Sosialisasi Gerakan Siswa Menabung

NERACA

Guna mengimplementasikan arahan dari Bank Indonesia (BI) untuk mensosialisasikan “Gerakan Siswa Menabung” yang merupakan bagian dari “Gerakan Indonesia Menabung” yang dicanangkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sejak Februari 2010, beberapa bank di Indonesia mengadakan program guna menumbuhkan minat menabung sejak dini.

Tabungan BRI Junior

Sebagai salah satu bank BUMN terbesar, Bank Rakyat Indonesia (BRI) menyediakan Tabungan BRI. Tabungan anak yang mulai dipromosikan BRI sejak Mei 2009 itu peminatnya terus meningkat. Ini terbukti dari jumlah transaksi tabungan yang meningkat tiap tahunnya. Triwulan pertama itu transaksinya Rp1,3 triliun, dengan penabung 500 ribu nasabah. Tahun ini ditargetkan Rp2 triliun dengan nasabah satu juta orang.

iB Tunas Hasanah

Guna menumbuhkan generasi menabung sejak dini, BNI Syariah (BNIS) mempersembahkan produk unggulan terbaru bagi anak-anak, yakni iB Tunas Hasanah. Tabungan ini dikhususkan untuk anak berusia di bawah 17 tahun. Tak sulit untuk membuka tabungan ini karena hanya perlu melakukan setoran awal sebesar Rp 100.000 disertai fotokopi KTP orang tua dan fotokopi kartu pelajar atau akta kelahiran anak.

Anak bisa juga diajarkan untuk bijak dengan uang melalui tabungan ini. Anak akan memiliki kartu ATM dengan namanya sendiri disertai buku tabungan. Mengingat pemegang kartu ini adalah anak-anak atau pelajar penggunaannya dibatasi maksimum Rp 500.000 per hari. Dengan demikian, tabungan ini diharapkan mampu membuat anak-anak bisa mengelola keuangan dengan baik.

TabunganKu dan Tabungan Prega

Khusus untuk kalangan pelajar, Bank Artha Graha Internasional menyediakan produk bernama TabunganKu dan Tabungan Prega. Untuk produk TabunganKu dengan setoran awal hanya Rp20.000, para pelajar tidak perlu khawatir jika saldo tabungan akan terpotong karena tidak ada biaya administrasi bulanan.

Sedangkan pada produk Prega dengan persyaratan yang mudah, para pelajar dapat memperoleh beragam manfaat berupa buku tabungan dan kartu ATM atas nama sendiri, bebas biaya administrasi bulanan, setoran yang terjangkau (setoran awal minimal Rp20.000, dan setoran selanjutnya minimal Rp10.000) serta memperoleh suku bunga yang menarik sehingga uang yang disimpan dapat terus bertambah.

Ekoyunior

Di Bank Ekonomi ada Tabungan Ekoyunior. Untuk memberi daya tarik lebih bagi Tabungan Ekoyunior, Bank Ekonomi rupanya memilih mengandalkan jurus pemberian hadiah. Hadiah itu terdiri dari hadiah langsung dengan beberapa pilihan pada saat pembukaan rekening. Lalu, ada pula bentuk hadiah lain yang diberikan Bank Ekonomi pada saat sang nasabah anak berulang tahun.

BTN Junior dan BTN Juara

Bahkan di Bank Tabungan Negara yang identik dengan kredit perumahan juga menyasar segmen anak-anak. BTN memiliki dua produk sekaligus untuk kalangan penabung muda belia. Dua produk tersebut adalah Tabungan BTN Junior dan Tabungan BTN Juara.

Tabungan BTN Junior untuk anak-anak sampai umur 12 tahun, kalau Tabungan BTN Juara untuk usia di atas 12 tahun sampai 23 tahun. Syarat setoran awal, saldo minimal, serta setoran lanjutan cukup ringan. Mengenai setoran awal dan saldo minimal, Tabungan BTN Junior mensyaratkan Rp 20 ribu, sedangkan Tabungan BTN Juara hanya mewajibkan besaran Rp 50 ribu. Soal setoran selanjutnya, Tabungan BTN Juara membolehkan angka minimal Rp 20 ribu, sedangkan Tabungan BTN Junior Rp 10 ribu.

Related posts