FedEx Buka Hub Regional Pasifik Selatan - Geliat Industri Transportasi Ekspres

NERACA

Jakarta – FedEx Express (FedEx), anak perusahaan dari FedEx Corp dan merupakan salah satu perusahaan transportasi ekspres terkemuka di dunia, secara resmi membuka hub regional Pasifik Selatan di Singapura dengan tujuan memberikan dukungan yang lebih baik kepada pelanggan dan meningkatkan akses ke pasar global. Hub regional ini diresmikan oleh Menteri Perhubungan Singapura, Lui Tuck Yew.

Hub regional Pasifik Selatan yang bernilai S$97 juta ini merupakan fasilitas transportasi ekspres pertama dan satu-satunya di Singapura serta fasilitas terkonsolidasi FedEx terbesar di Asia Pasifik yang memayungi operasi udara, darat, dan clearance dalam satu atap. Hub ini juga merupakan satu-satunya hub di Singapura yang memiliki fasilitas clearance pengiriman kargo di tempat oleh petugas Imigrasi dan Otoritas Pos Pemeriksaan serta Bea Cukai Singapura, yang menjadikan clearance bea cukai menjadi lebih nyaman dan cepat bagi pelanggan FedEx.

“Pembukaan hub regional Pasifik Selatan ini mengonsolidasikan kekuatan operasional FedEx di wilayah tersebut dan didesain untuk menyediakan bagi pelanggan kami peluang akses menuju perdagangan regional maupun global yang lebih besar dan dapat diandalkan. Dengan fasilitas baru ini, kami menyediakan konektivitas yang lebih luas dengan jalur-jalur perdagangan penting seperti Amerika Serikat dan Uni Eropa untuk pelanggan kami,” kata David L. Cunningham, Presiden FedEx, Asia Pasifik, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu.

Pada 2015, Asia Tenggara diharapkan menjadi satu zona ekonomi. Sepuluh negara yang tergabung dalam ASEAN1 memiliki 9% populasi dunia – dengan 600 juta jiwa, yang merupakan dua kali lipat penduduk Amerika Serikat – dan memiliki gabungan Produk Domestik Bruto lebih dari US$1,8 miliar.

Menurut Komisi Eropa, ASEAN secara keseluruhan merupakan mitra perdagangan Uni Eropa terbesar ketiga di luar Eropa (setelah Amerika Serikat dan China) dengan nilai perdagangan barang dan jasa lebih dari €206 miliar pada 20113. Uni Eropa juga merupakan mitra perdagangan terbesar kedua ASEAN setelah China dengan perhitungan sekitar 11% dari perdagangan ASEAN.

Hub Kargo Udara ini (Air Cargo Express / ACE) berlokasi di Bandara Changi Singapura, dengan fasilitas terintegrasi seluas 282.700 kaki persegi (kurang lebih 26.263 meter persegi) dan merupakan titik konsolidasi regional untuk pengiriman keluar-masuk Australia, Selandia Baru, dan negara-negara Asia Tenggara seperti Laos dan Kamboja. Hub Regional Pasifik Selatan FedEx ini memperkuat komitmen perusahaan untuk Asia Pasifik yang sudah memiliki hub FedEx Asia Pasifik di Guangzhou, China. Hub tersebut merupakan pusat dari jaringan AsiaOne FedEx, dan Hub Regional Pasifik Utara FedEx di Osaka, Jepang.

FedEx memiliki penerbangan khusus terbanyak di antara perusahaan ekspres internasional lainnya, mengoperasikan penerbangannya sendiri keluar-masuk Singapura menuju destinasi di negara-negara Asia dan Amerika Serikat. Hub Regional Pasifik Selatan FedEx menguatkan infrastruktur udara FedEx termasuk pengadaan dua pesawat baru yang diparkir di teluk yang kini melayani 34 penerbangan FedEx keluar-masuk Singapura setiap minggunya. Kedekatan lokasi pesawat FedEx dengan operasional tersebut bertujuan agar mempercepat proses pengiriman kontainer ke lini sortir di bandara hingga kurang dari empat menit setelah bongkar muat dari pesawat. Hal ini berarti FedEx memiliki kendali penuh (end-to-end) mulai dari kedatangan pesawat hingga paket terkirim kepada pelanggan kami.

Hub Regional Pasifik Selatan FedEx memiliki sistem sortir 12-output kecepatan tinggi yang otomatis yang mampu menyortir hingga 12.000 paket per jam. Sistem sortir ini memiliki sistem pemindai yang canggih yang mampu membaca label paket pada kelima permukaan yang tampak serta menggunakan “shoe sorter” untuk mengarahkan paket ke arah yang tepat. Hub ini dapat mengakomodasi lebih dari 280 kendaraan pengirim.

FedEx Express adalah perusahaan transportasi ekspres terbesar di dunia, menyediakan layanan pengiriman yang cepat dan andal untuk setiap wilayah di Amerika Serikat dan ke lebih dari 220 negara dan wilayah. FedEx Express menggunakan jaringan global udara dan darat untuk mempercepat pengiriman yang sensitif terhadap waktu, biasanya dalam satu hingga dua hari kerja dan jaminan uang kembali.

Related posts