UGM Menyabet Predikat Juara Umum - Statistika Ria Ke-8

NERACA

Dalam ajang Statistika Ria (SR) ke-8, UGM membawa pulang piala bergilir Andi Hakim Nasution ke Yogyakarta setelah satu tahun terakhir ini berada di IPB.

Belum lama ini, Himpunan Profesi Statistik IPB atau yang lebih dikenal dengan Himpro Gamma Sigma Beta mengadakan pertemuan mahasiswa statistika se-Indonesia dalam ajang Statistika Ria (SR).

Dalam ajang Statistika Ria (SR) ke-8 ini, Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menyabet predikat juara umum dan berhak atas piala bergilir Andi Hakim Nasution yang sebelumnya dipegang oleh IPB. UGM berhasil menumbangkan 16 perguruan tinggi lain yang juga mengikuti kompetisi ini

UGM mengirimkan empat peserta, yaitu Camelia Falisa, Endah Putrihadia, Febtio Adi Wibawanto dan Hamid Dimyati untuk KEN, serta lima peserta masing-masing Ignatius Ezra Putranda, Adha Rozak, Atika Puspitasari W, Wahyu Kartika dan Rika Fitriani untuk KSN.

Dari lima kontingen yang dikirim untuk Kompetisi Statistik Nasional (KSN), hanya tiga dari UGM yang berhasil lolos ke babak semifinal yaitu Ignatius Ezra, Rika Fitriani, dan Adha Rozak. Namun pada babak final, kontingen UGM yang akhirnya meraih juara I untuk KSN diwakili oleh Ignatius Ezra.

Sementara dalam Kompetisi Esai Nasional (KEN) yang bertemakan 'Statistika untuk Kebijakan Publik dalam Bidang Ekonomi Berbasis Pengetahuan', Endah Putrihadia hanya memperoleh juara III. Namun keberhasilan ini tetap mampu membawa UGM menggondol piala bergilir dalam ajang Statistika Ria ke-8 ini.

Statistika Ria yang merupakan acara tahunan ini telah berlangsung selama tujuh kali dan tahun ini merupakan acara yang kedelapan kalinya. Acara ini merupakan tempat berkumpulnya hampir seluruh mahasiswa statistik di seluruh Indonesia dalam kompetisi statistik nasional, di mana para peserta yang hadir berlomba untuk memperoleh piala bergilir, Andi Hakim Nasution.

“Melalui program Statistika Ria, kami mencoba untuk memberikan wawasan baru mengenai kekuatan statistik dan implementasinya dalam sektor publik dan ekonomi. Ini merupakan program kedelapan kalinya yang diadakan berturut-turut oleh Himpunan Profesi Gamma Sigma Beta IPB dalam lima rangkaian kegiatan,” ungkap Ketua Panitia Statistika Ria ke-8, Alan Duta Dynasty.

Tahun ini acara dikemas lebih menarik tanpa mengurangi konteks statistik sebagai sajian utama. Acara terdiri atas seminar nasional statistik dengan dua sesi, talk shoe tentang green economy, reviewing tentang novel terlaris “ibuk” oleh Iwan Setiawandan talkshow statistik dengan tema “Memahami statistik di luar negeri”.

Selain itu, terdapat tiga jenis kompetisi yang diadakan, yaitu Kompetisi Statistik Nasional (KSN) bagi mahasiswa statistik dan matematika di seluruh Indonesia, Kompetisi Esai Nasional (KEN) bagi mahasiswa dan umum di seluruh Indonesia, Kompetisi Statistika Dasar (KED) bagi mahasiswa Non-statistik IPB yang memperoleh mata kuliah metode statistik.

BERITA TERKAIT

AXA Gandeng UGM untuk Pengembangan Profesi Aktuaris

    NERACA   Jakarta - Guna mengembangkan profesi aktuaris di industri asuransi jiwa dan umum di Indonesia, AXA Mandiri…

Pemkot Bandung Optimistis Raih Predikat Terbaik SP4N

Pemkot Bandung Optimistis Raih Predikat Terbaik SP4N NERACA Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung optimistis meraih predikat terbaik dalam Sistem…

Pembalap Filipina Dominasi Juara Balap Sepeda Internasional Kuningan

Pembalap Filipina Dominasi Juara Balap Sepeda Internasional Kuningan NERACA Kuningan – Dari berbagai kategori kejuaraan balap sepeda, Indonesia berhasil meraih…

BERITA LAINNYA DI PENDIDIKAN

Film "Prasangka" Juarai Lomba Film Pendek Koperasi

Tiga film pendek terbaik berhasil memenangkan Lomba Film Pendek Koperasi yang diselenggarakan Kementerian Koperasi dan UKM Oktober 2018.  Ketiga film…

Pegawai Kemenkop dan UKM Lakukan Aksi Galang Dana Untuk Korban Bencana

Pegawai Kementerian Koperasi dan UKM melakukan aksi penggalangan dana bagi korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.…

Presiden Setujui Pendirian Universitas Persis

      Presiden Joko Widodo menyetujui pendirian Universitas Persis sebagai bagian dari upaya pembangunan sumber daya manusia (SDM) agar…