Yang Terbaik dari APM di IIMS 2012

Ada Yang Luncurkan Produk di JI-Expo

Kamis, 27/09/2012

Inilah perhelatan akbar para agen pemegang merek (APM) kendaraan di Indonesia. Sedikitnya 35 APM menggelar unit-unit unggulannya di Jakarta International Expo, Kemayoran (20-30 September). Dalam pameran ini tidak hanya ditonjolkan jumlah, namun juga teknologi terbaru kendaraan, baik teknologi baru yang siap jual maupun teknologi konsep.

NERACA

Berbicara di depan para undangan saat membuka IIMS 2012, Wakil Presiden Boediono menyatakan Indonesia memiliki potensi pasar yang luar biasa. Besarnya potensi pasar ini bisa digunakan untuk mendorong bisnis.

“Kita memiliki faktor yang bisa digunakan untuk mengangkat pasar domestik yaitu sumber daya alam dan sumber daya manusia yang besar”.

Boediono juga menyatakan dukungan pemerintah terhadap pengembangan teknologi kendaraan hybrid dan kendaraan listrik yang memiliki potensi pengembangan jangka panjang. Kedua teknologi ini sejalan dengan tema “Eco-Mobility” yang diusung IIMS 2012.

Selain hybrid dan listrik, gas juga menjadi salah satu hal yang bisa dikembangkan untuk teknologi otomotif. Terkait hal ini, Wakil Presiden Boediono menyatakan bahwa pemerintah mendorong pemanfaatan gas untuk transportasi.

Pagelaran IIMS tahun ini didukung oleh 35 merek kendaraan yang terdiri dari 25 merek kendaraan penumpang dan 10 merek kendaraan niaga. Merek kendaraan penumpang yang hadir dalam IIMS 2012, di antaranya Audi, BMW, Chevrolet, Chrysler, Daihatsu, Dodge, Ford, Geely, Honda, Hyundai, Infinity, Jeep, KIA, Mazda, Mercedes-Benz, Mitsubishi Motors, Mini, Nissan, Peugeot, Smart, Subaru, Suzuki, Tata Motors, Toyota, dan VW. Sedangkan untuk kendaraan niaga yang tampil antara lain FAW, Foton, Hino, Isuzu, MAN Trucks, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, Toyota Dyna, serta UD Trucks.

Pameran yang berlangsung hingga 30 September 2012 ini menampilkan berbagai teknologi terbaru kendaraan, baik teknologi baru yang siap jual maupun teknologi konsep. Mengusung tema besar Eco-Mobility tahun ini IIMS kembali mengajak pesertanya berkomitmen mendukung kelestarian lingkungan. Tema ini menekankan pada cara baru berkendara yang lebih ramah lingkungan dan menghemat penggunaan dan ketergantungan terhadap bahan bakar fosil. Para APM terlihat sangat siap menghadapi pameran otomotif terbesar di tanah air ini yang juga merupakan peluang untuk memperkenalkan teknologi terbaru mereka.

Pada IIMS kali ini, Indonesia mendapat kehormatan untuk menjadi negara pertama di dunia yang menampilkan model terbaru dari Honda CR-Z untuk publik secara umum. Masih di Hall D, Nissan Motor Indonesia dan Infiniti Indonesia akan hadir dengan tema “Innovation that Excites” dengan line up kendaraan baru dan kendaraan konsep seperti All New Nissan Serena, Elgrand 2.5L serta sports car legendaris Nissan GTR R35 dan InfinitiF1 Show Car.

Sementara itu, Toyota Indonesia menghadirkan tema “Goodness for Tomorrow”, yaitu sebuah semangat untuk selalu memberikan yang terbaik demi masa depan yang lebih baik. Suatu bentuk nyata Toyota melalui karya-karya yang tidak hanya memikirkan hari ini, melainkan juga memikirkan jangka panjang ke depan untuk kehidupan anak cucu kita semua. Toyota Indonesia akan menampilkan 25 produk pada IIMS tahun ini, baik berupa line up product maupun special exhibits

Ketua penyelenggara IIMS 2012, Johnny Darmawan mengatakan, “Partisipasi para APM dalam gelaran IIMS tahun ini mencerminkan keyakinan mereka akan masa depan industri otomotif tanah air yang dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan. Selain para APM, dukungan dari konsumen juga merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan industri otomotif tanah air.”

Dia menambahkan bahwa IIMS akan terus berupaya memberikan yang terbaik bagi APM dan pecinta otomotif Tanah Air.

Penyelenggaraan IIMS tahun ini merupakan pameran otomotif terbesar yang pernah diselenggarakan oleh Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) baik dari segi peserta maupun luas area yang digunakan. Pameran IIMS 2012 kali ini diikuti oleh total 310 perusahaan, yang terdiri dari 35 merek kendaraan bermotor (APM) serta 275 perusahaan pendukung industri otomotif, termasuk juga unit usaha berskala kecil dan menengah. Sementara untuk luas area yang digunakan, pameran akbar IIMS tahun ini menggunakan lahan seluas 100 ribu meter persegi dimana 71.331 m2 digunakan untuk luas area pameran, naik 10 % dibanding luas area tahun lalu yang menempati lahan seluas 63.654 m2. Panitia akan menggunakan Hall A, B, C, dan D untuk kendaraan penumpang sementara area outdoor untuk kendaraan niaga.

“Kami harap seluruh inovasi pada penyelenggaraaan IIMS tahun ini akan dapat menarik 350 ribu pengunjung dan meningkatkan jumlah transaksi yang telah kami catatkan pada 2011” tutur Johnny.

Para APM peserta IIMS 2012 ini menempati Hall A, B, C, dan D serta area outdoor. Hall A akan ditempati oleh Astra Daihatsu Motor, Ford Motor Indonesia, Hyundai Indonesia, KIA Motors Indonesia, Mazda Motor Indonesia, Mitsubishi Motors dan Subaru. Hall B akan ditempati oleh Audi Indonesia, BMW Indonesia, Chrysler Indonesia, Dodge, Jeep, Mercedes-Benz Indonesia, MINI, Smart dan Volkswagen Indonesia.

APM yang mengisi Hall C adalah General Motors Indonesia (Chevrolet), Peugeot Indonesia dan Tata Motors. Hall D akan digunakan oleh Geely, Honda Prospect Motor, Nissan Motor Indonesia dan Infiniti, Suzuki Motor Indonesia dan Toyota Indonesia. Seluruh merek kendaraan niaga akan menempati area outdoor.

(agus/dbs)