Vendor Ramai Ciptakan Hard Drive Hybrid

Persaingan Kian Sengit

Sabtu, 29/09/2012

Persaingan dalam teknologi pembuatan hard drive terus belranjut. Hal ini dibuktikan oleh WD yang membuat hard drive hybrid 2.5 inci tertipis didunia. Hal yang sama juga dilakukan oleh Seagate dengan produknya yaitu Seagate Momentus XT. Para vendor saat ini ingin mengembangkan tenologi yang berbasis hybrid sehingga bisa memberikan penghematan.

NERACA

Seagate baru-baru ini meluncurkan produk baru mereka yaitu sebuah hybrid hard drive yang merupakan kombinasi dari hard drive biasa dan juga solid state drive (SSD), produk canggih ini disebut dengan Seagate Momentus XT. Seagate Momentus XT ini menggunakan teknologi 7200 rpm SATA hard rive yang digabungkan dengan 4GB SSD, didalamnya sudah terdapat built in software yang dapat melakukan tracking pada pemakaian bagian SSD dan juga tools untuk mengoptimalkan performance pada drive tersebut.

Nantinya produk ini akan datang dalam beberapa ukuran, hingga 500GB, dengan kisaran harga dari $113 untuk yang 250GB dan $155 untuk yang 500GB. Apakah anda membutuhkan disk semacam ini ? Jika kebutuhan tempat yang terbatas, misalnya sebuah notebook yang hanya memiliki 1 slot disk, mungkin solusi ini akan menjadi menarik dan bermanfaat untuk anda khususnya bagi anda yang ingin menikmati disk cepat SSD sekaligus dengan disk biasa sebagai media penyimpanan anda.

Sedangkan Western Digital Corp. kembali mencoba hard disk drive 5 mm yang menampilkan teknologi hibrid. WD telah mengembangkan hard drive cukup tipis untuk diintegrasikan ke dalam notebook tertipis saat ini, yang menyediakan penyimpanan berkapasitas tinggi dan kekokohan saat menampilkan instant-on dan kinerja aplikasi yang mirip dengan client solid state drives (SSDs) terbaru. Teknologi-teknologi baru ini akan dipamerkan di Investor Day WD 13 September 2012.

“Perangkat bergerak menjadi semakin kecil, tipis, ringan, dan lebih responsif,” kata Matt Rutledge, Vice President Client Storage Solutions WD. “Bekerja dengan mitra-mitra teknologi, WD telah mengembangkan hard drives 5 mm yang memungkinkan penyimpanan kapasitas tinggi dengan kinerja unggul dan harga superior yang memungkinkan pelanggan-pelanggan kami untuk memperluas penawaran mereka.”

Dengan efisiensi volume perangkat sebagai perhatian utama bagi para pembuat system, WD mulai mengirimkan hard drive 7 mm untuk notebook tipis di awal tahun ini (dalam sejarahnya, hard drive notebook standar adalah hard drive 9,5 mm). Hard drive hibrid WD 5 mm akan memungkinkan komputer tertipis di pasar memiliki kapasitas hingga 500 GB, memanfaatkan lebih sedikit volume - hampir 50% - dibandingkan dengan hard drive 9,5 mm saat ini dengan biaya yang hanya sepersepuluh dari SSD yang memiliki kapasitas serupa.

“Acer bekerjasama dengan WD untuk meningkatkan kinerja notebook dan kapasitas dalam form factor terkecil” kata David Lee, Associate Vice President untuk Acer Mobile Computing Product Business Unit. “Ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan kami untuk mempersembahkan teknologi terdepan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan pengalaman pengguna secara menyeluruh bagi para kostumer kami.”

“Kami melihat adanya pergeseran di dunia komputer menuju solusi mobile komputasi yang lebih bertenaga,” kata SY Shain, Senior Vice President notebook business unit ASUS. “Berdasarkan hal tersebut, ASUS dan WD berkolaborasi untuk menciptakan solusi-solusi notebook yang lebih tipis dan lebih mobile – tanpa mengorbankan kapasitas atau kinerja – untuk memberikan form-factor yang lebih kecil kepada pelanggan.”

Teknologi Hibrid

Teknologi hibrid inovatif WD memadankan penyimpanan flash MLC NAND untuk throughput data menyerupai SSD dan respons instant-on dengan cakram magnetik untuk penyimpanan dengan kapasitas tinggi dan efisien.

Sama seperti dengan praktik sistem perusahaan multi-juta dolar, teknologi hibrid WD memanfaatkan konsep dari penyimpanan bertingkat/tiered storage. Data yang sering diakses (atau biasa disebut ‘data panas’) dikelola menggunakan NAND flash berkecepatan tinggi untuk memastikan waktu respons yang cepat, sementara data yang jarang diakses (data dingin) berada pada cakram magnetik yang kuat. Desain bertingkat hard drives hibrid tersebut, dibandingkan dengan solusi-solusi dual-drive/drive ganda terkini, juga memberikan kelebihan redundansi kepada pengguna.

Cakram magnetic me- back up semua files yang ada dalam NAND, melindungi pengguna dari pemakaian NAND yang tak dapat dihindari dan menjaganya untuk menangani lebih banyak data panas. Teknologi hibrid WD bekerja sama dengan operating sistem PC untuk memberikan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan yang ditawarkan oleh teknologi hibrid yang ada saat ini, saat meminimalkan penggunaan NAND agar memungkinkan penggunaan MLC NAND dengan biaya yang lebih murah.

Hard drive hibrid yang mengombinasikan NAND flash dan cakram magnetik, menyederhanakan integrasi elemen penyimpanan untuk pelanggan OEM dan menyediakan sejumlah manfaat bagi pengguna akhir: kinerja unggul, respons, konsumsi energi yang rendah, toleransi operating shock yang lebih baik, dan perlindungan data. Dan tidak seperti desain dual-drive, teknologi hibrid WD menyediakan desain unit tunggal homogenitas yang telah lama dicari produsen sistem OEM dari industri penyimpanan.

WD, Western Digital Company yang merupakan perusahaan yang telah lama menjadi inovator dan pemimpin di industri penyimpanan data. Sebagai perintis teknologi penyimpanan, perusahaan memproduksi hard disk drive dan solid state drive yang memiliki performa tinggi dan andal.

Drive tersebut banyak digunakan di OEMs dan penghubung dalam desktop dan komputer mobile, sistem komputer perusahaan, sistem tertanam, dan aplikasi elektronik, sebagaimana perusahaan menyediakan produk penyimpanannya sendiri.

Perangkat penyimpanan dan sistem yang menjadi andalan WD, produk networking, media players, dan software solusi membantu orang-orang di seluruh dunia untuk menyimpan, mengamankan, melindungi, dan berbagi konten dalam banyak perangkat.

(resa)