Sandisk Tingkatkan Kapasitas Memori Flash 30 ribu Kali

Sabtu, 29/09/2012

NERACA

SanDisk sebagai salah satu pemimpin global dalam solusi penyimpanan memori flash merayakan hari jadi memori flash yang ke-25, teknologi transformasional yang digunakan oleh milyaran pelanggan dan bisnis ponsel cerdas, tablet, laptop super tipis, pusat data dan perangkat elektronik lainnya.

Perusahaan seperti SanDisk telah meningkatkan kapasitas memori flash sebesar 30.000 kali dan di saat yang sama mengurangi biaya hingga 50.000 kali dalam dua dekade terakhir. Produk SanDisk yang pertama, 20 megabyte solid state drive (SSD), dijual dengan harga $1.000 tahun 1991, namun sekarang hanya berharga dua sen. Efisiensi ini telah mendorong pemakaian luas memori flash dan memungkinkan gaya hidup digital cerdas dengan akses dari mana saja dan kapan saja ke konten digital. Memori flash mendorong tiga kekuatan di balik tren ini-–komputasi mobile, konektivitas yang meluas dan proliferasi konten digital.

“Kami memulai SanDisk tahun 1988 dengan keyakinan bahwa memori flash bisa memungkinkan keseluruhan industri untuk memperkaya kehidupan milyaran orang,” kata Sanjay Mehrotra, president, chief executive officer dan co-founder of SanDisk.

“Permintaan akan flash tengah mencapai puncaknya dan saat ini merupakan saat yang menggembirakan untuk memimpin industri yang memiliki potensial sangat besar untuk masa depan.”

2.7 Zettabytes Konten Digital tahun 2012

Tahun ini, orang akan menciptakan dan mengkonsumsi 2,7 zettabytes (ZB) konten digital seperti film, musik, dokumen dan data lainnya, menurut IDC1. Ini merepresentasikan 20 kali jumlah konten digital tahun 2005.2

“Memori flash memerankan peranan penting dalam memungkinkan ledakan konten karena biayanya yang rendah, penggunaannya yang meluas oleh pelanggan dan pekerja profesional,” Mario Morales, vice president, semiconductors and EMS, IDC. “Baik itu tablet yang memungkinkan pelanggan mengakses informasi saat berada di jalan atau server di balik situs media sosial, memori flash memungkinkan adanya aplikasi paling popular saat ini.”

Konektivitas Awan

Era informasi baru saja dimulai dan dalam waktu tiga tahun semesta konten digital akan menjadi tiga kali lipat, 8 ZB, menurut IDC1. Server semakin meningkatkan penyimpanan dan pendistribusian jumlah besar informasi melalui jaringan sosial, database bisnis, layanan video streaming dan aplikasi berbasis awan lainnya. Saat konten digital berproliferasi, organisasi TI melengkapi diri mereka dengan server-server generasi berikutnya, dibantu oleh SSD untuk mengatasi peningkatan data yang pesat

“Memori flash meluas ke awan,” kata Joseph Unsworth, research vice president, Gartner. ”Pusat data menggunakan solid state drive berbasis memori flash untuk menawarkan kelebihan yang menarik bagi perusahaan awan karena SSD menawarkan alat yang paling hemat untuk mendistribusikan informasi lebih cepat dalam infrastruktur yang telah ada, seringkali disebabkan karena peningkatan besar pada kinerja HDD. Hal-hal ini dan kelebihan lain adalah alasan kami mengantisipasi penjualan unit SSD enterprise untuk meningkatkan penjualan mereka sebanyak 250 persen dalam empat tahun mendatang.” 3

Komputasi Mobile

Ponsel cerdas dan tablet yang menggunakan chip memori flash yang dibenamkan tengah mengalami ledakan dan laptop super tipis menggunakan SSD berbasis memori flash mendefinisikan kembali kategori notebook. Karena memori flash, perangkat-perangkat ini sangat responsif dan menawarkan pengalaman yang lebih menyenangkan dalam form factor yang lebih kecil, ringan dan lebih tahan banting.

“Lima puluh tahun dari sekarang, orang akan melihat kembali dan menyadari bahwa memori flash adalah salah satu dari kemajuan teknologi paling penting dari jaman kita," kata Tim Bajarin, analyst dan futurist, Creative Strategies. “Untuk perusahaan di dunia, memori flash telah merevolusi bisnis mereka dari bagaimana mereka mendesain produk hingga ke cara bagaimana pelanggan menggunakannya.”