Citilink Kepakkan Sayap Ke Tiga Rute Baru

NERACA

Jakarta – Citilink, anak perusahaan PT Garuda Indonesia, untuk jasa penerbangan berbiaya murah (LCC), bulan ini kembali melebarkan sayapnya dengan membuka 3 rute penerbangan harian baru yaitu Batam–Padang PP, Batam–Surabaya PP masing-masing satu kali per hari, dan Bandung–Denpasar PP 2 kali per hari. Untuk tujuan Batam–Padang, harga tiket dijual mulai dari Rp 230.000,- sekali jalan, tujuan Batam–Surabaya dimulai Rp 415.000,- sekali jalan, dan harga tiket untuk tujuan Denpasar–Bandung dijual mulai dari Rp 290.000 sekali jalan.

Batam merupakan salah satu kota dengan pertumbuhan terpesat di Indonesia. Dalam tempo 40 tahun, penduduk Batam bertumbuh hingga 158 kali lipat. Batam juga telah berstatus sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Kota ini strategis ditempuh melalui jalur udara dari berbagai kota di Indonesia dan negara lainnya melalui bandara udara Hang Nadim.Untuk itu, kali ini Citilink membuka dua rute baru dari dan ke Batam. Pertama dari Padang ke Batam dan yang lainnya adalah dari Surabaya ke Batam langsung.

Kota kedua yang menjadi target pembukaan rute baru dari Citilink adalah Padang. Kota Padang menjadi salah satu pusat perekonomian karena memiliki pendapatan per kapita tertinggi di Sumatera Barat. Selain itu, Padang juga menjadi pusat pendidikan dan kesehatan, karena perguruan tinggi dan fasilitas kesehatan yang lebih banyak dibandingkan kota atau kabupaten lain di Sumatera Barat. Untuk itu, kini Citilink membuka rute pulang pergi Batam–Padang, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan sistem point to point flight yang ditawarkan Citilink. Masyarakat Padang dapat bepergian ke Singapura melalui Batam, dan masyarakat Padang yang memiliki kepentingan bisnis di Surabaya kini semakin dimudahkan dengan adanya rute baru Citilink ini.

“Citilink sengaja membuka penerbangan ke rute-rute yang sudah mature dan sudah teruji dari segi pasarnya. Tingkat permintaan masyarakat untuk penerbangan ke kota-kota tersebut pun cukup tinggi,” kata Arif Wibowo, CEO PT. Citilink Indonesia, seperti yang tertuang dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Neraca, Rabu.

Dengan penambahan penerbangan Citilink ke 3 rute baru tersebut, diharapkan Citilink dapat turut serta membantu meningkatkan investasi dan perekonomian di kota-kota tersebut. Selain rute baru dari dan ke Batam, mulai 6 Oktober mendatang, Citilink juga akan membuka rute Bandung–Denpasar pulang pergi 2 kali per hari. Kota Bandung sudah terkenal sebagai daerah tujuan wisata oleh kalangan wisatawan nasional maupun internasional.

Rute Baru

Dalam setahun, kota Bandung juga banyak mengadakan event-event yang berskala nasional maupun internasional. Atensi masyarakat Indonesia dan internasional yang besar terhadap pariwisata dan banyaknya event yang diadakan di kota Bandung inilah yang mendorong Citilink untuk bergabung memperkenalkan layanan penerbangannya.

Saat ini Citilink telah melayani 78 frekuensi harian ke berbagai kota penting dan menarik di Indonesia. Kedepannya Citilink akan terus membuka rute-rute baru di beragam kota lain di Indonesia. “Target kami hingga akhir tahun 2012 adalah mengoperasikan 137 frekuensi penerbangan setiap harinya. Ini adalah komitmen Citilink untuk meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat pelanggan diIndonesia,” ungkap Arif Wibowo.

Sebagai bukti keberhasilan Citilink dalam komitmennya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan,Citilink telah meraih beberapa penghargaan antara lain oleh Indonesia Travel and Tourism Foundationuntuk kategori Leading Low Cost Airline 2011/2012, kategori Best Overall Marketing Campaign di The Budgies and Travel Awards 2012 dan yang terbaru yaitu penghargan Service To Care Award 2012 untuk Airlines category dari Markplus Insight.

Related posts