Tips Membuat Taman Gantung

NERACA

Untuk membuat taman gantung memang tidak begitu sulit, kita hanya harus memastikan konsepnya saja. Seperti mendesain taman-taman yang lainnya, kita juga harus memiliki banyak referensi agar kita tidak kebingungan saat menentukan desainnya.

Bila kurang mengerti, kita juga bisa meminta bantuan teman atau orang yang sudah lebih mengerti dalam membuat taman gantung. Taman gantung banyak dilirik karena mudahnya perawatan dan penempatannya yang tidak memerlukan lahan banyak.

Pertama-tama kita harus menentukan dulu desain taman kita. Sesuaikan juga dengan ruang yang tersedia di rumah. Untuk sementara bayangkan dulu taman gantung kita, apakah sudah pantas atau kurang menarik.

Tentukan juga tinggi gantungan yang kita inginkan, dan berapa banyak pot yang akan kita gantung. kita bisa mendesainnya agar terlihat sejajar,zig-zag, diagonal, atau lainnya. Selain itu pastikan model pot atau model tali-temalinya, pastikan sudah sesuai keinginan kita.

Banyak pilihan memang dalam menciptakan taman gantung, dan modelnya pun berbeda-beda. Setelah kita memasang palang, tentukan di mana letak pot-pot itu akan ditempelkan di palang tersebut, mau kita tempelkan ditembok atau dibawah atap genting kah.

Setelah itu, kita bisa menempelkan gantungan pot dengan menggunakan paku atau obeng. Kita hanya perlu memastikan tempat atau tembok yang kita tempelkan cukup kuat untuk menopang beban pot-pot bunga atau tumbuhan ini.

Mendekorasi menjadi salah satu hal terpenting juga dalam membuat taman gantung. Agar taman kita terlihat indah, kita dapat menambahkan warna pada pot atau palang kita. Pot yang berwarna-warni akan membuat taman gantung kita menarik. kita bisa menggunakan warna yang sama atau berbeda pada setiap pot. Jangan lupa, hanya gunakan pot yang memiliki lubang di bagian bawah untuk drainase.

Pastikan dulu bahwa posisi yang kita tentukan sudah tepat dan seuai dengan keinginan kita. Walaupun tanaman gantung mudah dipindahkan, namun bila kita salah meletakannya, keindahan rumah pun akan terganggu.

Sebelum mengisi pot-pot kita dengan tanah, cobalah untuk menggantungkannya dulu pada palang. Letakkan pot-pot itu sesuai imajinasi taman yang kita inginkan. Jika menurut kita masih kurang bagus, kita bisa memperbaikinya dulu sebelum benar-benar menanam tanaman.

Sekarang saatnya menanam tanaman kita. Taman gantung sangat cocok bagi tanaman yang berbunga atau tanaman yang bisa dimakan. Tanaman dengan bunga berwarna-warni akan membuat taman kita semakin enak dilihat.

Pastikan menaruh tanah yang baik untuk tanaman kita. Jika sudah, maka sekarang waktunya menggantung tanaman kita. Pastikan palang cukup kuat untuk menyangga tanaman kita, dan pastikan pot bisa bergerak tanpa khawatir jatuh atau bertabrakan dengan yang pot yang lain.

Related posts