Tips Membersihkan Helm

NERACA

Helm yang diperuntukan untuk pelindung kepala, ternyata perlu dimandikan dan dibersihkan, agar kebersihan Helm tetep terjaga. Jangan sampai pelindung kepala berjamur.

Berikut tips membersihkan helm yang benar.

-Visor/kaca helm dicuci hanya dgn menggunakan air dan sabun cair (sabun cuci tangan atau cuci piring juga boleh). Gosok menggunakan telapak tangan ,tidak perlu pakai lap atau sikat. Jangan menggunakan cairan kimia (alkohol).

-Keringkan dengan kain lap yang lembut dan kering. Jangan Pakai tissue.

-Busa bagian dalam yang dapat dilepas, juga dapat dicuci menggunakan sabun cair atau shampoo (mild soap/shampoo). Hindari menggunakan deterjen, karena dapat merusak lapisan perekat/lem. Dan Juga bisa menimbulkan bau kurang sedap kalau tidak dibilas dengan bersih.

-Jangan direndam terlalu lama 5-10 menit sudah cukup lah Kalo mau pake mesin cuci juga boleh, tapi mendingan pake kantong khusus mencuci.

-Hindari sinar matahari langsung ketika mengeringkan. Cara lainnya bisa pakai hembusan hawa panas dari belakang AC di rumah.

-Lapisan EPS/styrofoam bagian dalam cukup dibersihkan dengan lap dan sedikit air. Hindari menggunakan bahan kimia (alkohol).

-Membersihkan batok/shell helm juga sama seperti membersihkan visor. Gunakan cotton bud atau sikat gigi kecil untuk membersihkan ventilasi helm.

-Bersihkan bagian ratchet/engsel/mekanisme kaca helm menggunakan minyak silikon (silicone oil/spray). Silicone oil juga berguna sebagai pelumas mekanisme yang bergerak.

Related posts