Leica M Monochrome, si hitam putih yang menawan

Sabtu, 13/10/2012

Memotret memang sudah menjadi hobi sebagian orang. Hobi memotret memang dianggap suatu hobi yang mahal, selain alat atau kameranya yang berharga mahal, untuk melakukan hobi ini terkadang para penghobinya juga rela merogoh kantong dalam-dalam untuk mendatangi tempat-tempat yang bagus untuk dipotret.

Seiring kemajuan teknologi, para produsen kamera juga terus berlomba-lomba menciptakan teknologi terbaru pada kameranya, salah satunya dengan kamera berwarna. Namun produsen kamera yang satu ini berbeda, produk terbarunya adalah kamera dengan format hitam putih.

Kamera tersebut dikeluarkan oleh Leica. Leica M-Monochrom merupakan kamera digital full frame pertama di dunia yang khusus dibuat untuk menghasilkan foto hitam putih. Dengan mengadopsi model Leica M9, kamera ini memiliki layar LCD berukuran 2.5-inci pada bagian belakangnya serta sebuah viewfinder optical untuk membidik foto. Kamera bergaya klasik ini memang menjadi idaman para fotografer, selain bentuknya yang mirip dengan kamera model tempo dulu, kamera ini juga memiliki kualitas foto hitam putih yang sangat baik.

Kamera ini sendiri didukung dengan sensor CCD full frame 18 megapixel yang sama dengan Leica M9. Namun yang menjadi perbedaan antara kedua kamera ini adalah pada bagian sensornya. Bagian sensor Leica M-Monochrom tidak dilengkapi dengan filter warna atau Colour Filter Array (CFA) – di sini letak rahasia teknologi hitam putih Leica M-Monochrom.

Dengan ditiadakannya CFA tersebut, secara otomatis sensor Leica M-Monochrom lebih sensitif terhadap cahaya. Foto hitam putih yang dihasilkan pun sangat tajam, detil dan minim noise di berbagai pilihan ISO yang tersedia hingga ISO 10.000.

Tidak beda jauh dengan M9P, kamera ini memang dijual dengan harga cukup mahal. Kamera ini dijual di kisaran Rp 80 juta tanpa lensa atau body only. Hasil foto hitam putih M-Monochrom juga diklaim lebih baik dari foto hitam putih yang dibuat dengan program olah gambar atau efek filter yang tersedia pada kamera digital umumnya.