BNI Bantu Pemkot Solo Bangun Hutan Kota

Senin, 01/10/2012

NERACA

Jakarta-- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menggandeng Pemerintah Kota Surakarta (Solo) membangun hutan kota di kawasan Stadion Manahan. Alasanya hal ini untuk pengembangan dan pemfungsian kembali taman tersebut sebagai pusat aktivitas masyarakat, sekaligus paru-paru kota. “Dalam pelaksanaan konsep keberlanjutan ini, BNI mendorong pembangunan hutan-hutan kota di beberapa daerah melalui skema 'partnership' dengan melibatkan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat lokal termasuk pemerintah kota," kata Direktur Kepatuhan BNI Ahdi Jumhari Luddin yang didampingi, Wali Kota Surakarta Joko Widodo, dan Chief Executive Officer (CEO) BNI Kantor Wilayah Semarang Bambang Kuntjoro,

Acara dilanjutkan dengan pembagian gratis bibit tanaman ke pengunjung. Pengembangan hutan kota Manahan ini antara lain melalui penambahan sekitar 1.000 vegetasi dari puluhan jenis tanaman keras yang meliputi tanaman langka, tanaman khas Solo dan tanaman buah.

Selain itu akan dibangun pula rumah kompos untuk pengolahan sampah hutan kota, dan pembuatan taman tematik sebagai center point yang terdiri dari playground, sitting group, gazebo, jalur refleksi dan toilet.

Menurut Ahdi, pengembangan hutan kota merupakan salah satu kegiatan corporate community responsibility (CCR) BNI dalam bidang lingkungan atau dikenal dengan BNI go green. "Pembangunan hutan kota di Manahan, Surakarta, ini merupakan bentuk komitmen BNI sebagai perusahaan yang peduli pada pembangunan berkelanjutan melalui pelestarian ekosistem perkotaan,” tambahnya.

Pembangunan Hutan Kota BNI merupakan program kegiatan yang didasari akan kesadaran terhadap pentingnya ruang terbuka hijau yang memiliki manfaat dalam peningkatan kualitas lingkungan hidup. Hutan kota ini menjadi bagian rencana Pemerintah Kota Surakarta untuk membangun hutan kota di kawasan GOR Manahan di atas lahan seluas 17 hektar, guna mewujudkan visi penataan kota Surakarta dengan luasan ruang terbuka hijau hingga 30 % dari luasan kota (eco cultural city), dan juga mewujudkan konsep Solo sebagai kota di tengah hutan. **