Bank DKI-Gunadarma Resmikan Bank Mini

NERACA

Jakarta - Sebagai bentuk kepedulian terhadap edukasi perbankan, PT Bank DKI bersama Universitas Gunadarma meresmikan Bank Mini di Universitas Gunadarma Kampus TB Simatupang, Jakarta Selatan. Peresmian itu dilakukan oleh Direktur Utama Bank DKI, Eko Budiwiyono dan Rektor Universitas Gunadarma, E.S. Margianti di Jakarta (1/10).

Direktur Utama Bank DKI Eko Budiwiyono menjelaskan, peresmian Bank Mini di Universitas Gunadarma merupakan salah satu wujud kepedulian dari Bank DKI melalui program edukasi perbankan bagi mahasiswa dan masyarakat. Pengambangan Bank Mini juga menjadi tonggak baru kerjasama antara Universitas Gunadarma dengan Bank DKI yang sudah terjalin puluhan tahun.

E.S. Margianti berkeyakinan bahwa fasilitas Bank Mini tersebut dapat dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa. Bahkan, Rektor berharap bank Mini tersebut juga dapat digunakan untuk pendidikan dan pelatihan perbankan bagi pegawai bank atau masyarakat umum yang tertarik untuk bekerja di perbankan.

Sebagai PTS yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), fasilitas bank mini akan dilengkapi dengan berbagai modul pelatihan dengan berbagai jenis teknologi Electronic Banking yang sudah dan akan dikembangkan di Universitas Gunadarma.

Bank Mini tersebut didesain secara khusus seperti layaknya bank yang sesungguhnya yang juga sudah dilengkapi dengan Core Banking System sebagai simulator transaksi perbankan yang digunakan di bank. Dengan demikian, peserta pelatihan pun bisa melakukan simulasi transaksi dengan perangkat lunak dan berbagai formulir yang menggambarkan kegiatan operasional bank.

Kelengkapan berbagai modul dan jenis teknologi di Bank Mini tersebut menjadi salah satu pertimbangan utama dari Universitas Gunadarma untuk mengembangkan Bank Mini tersebut menjadi E-Banking Training Center.

Saat ini modul pelatihan yang dimiliki oleh Universitas Gunadarma adalah Core Banking System, Banking Audit, Automated Teller Machine, Computer Assisted Audit Technique, dan Internet Banking. Berbagai jenis teknologi tersebut merupakan hasil konvergensi dunia TIK dengan dunia perbankan.

Perkembangan dan penerapan TIK di sektor perbankan tergolong paling maju dan terdepan dibandingkan sektor lainnya di Indonesia. Berbagai jenis teknologi seperti Internet banking, Electronic Money, Electronic Fund Transfer, serta Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) yang mencakupi kartu Kredit dan Kartu Debet/ATM pun berkembang pesat dan sudah menjadi kebutuhan dan gaya hidup masyarakat.

Muara akhirnya adalah mulai terbentuknya era less-cash society di Indonesia. Universitas Gunadarma merespon perkembangan teknologi perbankan dengan menyediakan proses pendidikan di bidang perbankan, baik dalam program akademik maupun non-akademik.

Teknologi perbankan sudah dimasukkan dalam kurikulum atau menjadi kajian riset, baik di program studi D3 Manajemen Keuangan, Program S1 Manajemen, Program S1 Akuntansi, Program Magister Manajemen untuk konsentrasi Perbankan, serta Program Doktor Ilmu Ekonomi.

BERITA TERKAIT

Pemprov DKI : 6 Proyek Tol Diambil Pemerintah Pusat

    NERACA  Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan enam proyek tol dalam kota telah diambil alih oleh…

Peluang Dongkrak PAD Terbuka, Jika Sampah DKI Dikelola Investor

HL6-2   NERACA   Jakarta - Persoalan sampah DKI Jakarta mendapat sorotan dari Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut B Pandjaitan, karena…

BI Minta Bank Tidak Naikkan Bunga

    NERACA Jakarta - Bank Indonesia menyatakan perbankan tidak memiliki alasan menaikkan bunga kredit dan simpanan dalam waktu dekat…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

CIMB Niaga Gelar Customer Gathering

      NERACA   Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menyelenggarakan customer gathering bersama nasabah dan…

Kinerja untuk Atasi Depresiasi Rupiah Dinilai Tepat

    NERACA   Jakarta - Anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun mengatakan kinerja yang dilakukan sejumlah lembaga dan kementerian…

OJK Cabut Izin BPR Sambas Arta

    NERACA  Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencabut izin usaha PT Bank Perkreditan Rakyat Sambas Arta, yang beralamat…