Mengenal Suku Terpencil Korowai

Sabtu, 20/10/2012

NERACA

Indonesia adalah negeri yang memiliki beraneka suku dan budaya. Hal ini menambah kekayaan bangsa Indonesia, keanekaragaman dan kebudayaan Indonesia tetap ada dan dijaga hingga kini. Suku Korowaiadalahsukuyang baru ditemukan keberadaannya sekitar 30 tahun yang laludi pedalamanPapua,Indonesiadan berpopulasi sekitar 3.000 orang.

Suku terasing ini hidup di rumah yang dibangun di atas pohon yang disebutRumah Tinggi. Beberapa rumah mereka bahkan bisa mencapai ketinggian sampai 50 meter dari permukaan tanah.

Suku Korowai adalah salah satu suku di daratan Papua yang tidak menggunakankoteka. Sampai tahun1970, mereka tidak mengetahui keberadaan setiap orang selain kelompok mereka. Seperti kenyataannya bahwa mereka hidup dengan cara suku mereka sendiri yang cukup aneh, mereka membangun rumah mereka di pohon-pohon yang sangat tinggi supaya tidak diganggu oleh binatang. Suku Korowai merupakan salah satu suku paling aneh di dunia. Mereka tinggal di Papua dan budaya mereka masih tetap terisolasi dari peradaban modern.

Dalam kehidupannya, suku Korowai sangat jarang ditemukan literatur mengenai mereka dalam bahasa Indonesia. Justru banyak peneliti asing yang mengunjungi mereka dan mempelajari kehidupan suku mereka yang unik. Rumah pohon yang dibangun dengan kayu yang diambil dari hutan sekitar tempat tinggal yang ingin mereka bangun dengan menggunakan kapak yang terbuat dari batu. Selain itu rumah ini memiliki fungsi yakni sebagai benteng tempat berlindung ketika terjadi konflik antar suku.

Pesta adat yang lebih baik dinikmati oleh Korowai dan Kombai adalah makan dari Sagu, makanan lain yang lezat adalah tempayak dari kumbang Capricorn, yang merupakan hasil panenan dari pohon sagu. Dan ini yang biasanya membuat wisatawan merasa beruntung bisa mengikuti pesta adat di wilayah suku Korowai. Tentunya tradisi inilah yang menjadi daya tarik wisatawan asing untuk berkunjung.