Olahraga 'Kekinian' Sedari Muda Jadi Investasi Kesehatan

Ada pepatah kata bilang jaga waktu muda mu sebelum datang waktu tua dan juga jaga waktu sehat sebelum datang waktu sakit. Hal ini menggambarkan bahwa di usia muda yang masih sehat secara fisik harus dijaga sebelum datang waktu sakit. Apalagi, gaya hidup yang tidak terjaga bakal membawa penyakit dan sumber masalah. Oleh karena itu, jadikan mindset bahwa kesehatan adalah investasi masa depan yang harus dijaga dan dirawat selagi masih produktif dan berkarya.

Dokter umum dr. Alfi Auliya MKM C.DCAP mengatakan, anak muda yang sering mengikuti olahraga 'kekinian' dan melakukan modifikasi gaya hidup dapat mencegah penyakit secara umum untuk investasi kesehatan di kemudian hari.“Masih muda pasti suka ikut olahraga fun run, zaman sekarang ada zumba, poundfit, itu bisa jadi salah satu pencegahan yang bisa dilakukan untuk mencegah suatu penyakit,” kata Alfi dalam diskusi kesehatan bersama Halodoc di Jakarta, kemarin.

Dokter lulusan Universitas Trisakti ini mengatakan, olahraga yang berkembang saat ini bisa menjadi investasi kesehatan di masa mendatang dan penting bagi anak muda zaman sekarang mengubah pola hidup sehatnya dengan rajin berolahraga. Disampaikannya pula, masyarakat harus mengubah mindset bahwa sakit bisa dengan mudah diobati hanya dengan pergi ke dokter atau mengikuti asuransi kesehatan.

Namun Alfi mengatakan peran dokter hanya untuk promotif dan kuratif pengobatan penyakit spesifik, sehingga masyarakat harus lebih perhatian kepada kesehatan diri sendiri secara keseluruhan agar tidak berisiko mengidap penyakit kronis.“Karena penyakit kronis nggak tahu tiba-tiba datang, pas di cek gula dan kolesterol semua tinggi dan berisiko merugikan diri sendiri dan orang lain, produktivitas berkurang, aktivitas berkurang, pekerjaan jadi terganggu dan berdampak pada finansial,” katanya.

Selain mengecek kesehatan secara berkala, vaksinasi juga diperlukan untuk upaya preventif dan sangat baik untuk meringankan gejala penyakit, komplikasi berat hingga kematian. Diakui Alfi, vaksinasi tidak memberikan kekebalan tubuh 100% terhadap penyakit tertentu, namun bisa mencegah angka kematian yang tinggi dan juga melindungi orang sekitar yang rentan tertular penyakit seperti anak kecil, lansia dan ibu hamil.

 

Vaksin Ciptakan Kekebalan

Kata Alfi, yang terjadi apabila banyak orang yang divaksin bisa melindungi orang yang tidak bisa divaksin, fungsi vaksinasi selain buat diri sendiri tapi buat untuk kaum rentan ibu hamil, lansia, bayi, penderita HIV karena imunitasnya rendah. Dirinya berharap cakupan vaksinasi juga akan menyebar hingga pelosok daerah dan kesadaran masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat serta melakukan vaksinasi terus meningkat.

Dia juga mengapresiasi pihak swasta yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses vaksinasi dan konsultasi dokter dengan telemedisin yang bisa diakses kapan saja. Disampaikannya pula, mitos mengenai efek samping vaksin masih menjadi salah satu tantangan dalam pelaksanaan vaksinasi di Indonesia. Saat ini, lanjutnya, masih ada warga yang menganggap vaksinasi dapat menyebabkan kematian."Sebenarnya tidak ada penelitian valid bahwa vaksinasi bisa menyebabkan kematian,"tuturnya.

Alfi mengatakan bahwa kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI) berupa demam atau nyeri di sekitar area yang disuntik wajar terjadi setelah vaksinasi. Jika gejala-gejala semacam itu muncul setelah menjalani vaksinasi, maka pasien disarankan berkonsultasi dengan dokter agar bisa diberi obat pereda demam maupun nyeri.

Alfi menekankan, pentingnya penyuntikan vaksin dilakukan oleh dokter agar sebelum menjalani vaksinasi pasien bisa diperiksa keadaan fisiknya, termasuk suhu badan serta riwayat penyakit dan alerginya."Itu adalah salah satu rangkaian untuk menandakan tubuh siap untuk divaksin, karena vaksin adalah komponen virus yang dilemahkan masuk ke tubuh. Jadi, kalau lagi enggak fit, demam, diare, batuk pilek, itu enggak boleh divaksinasi,"jelasnya.

Ditambahkannya, kalau mau vaksin apapun, make sure atau pastikan tidak sedang sakit atau habis jajan sembarangan. Dirinya juga menyampaikan pentingnya tenaga kesehatan terus menerus menyampaikan penyuluhan mengenai manfaat vaksinasi guna meluruskan pemahaman yang keliru perihal vaksinasi dan efeknya di kalangan masyarakat.

Sementara aktor sekaligus olahragawan Volland Humonggio pernah bilang, olahraga mesti disempatkan, sekalipun sibuk beraktivitas. Jika sibuk di siang sampai sore hari, usahakan olahraga pagi hari. Tapi, jika sibuk dari pagi sampai siang hari bisa berolahraga di siang hari. Menurutnya kerja keras untuk mengumpulkan materi di masa muda akan sia-sia apabila di masa tua tidak memiliki kesehatan yang baik. Uang yang sejak lama dikumpulkan malah ludes untuk berobat,"Mendingan kita sempatkan olahraga, jadi saat muda sibuk bekerja nanti tua kita happy. Itu mindset yang saya coba terapkan ke teman-teman,"ujarnya.

Sekretaris Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI, Suyadi menambahkan, tujuan olahraga tidak hanya untuk prestasi, melainkan juga untuk kebugaran, kesehatan, sosial dan ekonomi. Disampaikannya, olahraga menjadi elemen penting dalam menjaga kebugaran, “Olahraga berkontribusi pada Kesehatan dan kebugaran, olahraga mengajarkan itu, dengan berolahraga kita memilki daya tahan yang baik,” Imbuhnya.

 

BERITA TERKAIT

Penuhi Kebutuhan Gizi Keluarga - Nestle MILO Hadirkan Susu Cokelat MILO NutriActiv

Menandai 50 tahun di Indonesia, Nestlé MILO meluncurkan MILO NutriActiv dengan multigrain.  Produk ini hadir dengan dua varian rasa yaitu…

Regulasi Efektif Kurangi Lemak Trans Guna Sehatkan RI

Banyak cara yang dilakukan masyarakat untuk melakukan pengurangan lemak, namun tidak sedikit dengan cara yang instan menimbulkan dampak signifikan terhadap…

Cuaca Panas - Berikut Sejumlah Tanda Dehidrasi Yang Perlu Diwaspadai

Memasuki musim kemarau dengan cuaca yang panas bakal membawa dampak terhadap aktivitas masyarakat di luar ruangan dan salah satunya potensi…

BERITA LAINNYA DI Kesehatan

Penuhi Kebutuhan Gizi Keluarga - Nestle MILO Hadirkan Susu Cokelat MILO NutriActiv

Menandai 50 tahun di Indonesia, Nestlé MILO meluncurkan MILO NutriActiv dengan multigrain.  Produk ini hadir dengan dua varian rasa yaitu…

Regulasi Efektif Kurangi Lemak Trans Guna Sehatkan RI

Banyak cara yang dilakukan masyarakat untuk melakukan pengurangan lemak, namun tidak sedikit dengan cara yang instan menimbulkan dampak signifikan terhadap…

Cuaca Panas - Berikut Sejumlah Tanda Dehidrasi Yang Perlu Diwaspadai

Memasuki musim kemarau dengan cuaca yang panas bakal membawa dampak terhadap aktivitas masyarakat di luar ruangan dan salah satunya potensi…