Prospek Motor Trail Terus Meningkat pada 2012

Industri sepeda motor sebagai industri manufaktur tidak terlepas dari dampak resesi ekonomi global. Industri sepeda motor masih mengalami pertumbuhan cukup pesat. Ini bisa dilihat banyak pabrikan yang berlomba-lomba meluncurkan motor jenis Trail.

NERACA

Pendorongnya adalah permintaan yang meningkat seiring daya beli masyarakat yang terdongkrak yang membuat motor Trail banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Sepeda motor jenis Trail mulanya digunakan buat kompetisi keseimbangan berkendara dengan mengambil tempat di alam bebas. Tetapi, seiring perkembangan zaman, beberapa pengendara mencoba trik-trik mereka di daerah perkotaan.

Sepeda motor ini bentuknya mungkin tidak umum bagi kebanyakan orang lantaran tidak dilengkapi jok. Hal itu tentu merujuk pada fungsinya karena sepeda motor ini hanya dikhususkan buat kompetisi dan dilarang dipakai sebagai alat transportasi sehari-hari.

Keunggulannya adalah bobotnya sangat ringan. Tidak heran saat para pengendara beratraksi di atas sepeda motor, mereka memperlakukannya mirip saat mengendarai sepeda BMX.

Biasanya mesin sepeda motor Trail terdapat dua tipe, yakni dua dan empat langkah. Tentu masing-masing memiliki karakter berbeda. Persamaannya adalah sama-sama mengandalkan torsi besar. Itu diperlukan buat mengail akselerasi secara spontan lantaran ditujukan buat menaklukkan rintangan terjal dan berat. Berikut jenis motor Trail yang dikeluarkan oleh pabrikan motor.

Yamaha WR250X

Kawasaki D-Tracker X 250, jawabnya pasti akan mengarah pada supermoto milik Yamaha yang satu ini. Namanya WR250X, di Jepang disebut dengan "the premium street sport".

Motor ini lahir bersama versi trailnya WR250R. Sama seperti D-Tracker X 250 yang platformnya sama dengan KLX 250S. Motor ini menggunakan mesin 1 silinder dengan kapasitas mesin 249cc. Memiliki karakter over bore (77mm x 53,6mm), membuatnya cepat menggapai putaran mesin tinggi.

Mengandalkan teknologi forget piston membuat durability-nya diklaim baik. Sedang injeksi bahan bakarnya memiliki 12 lubang dengan dua arah semprotan, membuat pembakaran makin sempurna. Yamaha mengklaim mesin yang punya 6 gigi ini powernya mencapai 31 PS di 10.000 rpm dan torsinya 24 NM pada 8.000 rpm.

Sedang kaki-kakinya dibuat khusus jalanan aspal. Suspensi upside down di depan, diameternya 46 mm dan swing arm berbahan alumunium menjadi perangkat standar motor yang sudah dibekali dengan ban 17 inci dengan lebar 110 di depan dan 140 di belakang ini.

Kawasaki KLX 450R

Di Indonesia, kita hanya mengenal Kawasaki KLX 250S. Tapi sejatinya Kawasaki masih punya varian trail yang secara performa jauh lebih tinggi, yaitu Kawasaki KLX 450R.

Secara bentuk kedua motor ini memang mirip dan dilengkapi perangkat lalu lintas. Tapi kelengkapan KLX 450R tak sebanyak KLX 250S. Hanya ada head lamp, sedang KLX 250S dilengkapi lampu sein, spion dan spatbor belakang serta bracker plat nomor.

Wajar saja ada lampu utama, karena keluarga trail "KLX" memang diperuntukan untuk motocross ringan seperti adventure off road. Bukan benar-benar untuk kompetisi seperti keluarga trail berkode "KX".

Tapi urusan dapur pacunya jangan ragu. Mesin KLX 450R tentunya lebih gahar dari versi 250 cc-nya. Sama-sama 4 tak, DOHC dengan 4 klep, berpendingin air. Tapi powernya lebih besar, gimana tidak? dengan diameter piston 96 mm dan stroke 62,1 mm, kapasitas mesinnya bengkak hingga 449 cc.

Transmisi 5 percepatannya dipercaya mampu membantu menyalurkan torsinya yang besar. Uniknya, motor ini masih dilengkapi dengan electric starter, tidak seperti special engine untuk kompetisi yang hanya menyediakan kick starter.

Sedang rangkanya diklaim mengadopsi teknologi keluarga trail "KX". Rangka alumunium ini didesain memiliki central gravity dan intertia point untuk memberikan traksi yang lebih baik. Handling yang mudah dan memberikan stabilitas pada kecepatan tinggi.

Sedang suspensinya full adjustable, di depan ada Kayaba AOS 48mm dengan 22 pilihan kompresi dan 20 pilihan rebound. Sedang suspensi belakangnya pakai Uni-Trak khas Kawasaki dan dilengkapi dengan 22 pilihan settingan rebound.

Suzuki L RM-Z450 dan RM-Z250

Pabrikan motor Jepang, Suzuki merilis jajaran produk motocross versi 2012-nya di Amerika Serikat. Diantara empat produk yang dikenalkan, terselip nama RM-Z450 dan RM-Z250 yang terkenal keandalannya di ajang balap motocross dunia.

Perbedaan mendasar dengan versi sebelumnya hanya pada grafis bodinya. Versi terbaru ini menambahkan elemen warna merah di bagian jok dan side tank-nya. Selain itu, kaki-kaki juga tampil kokoh dengan aplikasi penutup fork warna hitam, sedangkan sebelumnya memakai warna putih.

Sedang fitur dan spek mesin yang ditawarkan Suzuki pada RM-Z450 dan RM-Z250 versi 2012 hampir tak ada beda dengan versi 2011. Suspensi depan masih pakai Showa fully-adjustable dan twin-spar aluminum chassis.

Suzuki RM-Z450 sendiri dibekali mesin 4-tak liquid coole single silinder berkapasitas 449cc. Mesin ini menghasilkan daya hingga 46,4 dk yang mampu membawa motor berbobot 113 kg ini jadi sangat kompetitif.

Sedang RM-Z250 juga memiliki fitur yang sama seperti RM-Z450. Perbedaannya hanya pada mesin yang tersemat, yakni tipe 4-tak liquid cooled berkapasitas 249 cc yang bertenaga 33 dk.

BERITA TERKAIT

Presiden: PDB Koperasi Meningkat Jadi 4,48%

Presiden: PDB Koperasi Meningkat Jadi 4,48% NERACA Tangerang - Presiden Joko Widodo mengaku sangat senang perkembangan koperasi Indonesia sudah mulai…

BPPSDMP Kementan Terus Ikhtiar Cetak Wirausaha Pertanian

NERACA Jakarta – Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) mengambil langkah strategis dengan penyediaan sumber daya…

Lingkungan Punya Andil Besar Pada Skor IQ Seseorang

Skor tes kecerdasan intelektual atau intelligence quotient (IQ) mengalami penurunan dalam beberapa dekade terakhir akibat faktor lingkungan. Sebuah riset terbaru…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Suzuki Belum Berencana Rilis Skutik untuk Kelas Premium

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) divisi kendaraan roda dua menyatakan belum berencana mengeluarkan skuter otomatik (skutik) untuk mengisi segmen premium…

Produsen Otomotif Sambut Regulasi

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyambut positif regulasi mengenai penarikan kendaraan untuk reparasi (recall) yang telah diatur berdasarkan Peraturan…

Hyundai Kembangkan Chipset Mobil Terkoneksi

Hyundai Motor berinvestasi di sebuah perusahaan Israel untuk mengembangkan teknologi chipset mobil terkoneksi, kata perusahaan Korea Selatan itu dilansir Yonhap,…