Menengok Surga Laut Wakatobi

NERACA

Keindahan alam Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Keindahannya telah menjadi salah satu tujuan wisata dunia. banyak yang tidak menyadari ini, bahkan kita bangsa Indonesia sendiri terkadang ragu akan keindahan alam kita sendiri, padahal banyak orang di luar yang telah menyadari dan bahkan mengakui indahnya alam Indonesia.

Wakatobi salah satunya, tempat indah ini memang sudah sangat mendunia. Keindahannya tidak perlu diragukan lagi, keanekaragaman dan keindahan bawah lautnya pun sangat memukau dunia.

Kabupaten Wakatobiadalah salah satukabupatendiProvinsi Sulawesi Tenggara,Indonesia.Ibu kotakabupaten ini terletak diWangi-Wangi, dibentuk berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2003, 18 Desember2003, luas wilayahnya adalah 823 km².

Wakatobijuga merupakan nama kawasan taman nasional yang ditetapkan pada 1996, dengan luas keseluruhan 1,39 jutahektare, menyangkut keanekaragaman hayatilaut, skala dan kondisi karang yang menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia.

Kabupaten Wakatobi terdiri dari empat pulau utama,yaitu Wangiwangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko. Jadi, Wakatobi adalah singkatan nama dari keempat pulau utama tersebut. Sebelum 18 Desember 2003, kepulauan ini disebut Kepulauan Tukang Besi dan masih merupakan bagian dari Kabupaten Buton. Secara astronomis, Kabupaten Wakatobi berada di selatan garis khatulistiwa dan seperti daerah lain di Indonesia, Wakatobi memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Taman Nasional Wakatobi yang ditetapkan pada tahun 1996, dengan total area 1,39 juta hektar, menyangkut keanekaragaman hayati laut dan karang yang menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia.

Keindahan dan kekayaan kawasan Taman Nasional Wakatobi sebenarnya sudah terkenal di mancanegara, terutama setelah Ekspedisi Wallacea dari Inggris pada tahun 1995 yang menyebutkan bahwa kawasan di Sulawesi Tenggara ini sangat kaya akan spesies koral. Di sana, terdapat 750 dari total 850 spesies koral yang ada di dunia.

Pariwisata bahari adalah aktivitas wisata yang sudah lama dikenal dan merupakan pariwisata andalan di Taman Nasional Kepulauan Wakatobi. Kekayaan biota laut ini tidak lain karena hamparan terumbu karang yang sangat luas di sepanjang perairan dengan topografi bawah laut yang berwarna-warni. Kekayaan jenis ikan yang dimiliki taman nasional ini sebanyak 93 jenis ikan.

Taman Nasional Wakatobi juga menjadi tempat beberapa jenis burung laut seperti Angsa-Batu Coklat, Cerek Melayu dan Raja Udang Erasia. Beberapa jenis penyu juga menjadikan taman ini sebagai rumah mereka seperti penyu sisik, penyu tempayan, dan penyu lekang. Wakatobi memang menjadi salah satu tempat yang menyuguhkan keindahan, dan semoga ini menjadi referensi untuk liburan kita.

BERITA TERKAIT

Menteri Kelautan dan Perikanan - Ancaman Terhadap Laut Masih Tinggi

Susi Pudjiastuti Menteri Kelautan dan Perikanan Ancaman Terhadap Laut Masih Tinggi Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan…

Paropo, Surga Kecil di Danau Toba

Suara alarm dari telepon genggam menunjukkan pukul 3 pagi. Saya pun bergegas untuk berangkat menuju Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta,…

Menengok Kesiapan Arus Mudik Lebaran 2018

  Oleh : Indah Rahmawati Salam, Mahasiswi IAIN Kendari Arus mudik Lebaran Idul Fitri sudah mulai terasa. Para perantau yang…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Kemenpar Luncurkan Diskon dan Lomba Jelang Asian Games 2018

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meluncurkan Voting Atlet Favorit dan Lomba Video Pesona Asian Games 2018 di lobby utama Gedung…

Menjelajahi Alam Papua Barat

Provinsi Papua Barat menjadi daerah yang memiliki hutan tropis terluas di Indonesia, bahkan diperkirakan menjadi yang terluas di dunia. Belum…

Kota Bunga Tomohon Gelar Festival Seru di Bulan Agustus

Tomohon International Flower Festival (TIFF) kembali digelar di kota Tomohon, Sulawesi Utara, mulai 8-12 Agustus 2018. TIFF 2018 mengangkat tema…