AAJI Optimis Premi Tumbuh 30%

Senin, 01/10/2012

NERACA

Jakarta--PT Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) optimistis hingga akhir tahun ini pertumbuhan premi asuransi jiwa dapat mencapai hingga 30 %. "Kami berkeyakinan akan terjadi pertumbuhan yang tajam pada dua kuartal terakhir, di mana tetap tumbuh di level 30 %," kata Ketua Umum AAJI, Hendrisman Rahim di Jakarta.

Lebih jauh Hendrisman mengungkapkan pertumbuhan sektor asuransi sama halnya dengan sektor perbankan, yakni mengikuti pertumbuhan ekonomi dan realisasi proyek yang didanai APBN.

Menurut Hendrisman, premi asuransi ini biasanya akan mengalami peningkatan yang tajam pada kuartal IV. "Rata realisasi proyek pemerintah minim pada kuartal awal tahun hingga pertengahan tahun. Namun jelang tutup tahun, anggaran pemerintah yang terserap melalui proyek-proyek baik infrastruktur maupun proyek lainnya sangat tinggi," urainya.

Mengikuti proyek pemerintah yang mulai cair, lanjutnya, pergerakan uang di masyarakat juga meningkat sehingga saat itulan produk asuransi juga laku terjual.

Hingga kuartal II-2012, AAJI mengklaim total pendapatan premi asuransi jiwa 43 perusahaan anggotanya mencapai Rp49,65 triliun, tumbuh 16,7 % dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp42,5 triliun. "Kendati berada pada level positif, namun di luar perkiraan, mengingat dalam beberapa tahun terakhir premi asuransi selalu berada pada kisaran 20-30 %," jelasnya.

Seiring pertumbuhan pendapatan premi, total pendapatan asuransi jiwa nasional juga meningkat 18,5 % mencapai Rp60,5 triliun, dibandingkan enam bulan pertama 2011 yang senilai Rp51 triliun. **lia