free hit counter

Masalah Logistik Hambat Pengusaha Tingkatkan Ekspor

Pengiriman Barang Tak Efisien

Kamis, 18/10/2012

NERACA

Jakarta - Permasalahan transportasi atau logistik masih menjadi penghambat pengusaha untuk meningkatkan kinerja ekspor, karena transit pengiriman membuat pengiriman barang menjadi tidak efisien baik dari segi waktu maupun biaya.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi menyatakan kapasitas pelabuhan maupun bandara di Tanah Air saat ini belum mampu mengakomodasi kapal kargo dengan ukuran besar. Hal ini membuat pengusaha harus menggunakan pihak ketiga untuk melakukan pengiriman ini. "Kita tidak punya kapal yang cukup sehingga menggunakan pihak ketiga," ujarnya di Jakarta International Expo, Rabu (17/10).

Selain masalah transportasi, aspek promosi yang minim memberikan dampak terhadap produk-produk Indonesia, sehingga kurang dikenal oleh negara-negara dunia. Jika memang Pemerintah ingin menggenjot ekspor maka aspek promosi harus terus ditingkatkan.

"Kekurangan kita adalah promosi, selama ini kita serahkan urusan promosi itu kepada pelaku usaha masing-masing, tentunya terbatas," kata Sofjan. Produk Indonesia memiliki keunggulan dari murahnya harga yang ditawarkan. Hal ini tentu menjadi nilai tambah dalam merebut pasar negara-negara berkembang dunia. Saking kompetitifnya, saat ini produsen yang berorientasi ekspor tengah memperbesar kapasitas produksinya.Next