Menciptakan Taman Gantung untuk Lahan Terbatas

Tetap Punya Nilai Artistik

Sabtu, 13/10/2012

Taman gantung adalah jenis taman yang sudah lama ada, tren ini kembali lagi menjadi hangat saat konsep minimalis dan rumah ramah lingkungan mulai diadopsi oleh orang-orang.

NERACA

Taman jenis ini diminati karena menjadi solusi untuk hunian dengan lahan terbatas atau hunian yang memiliki lahan cukup sempit. Taman ini memang memiliki kefleksibelan dalam pengaturannya, jadi kita bebas menata juga memindahkannya. Taman ini juga bukan hanya diterapkan untuk hunian semata, tetapi bisa diterapkan di gedung-gedung perkantoran atau tempat publik lainnya.

Memang banyak yang tidak menyadari bahwa bumi kita semakin rusak dari hari ke hari, panas bumi yang terus bertambah bahkan membuat daerah disalah satu belahan dunia kekeringan. Hal ini salah satunya karena kurangnya lahan terbuka hijau.

Lahan yang semakin sempit, mahal, dan berharga tidak harus digunakan seluruhnya untuk bangunan. Sebaiknya selalu ada lahan hijau sebagai penunjang keberlanjutan potensi lahan. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan rumah ramah lingkungan yang akan memberikan kesegaran dan kebersihan udara di sekitarnya.

Banyak manfaat yang diberikan dari taman gantung ini, selain hemat lahan, taman gantung ini juga disukai karena tidak dibutuhkan perawatan ekstra. Semuanya dirancang secara fleksibel, jadi kita mudah dalam merawatnya juga. Jika taman gantung kita ingin terus terlihat tetap menarik, awet dan tahan lama, maka pastikan beberapa hal berikut ini terpenuhi. Kuncinya adalah ketersediaan sumber air, dan pemilihan jenis tanaman yang tepat. Bila hal tersebut dipenuhi, maka taman vertikal kita akan terlihat subur, hijau, serta tahan lama.

Ruang terbuka hijau memang jelas sangat kita butuhkan, perbedaannya memang sangat terasa sekali, rumah yang memiliki ruang terbuka dan taman yang hijau dengan tumbuhan beraneka ragam akan menciptakan suasana sejuk.

Ketersediaan halaman depan dan halaman belakang yang tertata asri melalui kehadiran aneka tanaman di dalamnya, secara ekologis jelas sangat menguntungkan. Rumah dapat bernapas lega karena mendapatkan kelancaran aliran udara segar dan cahaya alami yang melimpah. Kedekatan dengan alam diyakini memberikan terapi kesehatan fisik dan mental bagi seluruh penghuni rumah.

Taman gantung merupakan taman yang tak kalah menarik dengan taman jenis lainnya. Dengan media pot gantung, biasanya taman ini dipasang di bawah atap teras maupun pada gantungan yang khusus dipasang di dinding.

Taman gantung merupakan salah satu alternatif untuk menyediakan taman di lahan yang terbatas. Taman jenis ini memiliki ciri menggunakan pot yang digantung. Selain meminimalkan asupan sinar matahari secara langsung, taman gantung pun menambah estetika sebuah hunian.

Dalam menciptakan sebuah taman tentunya kita harus memiliki sebuah konsep, begitu pula dalam pembuatan taman gantung ini. Tentunya untuk menyesuaikan konsep taman yang akan diwujudkan, kita harus menyelaraskan perpaduan seluruh unsur dalam taman jenis ini.

Warna indah bunga atau daun tanaman hendaknya diserasikan dengan warna dominan rumah sehingga tampil harmonis. Jenis tanaman yang mudah pemeliharaan dan perawatannya akan lebih memberikan ketenangan bagi penghuni rumah. Karena itulah pemilihan jenis tumbuhan juga menjadi salah satu hal yang terpenting.

Taman gantung memiliki kemudahan dalam pemeliharaannya, dan yang pasti tidak membutuhkan lahan yang cukup banyak. Meski demikian, seluruh jenis tanaman mulai dari suplir, petunia hingga bougenville sebenarnya berpotensi untuk digunakan sebagai taman gantung.

Namun, tanaman yang menjuntai ke bawah merupakan pilihan yang tepat. Agar taman yang ingin ditampilkan ini tampil maksimal, sebaiknya siapkan media taman yang baik, yakni campuran tanah taman, perbandingan pupuk yang baik.

Topik Terkait

konsep taman gantung