Bangun Pabrik, Sekar Bumi Investasikan Rp 80 Miliar

Senin, 01/10/2012

Pasca relisting di pasar modal, PT Sekar Bumi Tbk (SKBM) akan mengembangkan usaha dengan membangun pabrik di Jakarta untuk produk makanan beku dan frozen sea food dengan investasi Rp80 miliar.

Presiden Direktur PT Sekar Bumi Tbk Harry Lukmito menuturkan, pihaknya akan membangun pabrik baru melalui anak usahanya di Jakarta. Pabrik baru ini untuk memproduksi makanan beku dan frozen sea food. "Pabrik tersebut diperkirakan akan selesai akhir 2013,"katanya di Jakarta akhir pekan kemarin.

Dia menjelaskan, pembangunan pabrik akan dimulai awal tahun depan. Lebih lanjut, pihaknya menargetkan penjualan sekitar Rp700 miliar dan laba bersih Rp12 miliar pada 2012. Hingga Juni 2012, pendapatan mencapai Rp360 miliar dana laba bersih hampir Rp6 miliar.

Selain itu, perseroan menganggarkan belanja modal sekitar Rp12 miliar pada 2012. Belanja modal telah direalisasikan telah mencapai 80%. "Realisasi belanja modal digunakan untuk mesin dan bangunan," kata Harry.

Menurut Harry, krisis global yang terjadi menjadi peluang bagi perseroan. Perseroan dapat mencari penetrasi pasar ke negara-negara yang terkena krisis untuk memasarkan produk perseroan. Pertumbuhan ekonomi Indonesia positif juga mendukung usaha frozen food.

PT Sekar Bumi Tbk akan mencatatkan kembali efeknya (relisting) di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebanyak 851.391.894 lembar saham dengan nilai nominal Rp100 per saham. Harga saham Rp115 per saham. PT Eagle Capital bertindak sebagai koordinator profesi penunjang untuk relisting. (bani)