Plafon Kayu Minimalis

Sabtu, 20/10/2012

NERACA

Memilih desain plafon memang tidak begitu mudah, kita harus memadupadankan dengan konsep rumah kita. Kayumerupakan material dasar untuk rangka atap dan plafon yang biasanya disembunyikan di belakang penutup plafon. Namun sekarang, jika diolah dengan baik, kayu justru dijadikan aksen plafon yang cantik.

Menggunakan beberapa jenis material plafon menjadi alternatif yang cukup menarik untuk diterapkan dalam rumah kita. Seperti plafon material berunsur kayu sedangkan pada drop ceilingnya menggunakan gypsum. Paduan dua material ini saja sudah memberikan nilai artistik tersendiri sehingga tidak perlu menambahkan ornamen lainnya.

Kita bisa tetap menutup rangka kayu atap, namun mengekspos kuda-kuda kayunya yang telah difinishing. Bila memilih bentuk ini, kita akan tetap memerlukan sebuah penutup plafon yang sesuai dengan kayu yang diekspos tersebut.

Penutup ini diletakkan di antara rangka yang diekspos dan genteng. Biasanya bahan penutup ini cukup dipaku ke rangka atap dan kemudian difinishingdengan rapi. Yang harus diperhatikan untuk penggunaan plafon kayu ini adalah kayu harus dipastikan sudah bebas rayap agar tidak mudah keropos dan pilihlah kayu yang sudah di oven dengan baik.

Warna kayu dipercaya membuat segar dan memberikan kesan yang nyaman. Kayu adalah pilihan warna yang tepat bagi pemilik rumah yang menginginkanplafon rumah minimalis dengan konsep natural. Saat ini, banyak konsumen yang terpikat dengan plafon kayu sebagai material bangunan mereka.

Dengan desain kuat, plafon ini tidak akan mudah jebol dan rusak seiring dengan berjalannya waktu. Selain mudah untuk dipasang,plafon rumah minimalisini juga memberi kesan rapid dan unsur alam yang memikat.

Beberap hal yang perlu diperhatikan, meskipunplafon rumah minimalismempergunakan konsep yang simple, pengerjaannya pun dituntut ekstra hati-hati agar bisa tampil rapi saat dipasang di bawah atap rumah.

Plafon kayu yang menarik mampu meningkatkan kualitas rumah menjadi lebih baik. Saat memilih bahan material untukplafon rumah minimaliskita, ada beberapa hal yang semestinya perlu diperhatikan agar dapat memperoleh plafon berkualitas dan awet.

Mudah dirawat dan dibersihkan. Pastikan jenis plafon yang kta pilih tidak membutuhkan kerumitan dalam perawatan. Sesuai dengan konsep minimalis, plafon haruslah simple namun menarik. Dan ini bisa dibuktikan dengan kemudahan dalam perawatan plafond tersebut. Bebas dari debu.

Sesuai dengan fungsi dasar plafon yaitu untuk melindungi rumah dari debu dan kotoran yang berasal dari atap rumah, sebaiknya bahan plafon yang dibergunakan mampu mencegah kotoran tersebut jatuh kedalam ruangan.

Bebas bocor.plafon rumah minimalisyang kita pilih haruslah bisa tahan air. Dengan musim hujan dan kemarau yang silih berganti, ketahanan atap rumah pun mulai menurun. Dengan adanya plafon, rembesan air yang berasal dari atap rumah yang bocor bisa tertahan. Memilih plafon yang tepat untuk rumah dan konsep rumah kita memang tidak begitu mudah, namun jika kita teliti, rumah idaman dengan plafon yang menarik juga bukan lagi impian.