Tolak Dipecat, Rothschild Pilih Mengundurkan Diri

Tidak Memiliki Itikad Baik

Rabu, 17/10/2012

NERACA

Jakarta – Keputusan Chairman Bumi Plc, Samin Tan yang menyatakan siap menyetujui proposal Grup Bakrie soal pertukaran dan pembelian kembali (buyback) saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dan PT Berau Coal Energy Tbk (BRAU) senilai US$1,2 miliar (Rp 11,4 triliun) memberikan dampak tidak bagus bagi Nathaniel Rothschild. Pasalnya, pemegang saham minioritas ini lebih memilih mengundurkan diri dari pada dipecat, “Ini adalah tawaran yang baik untuk semua pihak. Saya pikir Grup Bakrie sudah sangat adil dalam penawaran mengingat keadaan saat ini,” kata Samin Tan dikutip The Wall Street Journal, kemarin.

Sebagaimana diketahui, Samin tan bersama seluruh petinggi Bumi Plc berencana memecat Nathaniel Rothschild dari jabatan Direksi Bumi Plc lantaran berperilaku tidak layak dalam manajemen perusahaan. Namun Rothschild memutuskan mengundurkan diri.

Sebelumnya, pada rapat Minggu malam, sejumlah direksi Bumi Plc yaitu Samin Tan, Lord Robin Renwick dan Sir Julian Horn-Smith meminta kepada seluruh manajemen Bumi Plc agar memecat Rothschild, karena Rothschild diduga menjadi aktor dibalik aksi penyadapan terhadap petinggi Bumi Plc.

Alhasil, menolak dipecat, Rothschild akhirnya memutuskan resign. Pada rapat yang berlangsung Minggu Malam, 14 Oktober 2012, para petinggi Bumi Plc kembali mengadakan pertemuan untuk membahas kelangsungan perusahaan, khususnya menanggapi proposal cerai grup Bakrie.

Keputusam Samin Tan dan sejumlah direksi independen Bumi Plc memutuskan menerima proposal grup Bakrie, menurut sumber membuat Nat tampak sangat kecewa dengan keputusan Samin Tan dan beberapa direksi independen Bumi Plc yang menyetujui proposal grup Bakrie tersebut. “Terjadi adu mulut antara Samin Tan dengan Nat Rothschild. Perdebatan berujung pada permintaan sejumlah direksi independen Bumi Plc agar Nat Rothschild dipecat. Samin Tan bahkan sempat mengajukan resign ketimbang mempertahankan posisinya di Bumi Plc bersama Rothschild. Keputusan akhirnya adalah, Nat Rothschild mengundurkan diri dari Bumi Plc,” jelas sumber tersebut.

Ketika dikonfirmasi melalui email, Sir Julian Horn-Smith membenarkan adanya permintaan resign dari Samin Tan jika manajemen Bumi Plc memutuskan mempertahankan Nat Rothschild dalam susunan direksi Bumi Plc.”Benar bahwa saya telah menerima surat pengunduran diri Samin Tan dari Bumi Plc. Dalam surat tersebut, Samin Tan menyampaikan kekecewaannya pada Nat Rothschild yang terus berupaya memperburuk keadaan. Samin Tan memberikan pilihan bagi kami (direksi independen Bumi Plc), untuk memilih Samin Tan atau Rothschild yang harus mengundurkan diri. Berdasarkan situasi terakhir, Nat Rothschild akhirnya memutuskan mundur dari Bumi Plc,” jelas Sir Julian dalam keterangannya.

Dukungan Samin Tan

Hal senada diungkapkan oleh Lord Robin melalui email, yang mengatakan bahwa dirinya masih memberikan dukungan yang sama dengan Samin Tan. Dalam email tersebut, Lord Robin mengatakan akan ikut mengajukan pengunduran diri jika Nat Rothschild tetap berada dalam jajaran direksi Bumi Plc.“Seperti saya paparkan pada meeting di Singapura bahwa saya sepenuhnya mendukung keputusan Samin Tan untuk mengundurkan diri. Saya sendiri tidak akan bertahan dalam jajaran direksi independen Bumi Plc jika Nat Rothschild masih menjabat sebagai direksi Bumi Plc,” ujar Lord Robin.

Sementara Samin Tan ketika dikonfirmasi enggan berkomentar lebih lanjut. Dia hanya mengatakan bahwa dirinya bersama direksi-direksi Bumi Plc yang lain sangat kecewa dengan sikap Nat Rothschild yang terus menerus menghembuskan informasi tidak benar kepada publik. ”Saya tidak mau komentar lebih jauh soal ini. Bagi saya jelas, Rothschild telah menjadikan iklim di Bumi Plc menjadi sangat tidak sehat, khususnya karena adanya isu-isu tidak sehat yang dihembuskannya. Itulah kenapa saya ambil sikap tegas soal ini,” tegas Samin Tan.

Sebagaimana diketahui, Samin Tan melalui PT Borneo Lumbung Energi & Metal Tbk (BORN) memiliki 23,8% saham Bumi Plc. Porsi yang sama (23,8%) juga dimiliki Grup Bakrie melalui PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) dan Long Haul Holdings Ltd.

Dengan demikian, Grup Bakrie dan Samin Tan adalah pemegang saham terbesar Bumi Plc, induk usaha BUMI dan Berau Coal, dengan total kepemilikan saham sebesar 47,6%. (bani)