Alarm Antingantuk Multifungsi

Sabtu, 13/10/2012

NERACA

Rasa lelah memang sangat sulit untuk dibohongi, apalagi ketika kita berkendara atau sedang mengendarai kendaraan. Terkadang kita tidak dan kurang menyadari bahayanya berkendara dalam keadaan lelah atau mengantuk.

Saat kita lelah dan mengantuk pastilah kita susah untuk berkonsentrasi dan yang pasti susah untuk mengemudikan kendaraan. Rutinitas sehari-hari pastilah membuat kita lelah, apa lagi setelah pulang bekerja, biasanya pada saat seperti inilah konsentrasi berkendara menjadi berkurang.

Tidak banyak yang menyadari bahwa mengantuk menjadi salah satu faktor utama sebagai penyebab kecelakaan lalu lintas, tidak hanya pada jarak jauh seperti mudik saja, mengendarai mobil saat lelah dan mengantuk dapat menyerang siapa saja di jalanan.

Dan ini memang saat berbahaya, bukan hanya untuk diri kita sendiri namun untuk orang lain juga. Terkadang hal ini terjadi karena si pengendara malas untuk berhenti walau sekadar sesaat saja hingga tubuh lebih segar.

Meminum minuman penambah stamina terkadang kurang berdampak baik bagi tubuh dan terkadang juga tidak mempengaruhi dan tidak menghilangkan rasa ngantuk. Kini sudah ada suatu alat yang bisa menyadarkan kita saat kita mengantuk saat berkendara.

Alat alarm antingantuk ini dapat secara otomatis mengeluarkan bunyi alarm cukup keras saat ketika posisi kepala pengemudi menunduk ke depan yang disebabkan karena terkantuk. Berkendara amandengan alarm antingantuk ini dapat membantu mengurangi kejadian kecelakaan.

Fungsi utama dari alat antingantuk ini adalah menghindarkan terjadinya kecelakaan, karena pengemudi ngantuk biasanya tidak bisa berkonsentrasi dalam mengemudi, sehingga sangat dianjurkan untuk pengendara malam hari agar aman sampai tujuan.

Namun tidak hanya digunakan oleh pengandara saja, alarm ini juga dapat digunakan oleh security atau ronda malam agar tidak mengantuk saat bertugas. Dapat juga digunakan untuk pelajar atau mahasiswa yang mau belajar sampai pagi agak tidak ketiduran, begitu pula untuk operator mesin pabrik.

Cara kerja alat ini pun sangat simple, alat ini didesain sesuai dengan postur tubuh manusia. Alat ini hanya perlu diletakkan di belakang telinga kita. Alat ini akan berbunyi jika kita menundukkan kepala 15-30 derajat, hal serupa juga terjadi saat kita mengantuk, kepala kita pasti tertunduk antara 15-30 derajat. Standar Pemakaian alat ini cukup kita tempelkan ditelinga kita.

Hidupkan alat ini dengan memindahkan kunci ke posisi on. Cobalah untuk menundukkan kepala kira-kira 15-30 derajat. Jika alatnya berbunyi berarti alatnya berfungsi dengan baik. Matikan alat dengan memindahkan kunci ke posisi OFF untuk menghemat baterei. Alarm anti ngantuk ini dibandrol sekitar Rp 150rb, cukup murah bukan untuk keselamatan yang tak ternilai.