Tips Merawat Motor Matic

Sabtu, 13/10/2012

NERACA

Perawatan motor memang gampang-gampang susah, begitu juga bagi anda yang menggunakan motor jenis matic sebaiknya anda selalu menjaga dan merawat motor matic anda dengan tepat. Agar motor selalu enak dikendarai.

Sama halnya dengan kesehatan kita, tidak perlu menunggu sakit baru merawatnya ke rumah sakit, namun ada baiknya kita jaga motor kita dengan cara mengecek oli dan servis secara teratur, agar kita tahu juga jika terjadi masalah kecil maka kita cepat-cepat mengatasinya. Berikut tips merawat motor matic.

Panaskan dahulu motor sekitar 1-5 menit dengan menarik cuk, agar mesin cukup panas dan pelumas dapat melumasi seluruh bagian mesin, lalu kembalikan posisi cuk kenormal kembali. Lakukan servis berkala dan ganti oli setiap 2 bulan sekali atau pemakaian 2.000 KM. Biasanya servis berkala ini meliputi karburator, filter udara, busi, aki, dan sebaiknya juga dilakukan dibengkel resmi. Gunakan selalu sukucadang asli, karena dijamin kualitas dan keawetannya. Perhatikan hal-hal vital pada motor matic seperti, V-belt, klep dan roller. Perhatikan shock breaker dan ganti oli shock minimal 10.000 km. Cuci dengan air tawar, maksudnya air yang digunakan untuk mencuci sangat berpengaruh juga pada keawetan motor matic kamu, contohnya jika air hujan yang digunakan maka motor matic akan cepat berkarat karena kadar garam yang tinggi pada air hujan.

Dan yang paling penting adalah safety riding yang dapat membuat motor awet dan anda keselamatan anda dan orang lain.

Semoga beberapa tips tersebut dapat bermanfaat bagi anda yang menggunakan motor matic. Perawatan motor matic atau sepeda motor bebek injeksi kencang dan Irit Jupiter Z1 yang tepat membuat motor anda menjadi lebih awet dan nyaman dalam menggunakan motor matic untuk di kota yang macet.