Mengunjungi Kota Favorit Saat Natal - Menjadi Waktu Berkumpul Bersama Keluarga

NERACA

Menyambut akhir tahun, kita akan dihadapkan dengan banyak waktu berlibur. Bagi sebagian orang berlibur merupakan sesuatu yang sangat menyenangkan.

Bukan hanya kita bisa melupakan sejenak tentang rutinitas sehari-hari yang mungkin saja membosankan, namun dengan berlibur, kita dapat menyegarkan otak dan pikiran kita, merehat kembali sambil bersantai bersama teman-teman atau orang-orang disekitar kita yang kita sayangi.

Tidak hanya tahun baru, natal menjadi suatu yang ditunggu-tunggu bagi kaum Nasrani. Natal (dari bahasa Portugis yang berarti "kelahiran") adalah hari raya umat Kristen yang diperingati setiap tahun oleh umat Kristiani pada 25 Desember untuk memperingati hari kelahiran Yesus Kristus. Natal dirayakan dalam kebaktian malam pada tanggal 24 Desember dan kebaktian pagi 25 Desember. Namun beberapa gereja Ortodoks merayakan Natal pada 6 Januari.

Natal merupakan suatu hari yang sangat ditunggu-tunggu, tidak hanya orang dewasa saja, anak-annak adalah salah satu yang sangat menunggu hari Natal ini. Dalam tradisi barat, peringatan Natal juga mengandung aspek non-agamawi.

Beberapa tradisi Natal yang berasal dari Barat antara lain adalah pohon Natal, kartu Natal, bertukar hadiah antara teman dan anggota keluarga serta kisah tentang Santa Klaus atau Sinterklas. Natal memang menjadi suatu yang sangat menyenangkan, selain berdoa ke Gereja, kaum Nasrani biasa menghabiskan waktunya untuk berkumpul-kumpul bersama keluarga dan orang-orang yang kita cintai.

Namun sebagian orang yang lainnya, memilih untuk mendatangi tempet-tempat yang biasa dikunjungi saat hari Natal tiba. Salah satunya adalah Bethlehem, Palestina. Di tempat ini kita bisa merayakan Natal dan Tahun Baru dengan lebih menarik.

Misalnya saja melakukan misa di Gereja St Catherine atau pergi ke Pelataran Palungan di bagian Old City yang penuh dengan pohon Natal dan ziarah ke tempat kelahiran Yesus Kristus. Tentunya ini menambah kegembiraan hari Natal.

Kota yang selanjutnya yang menarik utuk dikunjungi dan menjadi tujuan wisata saat Natal adalah kota Vatikan, Italia. Dengan nama resmi bernama State of the Vatican City, Kita tahu bahwa Vatikan adalah pusatnya gereja Katolik. Beberapa tempat yang bisa kita kunjungi adalah Pelataran St Peter, Piazza Navona, dan Gereja Santa Maria di Aracoeli pada Bukit Capitoline. Di sinilah biasanya para pengunjung memanjatkan doa sambil memandang kemegahan gereja di kota ini.

Tidak banyak yang mengetahui bahwa Jepang adalah salah satu kota yang ikut menjadi tujuan wisata saat natal tiba. Jepang adalah satu satu kota yang menyambut kemeriahan Natal, di kota Tokyo ini hampir semua tempat merias wajahnya dengan kemeriahan dekorasi ala natal.

Gemerlap Natal di Tokyo memang lebih mirip dengan perayaan Valentine. Kesempatan seperti inilah yang dimanfaatkan oleh pasangan muda-mudi untuk menyatakan cinta dan berbagi kasih satu sama lain. Namun di saat Tahun Baru, Kota Tokyo lebih semarak dengan berbagai atribut yang paling menakjubkan.

Kota terakhir yang biasa dikunjungi saat natal adalah kota San Juan, Puerto Rico. Mulai pertengahan Desember hingga 6 Januari kita bisa merayakan Natal sekaligus memperingati keagungan Tiga Raja di San Juan, Puerto Rico.

Kegiatan yang bisa dilakukan di pulau kecil ini adalah mengunjungi gereja-gereja di Puerto Rico yang menampilkan nyanyian Natal di setiap misa. Ada pun keceriaan lainnya yang ditampilkan oleh kelompok pengamen Christmas Caroler yang menyanyikan lagu Natal dari setiap rumah ke rumah. Puncak perayaan adalah pada malam Natal, pada misa tengah malam.

Memang masih banyak tempat dan kota lainnya yang menjadi tujuan wisata saat hari natal tiba. Keceriaan pun selalu menyertai perayaan saat Natal, dari parade film anak, perayaan di pusat-pusat perbelanjaan sampai pesta kembang api sebagai akhir perayaan.

Semuanya tetap bisa kita nikmati, namun yang terpenting adalah waktu berkumpul bersama keluarga dan orang-orang yang kita cintai. Yang terpenting ialah pastikan liburan kita terencana dengan baik.

BERITA TERKAIT

Literasi Keuangan Syariah Penting Bagi Keluarga

  NERACA   Jakarta - Indonesia merupakan pasar potensial bagi pengembangan ekonomi islam, pasalnya memiliki populasi penduduk Muslim terbesar di…

Jokowi Soal Gunakan Alat Komunikasi Saat Debat Capres: Jangan Buat Fitnah (Lagi)

Jokowi Soal Gunakan Alat Komunikasi Saat Debat Capres: Jangan Buat Fitnah (Lagi) NERACA Jakarta - Calon Presiden nomor urut 01…

PBB di Kota Bekasi Naik 40%, Kenapa?

Kami sangat terkejut ketika menerima SPPT Pajak Bumi Bangunan (PBB) 2019 terlihat angka tagihannya meningkat sekitar 40% dari tahun sebelumnya…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Pemprov Banten Sebut Kawasan Anyer Sudah Aman Dikunjungi

Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pariwisata menyatakan bahwa kawasan wisata di Pantai Anyer dan sekitarnya telah aman dikunjungi pasca tsunami…

Ini Tantangan Baru Industri Pariwisata di Indonesia

Salah satu usaha mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada tahun depan, Kementerian Pariwisata akan lebih fokus menggarap segmen pasar…

Likuefaksi di Palu Bakal Dijadikan Tempat Wisata

Salah seorang anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Matindas J Rumambi mengatakan semua lokasi likuefaksi di Kota Palu dan Kabupaten…