Memanfaatkan Momen Idul Adha Untuk Berbagi

NERACA

Perusahaan-perusahaan berlomba-lomba memberikan daging kurban sebagai sebuah bentuk empati kepada mereka yang tidak mampu, untuk dapat merasakan manfaatnya kurban.

Dalam rangka menyemarakkan gema Idul Adha 1433H, 26 Oktober lalu, perusahaan-perusahaan berlomba-lomba memberikan daging kurban sebagai sebuah bentuk empati kepada mereka yang tidak mampu, untuk dapat merasakan manfaatnya kurban. Melalui kegiatan ini, banyak kaum dhuafa yang terbantu, dan perayaan Idul  Kurban dihiasi kegembiraan dan kebahagiaan.

PT. Heinz ABC Indonesia misalnya, tak kurang dari 1.300 paket dibagikan ABC Dapur Peduli untuk hidangan qurban di 45 titik kantung dhuafa di Jakarta, Bandung, Semarang dan Yogyakarta.

Program ini merupakan bagian dari serangkaian program amal tahunan ABC Dapur Peduli yang dipelopori Heinz ABC Indonesia dan merupakan program yang sangat unik dan tepat guna bagi kaum dhuafa karena tidak hanya membagikan daging qurban namun juga bumbu masaknya. 
 
“Berdasarkan hasil pengamatan kami di lapangan, setelah menerima daging kurban dari para donatur sebenarnya dhuafa masih menghadapi masalah bagaimana memasak daging tersebut karena bumbu masak yang harganya semakin mahal. Banyak yang akhirnya patungan agar biaya bumbu masak dapat ditanggung bersama. Hal ini yang melatarbelakangi  ABC Dapur Peduli untuk pertama kalinya membuat paket daging qurban dengan bumbu masak yang dibagikan agar semakin meringankan beban dhuafa,” ungkap Senior Brand Manager, PT. Heinz ABC Indonesia Ari K Wibowo.

Dengan mempertimbangkan harga-harga bumbu masak di pasar yang biasanya melambung mendekati hari raya, diperkirakan dhuafa memerlukan paling sedikit dana tambahan Rp 5.000 – Rp 10.000 untuk mengolah sekitar 1 – 1,5kg daging menjadi masakan yang layak. Bagi masyarakat kelas menengah ke atas, dana sebesar itu mungkin tidak signifikan, namun berbeda halnya dengan dhuafa yang memiliki penghasilan rata-rata $2 per hari (Rp 20.000 per hari). 

Bumbu-bumbu yang disiapkan oleh ABC Dapur Peduli merupakan bumbu masak yang disesuaikan dengan tiga resep praktis yang disusun pakar kuliner Indonesia, Yeni Ismayani. Ketiga resep tersebut adalah semur, sate dan tong seng.

Berkomentar tentang paket untuk hidangan qurban ini, Chef Yeni Ismayani sangat senang dapat berkontribusi dalam kegiatan ABC Dapur Peduli Idul Adha 1433H kali ini. “Selain lebih praktis, paket tersebut benar-benar meringankan beban dhuafa yang harus membagi pengeluaran mereka setiap harinya. Dengan bantuan ini, saya percaya bahwa saudara-saudara kita akan merasa sangat terbantu,” katanya. 

Komunitas ABC Dapur Peduli selama dua minggu sebelum perayaan Idul Adha bersaing menominasikan daerah-daerah yang ingin mereka sumbang agar mendapatkan paket untuk hidangan qurban ini. Tim lapangan kemudian memilah-milah lokasinya dan melakukan cek lapangan sebelum akhirnya menetapkan 45 lokasi pembagian.

Beberapa perusahaan lain yang turut memanfaatkan momen Idul kurban sebagai bentuk program sosial perusahaan adalah PT. Bumi Laksamana Jaya (BLJ), Telkomsel, PT. Semen Padang, dan PT Bank BNI Syariah.

BERITA TERKAIT

Peduli Lingkungan - SML Resmikan SVM, Penukar Sampah Botol Plastik

Wujudkan komitmen bisnis berkelanjutan dan ramah lingkungan, Sinar Mas Land (SML) melalui Living Lab Ventures (LLV) menggandeng Plasticpay, sebuah startup…

Semarak Halal bil Halal - FIFGroup Berbagi Kebahaagiaan Bersama 35 Panti Asuhan

Setelah perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, penting untuk tetap menghidupkan semangat kebaikan dan saling berbagi kepada sesama. Dalam…

Gen-Z dan Milenial Pilar Penentu Pengelolaan Hutan Lestari

Generasi muda yang masuk dalam kelompok umur Gen-Z dan Milenial dinilai memiliki kreativitas dan penuh dengan gagasan inovatif serta mampu…

BERITA LAINNYA DI CSR

Peduli Lingkungan - SML Resmikan SVM, Penukar Sampah Botol Plastik

Wujudkan komitmen bisnis berkelanjutan dan ramah lingkungan, Sinar Mas Land (SML) melalui Living Lab Ventures (LLV) menggandeng Plasticpay, sebuah startup…

Semarak Halal bil Halal - FIFGroup Berbagi Kebahaagiaan Bersama 35 Panti Asuhan

Setelah perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, penting untuk tetap menghidupkan semangat kebaikan dan saling berbagi kepada sesama. Dalam…

Gen-Z dan Milenial Pilar Penentu Pengelolaan Hutan Lestari

Generasi muda yang masuk dalam kelompok umur Gen-Z dan Milenial dinilai memiliki kreativitas dan penuh dengan gagasan inovatif serta mampu…