Manfaatkan Aplikasi Travoy - Perjalanan Mudik Makin Terencana, Tenang dan Nyaman

Baru di pacu kecepatan 80 km dalam ruas tol Jagorawi, Toyota Avanza milik Abay (42) akselerasinya tidak lagi agresif. Padahal jarum speedometer menunjukkan tangki bensin masih full. Namun ada indikator mesin yang menyala berkedip yang menujukkan kondisi mesin bermasalah sehingga berdampak kondisi suhu dalam mobil juga panas, kendati ac sudah menyala. Tidak mau ambil risiko lebih buruk, Toyota Avanza keluaran 2006 dibawanya ke pinggir bahu jalan dengan menyalakan lampu hazard dan memasang segita tiga merah untuk mengecek kondisi mesin. Setelah saya buka kap mesin, asap mengepul keluar,”Overheat menjadi penyakit mogoknya mobilnya di km 40,”tuturnya.

Tidak mau panik dengan kondisi keadaan, dirinya yang sudah terbiasa berlalu lalang di ruas tol Jagorawi langsung mengeluarkan smartphone dari sakunya. Namun bukan telpon petugas derek yang dilakukkannya, tetapi cukup menggunakan fitur derek online di aplikasi Travoy milik PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebagai layanan digital bagi pengguna jalan tol.

Menurutnya, menggunakan fitur derek online sangat membantu kendala mobil mogok di jalan. Bahkan kehadirannya bisa menghindari praktek pungutan liar (pungli) yang banyak dialami para korban mobil mogok di jalan tol. Hal inipula yang pernah dialami bapak tiga anak ini, dimana petugas derek sempat meminta tarif di luar kewajaran untuk mengantarkan mobilnya ke bengkel resmi yang terletak kurang dari satu kilometer dari pintu keluar tol.

Maklum saja pengguna jasa derek sudah pasti tengah kesulitan dengan masalah kendaraannya di tengah jalan tol yang membuat mereka rentan mendapat tekanan pungli dari oknum jasa derek. Namun sejak kehadiran fitur derek online di aplikasi Travoy, kini dirinya makin mudah mengakses layanan derek di jalan tol dan tidak perlu lagi khawatir akan praktek pungli,”Dengen derek online, saya bisa pantau kondisi kedaraan derek secara realtime dan bahkan bayarnya bisa lewat online dengan harga resmi yang sudah tertera,”cetusnya.

Ya, hadirnya layanan digital melalui aplikasi Travoy merupan komitmen PT Jasa Marga Tbk sebagai operatol jalan tol untuk menciptakan berkendara yang aman dan nyaman di ruas tol. Perseroan menyakini perjalanan yang terkendali dengan baik adalah awal dari keselamatan, ketenangan dan kenyamanan. Untuk itulah, perseroan terus melakukan inovasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang pesat untuk membantu menjaga keselamatan dan kelancaraan di jalan tol. Sehingga meskipun kondisi lalulintas di luar ekspektasi,pengguna jalan tol tetap bisa merasakan kenyamanan dan ketenangan.

Hal yang sama juga dirasakan Thobrie (38), momentum mudik lebaran kemarin dari Tangerang Selatan ke kampung halaman di Semarang Jawa Tengah dan begitu juga sebaliknya arus balik lewat tol Trans Jawa dirasakan betul ketenangan dalam berkendara dengan memanfaatkan layanan digital Travoy. “Berkat aplikasi ini, saya bisa pantau lalu lintas tol secara real time cukup di gengaman tangan. Bahkan aplikasi ini memberikan kita informasi lengkap, mulai tarif tol, rest area yang terdekat hingga ekosistem pembayaran digital melalui fitur Multibiller yang dapat digunakan untuk pembelian pulsa & paket data, pembayaran tagihan telepon pascabayar hingga melakukan pengisian ulang saldo e-wallet/uang elektronik,”jelasnya.

Bila dahulu mudik lewat tol terasa merepotkan dengan kondisi lalu lintas yang diluar ekspektasi serta kendala lainnya, kini kekhawatiran tersebut sudah tidak lagi. Pasalnya, hadirnya layanan digital Travoy yang terus berinovasi sebagai asisten digital perjalanan makin memudahkan dirinya dan pengguna jalan tol lainnya mendapatkan informasi dan layanan cepat.

Bahkan berkat layanan tersebut, dirinya beserta keluarga bisa merencanakan kapan waktu yang tepat untuk jalan keluar ke beberapa ruas tol kelolaan Jasa Marga dan kocek yang disiapkan untuk emoney tarif tol dengan memantau di aplikasi Travoy.

Pengamat Kebijakan Publik, Agus Pambagio menilai penerapan teknologi yang dilakukan Jasa Marga pada ruas-ruas jalan tolnya sejauh ini masih dirasa cukup dan telah berdampak terhadap operasional. Kendati demikian, Jasa Marga dinilai masih harus untuk meningkatkan inovasinya seiring dengan kebutuhan konsumen.  Pasalnya, sebagai pemain utama jalan tol, Jasa Marga dapat menjadi acuan bagi operator-operator jalan tol lainnya, sehingga dapat diterapkan pada ruas-ruas lainnya. “Jasa Marga yang punya banyak jaringan, bisa menjadi kiblat pelayanan jalan tol, jalan tol transportasi yang berkeselamatan, Jasa Marga tidak hanya operator jalan tol, banyak hal yang perlu diperhatikan,” jelasnya.

 

Terus Berbenah

Merespon meningkatnya pengguna layanan digital bagi pengguna jalan tol, mendorong Jasa Marga terus berbenah diri. Direktur Utama Jasa Marga, Subakti Syukur mengatakan, inovasi berbasis teknologi untuk mendukung operasional jalan tol juga terus dilakukan oleh perseroan. Beberapa di antaranya adalah pengembangan aplikasi Travoy yang dirancang sebagai asisten perjalanan pengguna jalan.

Tercatat hingga April 2024, Jasa Marga mencatat total telah ada 543.000 pengguna Travoy dengan rincian 480 ribu user mendownload aplikasi Travoy dari aplikasi Android dan 63 ribu user dari aplikasi iOS. Khusus pada momen lebaran tahun ini, terdapat penambahan jumlah pengguna Travoy hingga 13.000. “Kami memahami kebutuhan pengguna jalan untuk mendapatkan informasi lalu lintas yang sangat dinamis sehingga dapat menentukan rute perjalanan dengan baik,"ujarnya.

Sementara, Direktur Utama PT Jasa Marga Tollroad Operator (JMTO), Yoga Tri Anggoro menambahkan, tahun ini pihaknya menawarkan pengalaman baru untuk pengguna jalan tol. Lewat aplikasi Travoy, pengguna dapat menerima informasi mengenai estimasi jarak, waktu tempuh, tarif tol, informasi lalu lintas, CCTV real time, rest area yang akan dilalui, hingga kecepatan rata-rata selama rute perjalanan. “Aplikasi Travoy ini dapat memudahkan para pengguna jalan tol untuk merencanakan dan mengatur waktu perjalanan dari lokasi asal ke lokasi tujuan,” kata Yoga.

Dia meyakini, mobilitas masyarakat yang sehari-harinya menggunakan jalan tol akan mendapatkan rute terbaik. Pasalnya, pengguna mendapatkan informasi terkini jalan tol yang sangat lengkap. Lebih lanjut, dia bilang, dengan semakin lengkapnya fitur pada aplikasi Travoy membuat perjalanan semakin terencana. “Terutama pada libur seperti arus mudik dan balik Lebaran tahun ini,”jelasnya.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana mejelaskan, dalam mengakses fitur terbaru, para pengguna cukup membuka Aplikasi Travoy, lalu klik “Mulai Perjalanan” di tampilan. Setelah itu masukkan lokasi asal dan lokasi tujuan di tampilan lalu pilih golongan kendaraan. Setelah selesai maka akan ditampilkan sejumlah rekomendasi rute perjalanan dengan menggunakan jalan tol berdasarkan total tarif, waktu tempuh dan jarak tempuh terkecil hingga terbesar, terakhir klik “Mulai Perjalanan” untuk menampilkan gerbang tol dan tarif per gerbang tol berdasarkan rute yang sudah dipilih.

Selain itu melalui fitur terbaru ini, pengguna jalan akan mendapatkan notifikasi melalui navigasi suara jika terdapat rest area terdekat. Informasi lalu lintas pun akan tampil dalam push notification apabila terjadi kejadian di ruas tol yang terdekat dengan lokasi pengguna, seperti informasi gangguan lalu lintas, rekayasa lalu lintas maupun pemeliharaan.“Fitur tersebut merupakan fitur Event Lalu Lintas yang mempermudah pengguna jalan dalam mendapatkan informasi real time melalui push notification tanpa harus membuka aplikasi. Fitur lainnya yang juga penting untuk memudahkan pengguna jalan terutama dalam kondisi darurat yaitu fitur Chat Us dimana pengguna jalan akan diarahkan ke layanan pesan WhatsApp berbasis Artificial Intelligence (AI) untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dan fitur Hub 14080 agar dapat terhubung secara langsung dengan Live Agent Call Center 14080,” jelas Faiza Riani, Kepala Departemen Komunimasi dan Pemasaran Jasa Marga.

 

Tingkatkan Layanan

Meskipun sudah memanfaatkan layanan digital, komitmen perseroan meningkatkan layanan pengguna jalan terus dilakukan dan terlebih momentum mudik lebaran 2024 untuk kelancaran. Dimana perseron telah menambah petugas, ada 700 personel tambahan pada gerbang tol selama mudik Lebaran tahun ini.“Untuk mengurai kemacetan juga disiapkan di rest area yang konsep parkirnya satu arah untuk menghindari kepadatan di dalam rest area,” ujar Lisye.

Selain itu, Jasa Marga juga menyiagakan 548 unit mobile reader, 23.239 rubber cone, 181 unit kendaraan direct, 5 unit crane, 7 set mobile storage, 5 unit patroli motor, dan 47 tim preservasi untuk memastikan kondisi lalu lintas. Tak hanya itu, ada juga penambahan toilet portabel hingga Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) modular yang bekerja sama dengan pihak Pertamina.

 

Jasa Marga juga bekerja sama dengan PLN untuk menambah titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), yang awalnya 17 titik kini menjadi 49 titik yang tersebar dari Jakarta hingga Surabaya.“Selain itu, ada CCTV yang terintegrasi di ruas tol. Total ada 2.500 CCTV yang disiapkan dan bisa diakses melalui aplikasi kita yang JID (Jasa Marga Integrated Digitalmap),” pungkas Lisye.

BERITA TERKAIT

Catatkan Pencapaian Tertinggi - Pendapatan Premi Bruta Astra Life Tembus Rp6,1 Triliun

Sepanjang tahun 2023, PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) membukukan premi bruto (gross written premium/GWP) mencapai Rp6,1 triliun, naik 3%…

Perkuat developer tanah air - Lagi, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Mengulang kesuksesan di tahun lalu, PT Pintu Kemana Saja (PINTU) sebagai platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian…

Gandeng KPK - BTN Perkuat Integritas Keluarga Karyawan

Sebagai wujud nyata komitmen PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dalam mencapai visinya yaitu The Best Mortgage Bank in Southeast…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

Catatkan Pencapaian Tertinggi - Pendapatan Premi Bruta Astra Life Tembus Rp6,1 Triliun

Sepanjang tahun 2023, PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) membukukan premi bruto (gross written premium/GWP) mencapai Rp6,1 triliun, naik 3%…

Perkuat developer tanah air - Lagi, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Mengulang kesuksesan di tahun lalu, PT Pintu Kemana Saja (PINTU) sebagai platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian…

Gandeng KPK - BTN Perkuat Integritas Keluarga Karyawan

Sebagai wujud nyata komitmen PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dalam mencapai visinya yaitu The Best Mortgage Bank in Southeast…