Daya Beli Konsumen Meningkat - Pasar Mobil Premium Bakal Naik 10% di 2013

NERACA

 

Jakarta - Pasar mobil segmen premium pada tahun depan diproyeksikan meningkat 10% seiring besarnya daya beli konsumen kelas menengah ke atas. “Pasar mobil premium 2013 diperkirakan 11.000 unit karena tingginya minat masyarakat golongan menengah ke atas. Selain itu, beberapa agen pemegang merek (APM) mulai meluncurkan varian terbaru di kelas premium,” kata pengamat otomotif Suhari Sargo di Jakarta, Senin (8/10).

Konsumen di dalam negeri, menurut Suhari, semakin mengerti dan memilih kendaraan yang memiliki kenyamanan dan keamanan tingkat tinggi.“Kebanyakan konsumen ingin membeli mobil dengan kualitas yang handal. Pasar mobil premium di Indonesia akan terus meningkat dan tidak terpengaruh krisis global,” paparnya.

Sedangkan Direktur Komunikasi PT BMW Indonesia, Helena Abidin, menambahkan perkembangan pasar mobil premium di Indonesia berjalan sangat baik. “Kami berharap ekonomi terus membaik, bertumbuh dan kondisi stabilitas politik dan keamanan terjaga, sehingga menunjang bisnis otomotif di Tanah Air,” ujarnya.

Helena menyatakan pihaknya optimistis BMW terjual lebih dari 2.000 unit hingga akhir tahun ini. “Dengan diluncurkannya model-model baru BMW, maka penjualan BMW semakin bagus,” tandasnya.

Sementara itu, Irvino Edwardly, Chief Executive Officer (CEO) Tiara Cahaya Otomotif (TCO) mengungkapkan pasar mobil premium di Indonesia terus melaju tanpa mempedulikan kenaikkan harga bahan bakar minyak. Buktinya, PT Tiara Cahaya Otomotif yang baru saja mengambil alih pemasaran merek mobil Maserati mentargetkan peningkatan penjualan mencapai 20 unit sampai 30 unit pada tahun ini.

Maserati adalah merek mobil mewah asal Italia. Mobil ini dulunya diimpor dan dipasarkan dalam bentuk completely built-up (CBU) oleh PT Citra Langgeng Otomotif yang juga memasarkan mobil sport Ferrari. Setelah dipegang Tiara Cahaya Otomotif yang sejatinya masih satu grup dengan Citra Langgeng Otomotif, Maserati diharapkan tidak akan berada di bawah bayang-bayang Ferrari lagi.

Irvino berharap, dengan pemisahan manajemen ini, maka perusahaannya akan dapat lebih leluasa mengenalkan brand Maserati kepada masyarakat. "Market share mobil premium, kami akui masih kecil, namun kami harap akan terus berkembang,” katanya.

Pangsa Pasar Kecil

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan, pangsa pasar mobil premium tahun ini diprediksi hanya sebesar 1% dari total penjualan mobil nasional yang sebesar 930.000 unit sampai 950.000 unit. Jumlah itu naik tipis dibanding realisasi penjualan pada 2011 yang sebesar 0,8%-0,9% atau 8.090 unit dari total penjualan mobil nasional yang mencapai 890.000 unit.

Walau pasarnya sangat tipis, Irvino optimistis, Maserati mampu bersaing di pasar mobil premium. Apalagi melihat pertumbuhan ekonomi nasional yang cukup bagus. Irvino pun memasang target bidikannya pada orang kaya yang mempunyai bisnis di sektor pertambangan, batubara, dan properti.

Selain itu, untuk memperluas pasar, Irvino bakal menyasar Surabaya, Medan, Banjarmasin, dan Bali. Untuk merambah kota-kota ini, Tiara Cahaya sedang mencari partner baru. Nah, untuk mencapai target penjualan sebanyak 20 unit sampai 30 unit di tahun ini, Tiara Cahaya akan mengimpor Maserati dari negara asalnya dalam bentuk CBU sebanyak dua hingga tiga unit setiap bulan.

Untuk saat ini, ada tiga model Maserati yang sudah siap diboyong, yaitu Maserati Quattroporte di segmen sedan premium, Maserati Gran Turismo di segmen sedan sport empat kursi, dan Maserati GranCabrio untuk sedan sport. Pada Juni nanti, Maserati juga akan meluncurkan model Stradale di segmen sedan sport dua kursi.

Mobil-mobil itu dijual dengan harga Rp 2,9 miliar sampai Rp 3,7 miliar off the road. Untuk menarik pembeli, konsumen akan diberikan keleluasaan memilih warna serta interior yang diinginkan. Tiara Cahaya juga menyiapkan layanan purna jual di Pondok Indah, Jakarta.

Melihat pangsa pasar yang demikian tipis, Tiara Cahaya pada akhir 2013 atau awal 2014 juga akan meluncurkan produk baru di segmen sport utility vehicle (SUV) premium, yakni Maserati Kubang. Dengan mesin berkapasitas 3.000 cc, harga yang ditawarkan untuk SUV ini lebih murah. “Pasar mobil dengan harga di atas Rp 3 miliar tidak terlalu besar, sehingga kami akan masuk ke pasar mobil Rp 1 miliar atau Rp 2 miliar,” kata Irvino.

Tidak hanya Maserati yang bermain di pasar mobil premium. Merek Porsche yang diimpor PT Eurokars Artha Utama (EAU) juga mentargetkan pertumbuhan tinggi tahun ini. Yudy W Widodo, Vice President Sales and Marketing Eurokars Artha Utama mengatakan, pasar mobil super mewah akan membesar seiring pertumbuhan ekonomi nasional yang di atas 6%.

Itulah sebabnya, Eurokars tahun ini berani menargetkan penjualan 250 unit, naik 25% dari penjualan tahun lalu yang sebanyak 200 unit. Untuk mengejar target itu, perusahaan akan meluncurkan dua produk baru serta meningkatkan kualitas purna jual. Salah satu produk terbarunya yang diluncurkan, Selasa kemarin adalah Porsche 911 seharga Rp 3 miliar off the road.

Menurut Yudy, dari total penjualan tahun lalu, merek Porsche Cayenne di segmen SUV dan Porsche Panamera paling banyak terjual. Selain wilayah DKI Jakarta yang menguasai penjualan 70%, Porsche juga laku di Bandung, Surabaya, Medan, dan juga Kalimantan.

BERITA TERKAIT

Soal Bisnis dengan Israel - Lembaga Konsumen Muslim Desak Danone Jujur

Yayasan Konsumen Muslim Indonesia, lembaga perlindungan konsumen Muslim berbasis Jakarta, kembali menyuarakan desakan boikot dan divestasi saham Danone, raksasa bisnis…

Tiga Asosiasi Hilir Sawit dan Forwatan Berbagi Kebaikan

NERACA Jakarta – Kegiatan promosi sawit dan bakti sosial diselenggarakan Forum Wartawan Pertanian (Forwatan) bersama tiga asosiasi hilir sawit yaitu…

Hingga H+3 Pertamina Tambah 14,4 juta Tabung LPG 3 Kg

NERACA Malang – Selama Ramadhan hingga H+3 Idul Fitri 2024, Pertamina melalui anak usahanya, Pertamina Patra Niaga, telah menambah pasokan…

BERITA LAINNYA DI Industri

Soal Bisnis dengan Israel - Lembaga Konsumen Muslim Desak Danone Jujur

Yayasan Konsumen Muslim Indonesia, lembaga perlindungan konsumen Muslim berbasis Jakarta, kembali menyuarakan desakan boikot dan divestasi saham Danone, raksasa bisnis…

Tiga Asosiasi Hilir Sawit dan Forwatan Berbagi Kebaikan

NERACA Jakarta – Kegiatan promosi sawit dan bakti sosial diselenggarakan Forum Wartawan Pertanian (Forwatan) bersama tiga asosiasi hilir sawit yaitu…

Hingga H+3 Pertamina Tambah 14,4 juta Tabung LPG 3 Kg

NERACA Malang – Selama Ramadhan hingga H+3 Idul Fitri 2024, Pertamina melalui anak usahanya, Pertamina Patra Niaga, telah menambah pasokan…