Peran Statistik dalam Kehidupan Manusia

NERACA

Disadari atau tidak, statistika telah mempengaruhi hampir seluruh aspek dalam kehidupan manusia.

Pada era globalisasi, hampir semua bidang ilmu tidak terlepas dari menggunakan angka, data dan fakta. Hal ini menunjukkan bahwa pelajaran statistika sangat dibutuhkan. Dewasa ini, ilmu statistika telah mempengaruhi hampir seluruh aspek kehidupan manusia.

Metode statistika serta hasil analisis dan interpretasi data, baik secara kuantitatif maupun kualitatif, digunakan oleh para pakar pendidikan atau para eksekutif dalam menentukan kebijakan publik dan keputusan-keputusan yang diambil dalam ruang lingkup ilmu mereka.

Statistika berfungsi sebagai sarana mengembangkan cara berpikir secara logis. Statistika dapat digunakan sebagai alat komunikasi, yaitu sebagai penghubung beberapa pihak yang menghasilkan data statistik atau berupa analisis statistik sehingga beberapa pihak itu dapat mengambil keputusan melalui informasi tersebut.

Dengan teknik forecasting yang ada di dalamnya, ilmu statistik dapat maramalkan pengaruh data yang satu dengan data yang lainnya yang pada akhirnya dapat diambil sebuah keputusan yang tepat untuk mengantisipasi gejala-gejala yang akan datang.

Statistik juga dapat dijadikan sebagai tools untuk korelasi, yaitu mencari kuatnya atau besarnya hubungan data dalam suatu penelitian, dan Komparasi, yaitu membandingkan data dua kelompok atau lebih.

Selain itu, statistika juga dapat digunakan sebagai alat untuk mendeskripsikan dan mengilustrasikan data, misalnya mengukur hasil produksi, laporan hasil liputan berita, indeks harga konsumen, laporan keuangan, tingkat inflasi, jumlah penduduk, hasil pendapatan dan pengeluaran negara, dan lain sebagainya.

Lebih dari itu statistika mengembangkan berpikir secara ilmiah untuk merencanakan (forcasting) penyelidikan, menyimpulkan dan membuat keputusan yang teliti dan meyakinkan.

Disadari atau tidak, statistik merupakan bagian esensial dari latihan profesional dan menjadi landasan dari kegiatan-kegiatan penelitian.Jadi statistika sebenarnya sangat penting bagi kita, dapat berguna dalam menentukan keputusan meskipun kadang kala penggunaannya tidak kita sadari.

BERITA TERKAIT

Gubernur Sumsel: Peran UMKM Strategis Mengurangi Kemiskinan

Gubernur Sumsel: Peran UMKM Strategis Mengurangi Kemiskinan NERACA Palembang - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru mengatakan, peran usaha mikro…

Sektor Kehidupan, Sasaran Baru Para Pengembang dan Investor

Sektor Kehidupan, Sasaran Baru Para Pengembang dan Investor   JLL mengungkapkan alasan mengapa dalam setiap tahap kehidupan yang berbeda-beda merefleksikan…

Tekan Angka Kemiskinan - Pemkab Muba Optimalkan Peran Forum CSR

Dalam rangka mengoptimalkan peran tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) yang telah digagas perusahaan swasta lebih luas…

BERITA LAINNYA DI PENDIDIKAN

Peran Ibu Tak Akan Tergantikan dengan Teknologi

    Peranan ibu dalam mendidik anak tidak dapat digantikan oleh kemajuan teknologi seperti pada era digital saat ini, kata…

Pendidikan untuk Si Kecil di Era Teknologi

      Pada era millenial seperti saat ini, teknologi digital menjadi realitas zaman yang tidak dapat dihindari. Seiring perkembangan…

Mengapa Anak Usia 7 Tahun Ideal Masuk SD

    Selain kemampuan intelektual, kesiapan mental anak juga harus dipertimbangkan dalam aktivitas kegiatan belajar di jenjang pendidikan Sekolah Dasar…