Sofa

Berikan Rasa Hangat dan Ciptakan Suasana Akrab

Sabtu, 27/10/2012

NERACA

Sofa. membayangkannya saja sudah menggugah kita untuk segera bersantai di atasnya. Desainnya yang lembut, memberi kesan nyaman dan membuat kesan homey dari jenis dudukan lain semisal kursi dengan desain tertentu yang lebih menekankan pada tampilan rangka.

Sesuai konsep desainnya dalam sebuah tatanan interior, furnitur ini berfungsi sebagai pemanis, pendukung suasana hangat dalam ruangan dan sebagai tempat paling tepat untuk mengistirahatkan tubuh.

Furniture satu ini memang didesain untuk kenyamanan bersantai. Di setiap ruang duduk keberadaan sofa seperti kewajiban, entah itu di ruang keluarga, cafe, kantor bahkan di restoran untuk pengunjung duduk-duduk bersantai menikmati makanan.

Ketika harus menunggu dalam waktu lama, duduk di sofa merupakan pilihan yang tepat ketimbang harus berdiri atau duduk di lantai. Kelembutan yang dimilikinya dapat membuat seseorang untuk duduk berlama-lama di atasnya.

Tak berhenti di situ, sofa juga dapat memberikan rasa hangat dan menciptakan suasana akrab ketika bercengkrama dengan keluarga, teman maupun kolega bisnis. Oleh karena itu, sofa banyak dipakai di beberapa tempat seperti ruang tamu, di beberapa fasilitas kantor, dan juga fasilitas publik. Tentunya sofa yang dihadirkan dalam bentuk desain yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan kesan yang ingin ditampilkan dalam ruangan tersebut.

Di samping fungsi paling dasar sofa sebagai tempat duduk dengan kenyamanan lebih, seperti sandaran empuk dan bantalan yang nyaman dan hangat, sofa juga mempunyai fungsi lain yakni sebagai penambah interior ruangan atau menambah elemen estetis.

Sofa adalah furnitur yang sekaligus menjadi jiwa dalam sebuah tatanan interior. Dalam hal ini, sofa dapat digunakan sebagai pembatas ruang, pembatas imajiner. Dengan pembatas imajiner dari perabot atau furnitur yang ada di ruangan tersebut, tata ruang teras lebih lapang dan dapat memberikan kesan luas dan dinamis, sementara pembatas ruang masif seperti dinding atau dari bambu dirasakan kurang fleksibel di ruangan yang sempit dan cepat berubah mengikuti tren interior.

Memiliki sofa berkualitas baik adalah suatu keharusan. Jadi sebelum memutuskan membelinya ada beberapa hal yang perlu diketahui sebagai bahan pertimbangan dalam memutuskan untuk membeli sofa.

Untuk menghadirkan suasana hangat dalam sebuah ruang keluarga dengan lahan terbatas sebaiknya jangan memilih sofa dengan ukuran terlalu besar. Cukup sofa two-seaters yang dipadukan dengan single armchair dan coffee table.

Suasana kasual tanpa menanggalkan sentuhan seni dapat diciptakan dengan menghadirkan sofa berdesain American Classic. Bila menginginkan suasana formal, pilih sofa bergaya klasik dengan bahan kulit model Cheappendale yang sekaligus berkesan elegan. Sebaliknya bila menginginkan ruang keluarga sebagai ruang relaksasi, maka jatuhkan pilihan pada recliner sofa yang memiliki sandaran kaki dan dibalut bahan kulit yang nyaman.