakarta - Rumah susun (Rusun) berbasis "Transit Oriented Development" (TOD) atau yang…

Rumah Subsidi Tidak Goyah Diterpa Badai Ekonomi

Rumah Subsidi Tidak Goyah Diterpa Badai Ekonomi NERACA Jakarta - Ketua Umum DPP Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan (Himperra) Endang…