Menekan Dampak Pada Lingkungan - Produk Kencatikan Kelola Sampah Bertanggung Jawab

Dibalik pertumbuhan industri kecantikan selalu menyisakan masalah sampah kemasan yang berdampak pada lingkungan. Apalagi, kemasan produk kecantikan dan bodycare didominasi material plastik. Alhasil sampah kemasan plastik dari produk kecantikan perlu perhatian penting penanganannya secara bertanggung jawab.

Berangkat dari kepedulian pada lingkungan dan juga memperingati hari Bumi, ERHA sebagai perusahaan klinik kecantikan bersama Waste4Change mengajak pelaku dan konsumen untuk mengelola sampah kemasan produk kecantikan secara bertanggung jawab. Komitmen ini juga sejalan dengan prestasi yang diraih ERHA mendapat Award4Change untuk kategori Sustainable Brand. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Ya, mempercantik diri yang sejatinya harus seiring dan sejalan dalam upaya menjaga bumi agar terawat baik dan jangan sampai terpolusi sampah plastik kemasan produk. Konten kreator, Novia Arifin yang aktif di media sosial dengan nama ceritanupi, membagi kiat-kiat yang mempesona para hadirin tentang membangun diri menjadi konsumen yang cerdas untuk cukup membeli yang diperlukan.

Manakala produk telah habis, lanjutnya, sampah kemasannya perlu diperhatikan agar tidak berakhir di pembuangan karena plastik tidak dapat terurai alam.“Dari begitu banyaknya produk kecantikan dan perawatan, ada produsen yang siap menangani sampah kemasan produknya, hal ini tentu perlu kita dukung,” ungkap Novia. 

Sementara Hana Nur Auliana, Corporate Strategic Waste4Change membagi pengalamannya melayani ERHA yang konsisten menggunakan jasa Responsible Waste Management (RWM). Waste4Change menangani sampah kemasan produk ERHA dari 45 kliniknya yang tersebar di 12 kota di Indonesia.  Tingginya minat dan loyalitas konsumen ERHA tercermin dari volume sampah kemasannya yang terus meningkat sejak 2022 hingga kini.

Hal tersebut sejalan dengan tingkat kepercayaan terhadap orisinalitas produk. Dengan penanganan sampah bertanggung jawab maka kemasan produk tidak mungkin tercecer di sembarang pembuangan yang dapat memantik penyalahgunaan kemasan secara ilegal. “Peran konsumen sangat penting untuk memanfaatkan fasilitas dari produsen, ERHA meminta pelanggannya membawa atau mengirim sampah kemasan produknya ke klinik terdekat sehingga selanjutnya dapat ditangani Waste4Change dengan jasa in-store-recycling,”kata Hana.

Narasumber Oemar Saputra, Head of CSR & Corporate Relations Arya Noble Group berterima kasih atas peran aktif pelanggannya yang mendukung ERHA sebagai jenama terpercaya sehingga berkelanjutan dapat menjalankan misinya sebagai agen perubahan positif dalam industri kecantikan dan perawatan estetika.  “ Waste4Change adalah partner jalan bersama, kami meyakini bahwa setiap langkah kecil dapat memberi kebaikan yang besar untuk menjaga kelestarian bumi,” ungkap Oemar. 

Lalu dr. Theresia Movita Sp.DVE, FINDSDV, FAADV sebagai dokter spesialis Dermatologi dan Venereologi ERHA memberikan nasihat sesuai keahliannya sehingga konsumen memilih produk yang sesuai kebutuhan dan kondisi unik kulitnya masing-masing.  Berdasarkan laporan Cosmetic Packaging Market Growth Trends and Forecasts (2020-2025), hampir 50% kemasan produk kosmetik terbuat dari bahan plastik.

BERITA TERKAIT

Raih Penghargaan CSR Award Asia - Bridgestone Indonesia Berhasil Berdayakan Ekonomi Perempuan

Komitmen PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) untuk memberdayakan ekonomi masyarakat, khususnya perempuan muda mudi di kawasan pesisir di Muara…

Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa - Angkat Ekonomi Dan Berdayakan Masyarakat

Berbagi sambil memberdayakan ekonomi masyarakat menjadi tawaran Dompet Dhuafa dalam program Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa dengan menarget penerima…

Lagi, Nobar Warga Grab Digelar di 18 Kota

Masih konsisten mendukung industri perfilman Tanah Air, Grab Indonesia kembali menggelar “Nobar Warga Grab” yang tahun ini dihadiri oleh ribuan…

BERITA LAINNYA DI CSR

Raih Penghargaan CSR Award Asia - Bridgestone Indonesia Berhasil Berdayakan Ekonomi Perempuan

Komitmen PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) untuk memberdayakan ekonomi masyarakat, khususnya perempuan muda mudi di kawasan pesisir di Muara…

Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa - Angkat Ekonomi Dan Berdayakan Masyarakat

Berbagi sambil memberdayakan ekonomi masyarakat menjadi tawaran Dompet Dhuafa dalam program Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa dengan menarget penerima…

Lagi, Nobar Warga Grab Digelar di 18 Kota

Masih konsisten mendukung industri perfilman Tanah Air, Grab Indonesia kembali menggelar “Nobar Warga Grab” yang tahun ini dihadiri oleh ribuan…