Rumah Makan Padang - Peluang Usaha Masih Terbuka Lebar

NERACA

Rumah makan Padang  sudah banyak berdiri di sudut kota, tapi masih adakah peluang usaha untuk membuka rumah makan Padang itu? Membuka usaha rumah makan Padang, boleh dibilang tidak ada matinya.

Karena itu kalau jawabannya adalah Ya, maka anda perlu mempertimbangkan berbagai hal untuk memulai usaha itu.

Kalau anda berminat untuk membuka usaha rumah makan Padang, maka terlebih dahulu anda perlu mengadakan survei lokasi yang baik untuk membuka usaha itu. Karena lokasi yang baik merupakan awal sukses usaha anda.

 Bagi anda yang masih pemula dalam bisnis ini dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

 Langkah 1: Tentukan lokasi
Memilih lokasi yang tepat adalah sebuah kunci keberhasilan usaha rumah makan Padang. Selezat apapun masakan Anda, jika lokasi tempat yang dipilih kurang strategis, usaha bisa tutup. Pilih lokasi yang ramai, mudah dijangkau, dilihat, dan dikenali orang. Kebersihan dan keamanan lokasi juga perlu dipertimbangkan.

Langkah 2: Susun rencana bisnis
Rencana bisnis adalah sebuah perencanaan yang biasanya meliputi banyak aspek penting. Beberapa di antaranya ialah modal, harga bahan makanan, upah pegawai, perizinan, dan lain-lain.

Langkah 3: Hitung modal awal yang dibutuhkan
Ambil selembar kertas dan kalkulasi modal awal yang diperlukan untuk mendapatkan lokasi dan bangunan yang akan dijadikan rumah makan Padang. Biaya ini bisa berupa biaya sewa atau renovasi tempat. Jangan lupa untuk menyertakan investasi peralatan memasak ke dalam perhitungan, dan biaya operasional kebutuhan masak memasak selama sekitar enam bulan. Sebab dalam tahap perkenalan, bisa saja rumah makan Padang itu masih sepi. Mungkin setelah memasuki bulan kedua atau ketiga, baru cukup banyak datang pembeli.

Langkah 4: Tetapkan harga
Jangan lupa untuk melakukan penelitian kecil untuk mengetahui harga normal berbagai menu di rumah makan Padang lainnya terutama yang lokasinya berdekatan dengan milik Anda. Bila memang terpaksa harus mematok harga lebih mahal, pastikan makanan Anda menawarkan nilai tambah. Nilai tambah itu bisa berupa porsi yang lebih besar, atau variasi menu yang lebih banyak, dan sebagainya.

Langkah 5: Rekrut pegawai
Setidaknya diperlukan seorang juru masak, seorang pegawai dapur, seorang pramusaji, dan satu pegawai kasir untuk memulai usaha ini. Jika memang dana masih terbatas, tak ada salahnya jika Anda terjun sendiri mengelolanya atau mengajak teman, anggota keluarga untuk bersama mengelola rumah makan. Selain Anda tak perlu melakukan proses perekrutan yang lama dan rumit, Anda juga bisa menyediakan lapangan kerja untuk orang-orang terdekat Anda.

Langkah 6: Laksanakan pemasaran dan promosi
Sebelum membuka rumah makan secara resmi, sebarkanlah selebaran ke masyarakat sekitar lokasi. Cantumkan kapan rumah makan Anda akan buka, di mana alamatnya, berapa diskon yang diberikan jika mereka bersedia menjadi pelanggan di hari pertama pembukaan, dan sebagainya.

Langkah 7: Susun strategi kuasai pasar
Buatlah desain dan konsep yang berbeda dari pesaing. Perhatikan kecepatan layanan dan keramahan yang diperlukan agar bisa terus mempertahankan kesetiaan pelanggan. Diperlukan prosedur standar dalam memasak agar cita rasa makanan tidak berubah-ubah.

Langkah 8: Laksanakan pesan antar

Dalam kondisi sekarang di mana masyarakat ingin yang serba praktis dan instan, layanan pesan antar menjadi salah satu kunci keberhasilan untuk meningkatkan penjualan. Apabila sejak awal anda buka layanan pesan antar, bukan tidak mungkin omzet penjualan dari layanan pesan antar melampaui omzet penjualan secara tradisional di gerai anda.

  (agus/dbs)

BERITA TERKAIT

Data Analitik Strategi Bisnis Skala Kecil Pacu Penjualan

Berdasarkan studi Georgia Small Business Development Center (SBDC) mengungkapkan bisnis yang memanfaatkan analisis data, rata-rata mengalami peningkatan penjualan sebesar 15%…

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…

BERITA LAINNYA DI Keuangan

Data Analitik Strategi Bisnis Skala Kecil Pacu Penjualan

Berdasarkan studi Georgia Small Business Development Center (SBDC) mengungkapkan bisnis yang memanfaatkan analisis data, rata-rata mengalami peningkatan penjualan sebesar 15%…

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…