Peran Statistik dalam Kehidupan Manusia

NERACA

Disadari atau tidak, statistika telah mempengaruhi hampir seluruh aspek dalam kehidupan manusia.

Pada era globalisasi, hampir semua bidang ilmu tidak terlepas dari menggunakan angka, data dan fakta. Hal ini menunjukkan bahwa pelajaran statistika sangat dibutuhkan. Dewasa ini, ilmu statistika telah mempengaruhi hampir seluruh aspek kehidupan manusia.

Metode statistika serta hasil analisis dan interpretasi data, baik secara kuantitatif maupun kualitatif, digunakan oleh para pakar pendidikan atau para eksekutif dalam menentukan kebijakan publik dan keputusan-keputusan yang diambil dalam ruang lingkup ilmu mereka.

Statistika berfungsi sebagai sarana mengembangkan cara berpikir secara logis. Statistika dapat digunakan sebagai alat komunikasi, yaitu sebagai penghubung beberapa pihak yang menghasilkan data statistik atau berupa analisis statistik sehingga beberapa pihak itu dapat mengambil keputusan melalui informasi tersebut.

Dengan teknik forecasting yang ada di dalamnya, ilmu statistik dapat maramalkan pengaruh data yang satu dengan data yang lainnya yang pada akhirnya dapat diambil sebuah keputusan yang tepat untuk mengantisipasi gejala-gejala yang akan datang.

Statistik juga dapat dijadikan sebagai tools untuk korelasi, yaitu mencari kuatnya atau besarnya hubungan data dalam suatu penelitian, dan Komparasi, yaitu membandingkan data dua kelompok atau lebih.

Selain itu, statistika juga dapat digunakan sebagai alat untuk mendeskripsikan dan mengilustrasikan data, misalnya mengukur hasil produksi, laporan hasil liputan berita, indeks harga konsumen, laporan keuangan, tingkat inflasi, jumlah penduduk, hasil pendapatan dan pengeluaran negara, dan lain sebagainya.

Lebih dari itu statistika mengembangkan berpikir secara ilmiah untuk merencanakan (forcasting) penyelidikan, menyimpulkan dan membuat keputusan yang teliti dan meyakinkan.

Disadari atau tidak, statistik merupakan bagian esensial dari latihan profesional dan menjadi landasan dari kegiatan-kegiatan penelitian.Jadi statistika sebenarnya sangat penting bagi kita, dapat berguna dalam menentukan keputusan meskipun kadang kala penggunaannya tidak kita sadari.

BERITA TERKAIT

Hut KPR Ke-42 - BTN Ajak Milenial Mengambil Peran

NERACA Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk  merayakan hari ulang tahun (HUT) KPR ke 42 yang jatuh pada…

Dukung Rumah Terjangkau MBR - BTN Siap Ambil Peran Pembiayaan Rumah

NERACA Bali - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk siap menjadi integrator dalam menggerakkan sektor riil melalui pembiayaan perumahan di…

DHE Wajib Simpan di Dalam Negeri, Investor Lari?

Oleh: Pril Huseno Dalam waktu dekat pemerintah akan mengeluarkan beleid Peraturan Pemerintah (PP) tentang kewajiban bagi para pengusaha (atau eksportir)…

BERITA LAINNYA DI PENDIDIKAN

Film "Prasangka" Juarai Lomba Film Pendek Koperasi

Tiga film pendek terbaik berhasil memenangkan Lomba Film Pendek Koperasi yang diselenggarakan Kementerian Koperasi dan UKM Oktober 2018.  Ketiga film…

Pegawai Kemenkop dan UKM Lakukan Aksi Galang Dana Untuk Korban Bencana

Pegawai Kementerian Koperasi dan UKM melakukan aksi penggalangan dana bagi korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.…

Presiden Setujui Pendirian Universitas Persis

      Presiden Joko Widodo menyetujui pendirian Universitas Persis sebagai bagian dari upaya pembangunan sumber daya manusia (SDM) agar…