8 Strategi Pertamina untuk Jamin Distribusi BBM

NERACA

PT Pertamina (Persero) mempunyai delapan strategi nasional untuk menjamin kelancaran distribusi bahan bakar minyak dan gas (LPG) menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1433 H yang lalu. Saat menjelang Ramadhan dan Idul Fitri boleh dibilang menjadi tolok ukur keberhasilan BUMN itu dalam menjaga kelancaran distribusi BBM.

"Pertamina menjaga ketahanan stok dan mempersiapkan pengelolaan distribusi BBM dan LPG untuk antisipasi peningkatan permintaan selama (bulan) puasa hingga lebaran," kata Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina, Hanung Budya, dalam peluncuran stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Pertamax Racing di Jakarta.

Delapan strategi perusahaan plat merah di sektor energi itu adalah mempertahankan ketahanan stok BBM dan LPG, memerintahkan seluruh stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di sepanjang jalur Pantai Utara dan Selatan Jawa, jalur Pelabuhan Merak hingga Lampung untuk beroperasi penuh 24 jam mulai H-15 hingga H+15 Idul Fitri.

Lalu memerintahkan 45 SPBU di seluruh jalur mudik untuk mengganti tangki pendam bahan bakar solar yang kosong ke bahan bakar premium atau pertamax, mempersiapkan 63 SPBU sebagai kantong BBM untuk menjamin pasokan bagi SPBU yang kritis stok BBM.

Strategi berikutnya yaitu penambahan armada tangki BBM berkapasitas 16 kiloliter sampai 32 kiloliter di wilayah Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara sebesar 6,5 persen dari armada yang tersedia, memerintahkan 117 SPBU di sepanjang jalur mudik menyediakan layanan transit khusus bagi pengendara motor.

Dipadu dengan menyiapkan pola pasokan reguler (RAE) jika terjadi kendala distribusi BBM atau LPG di lokasi tertentu, dan koordinasi dengan asosiasi pengusaha minyak yang bermitra dengan Pertamina, pemerintah daerah, Kepolisian RI, untuk menjamin keamanan dan kelancaran distribusi BBM.

Pertamina juga memerintahkan 4.874 SPBU untuk menyediakan layanan pendukung di antaranya mushola, toilet, ATM, kebersihan, dan penyediaan bahan bakar kemasan (Pertamina Dex).

(agus/dbs)

Related posts