Tata Motors Ingin Garap Pasar CNG

NERACA

PT. Tata Motors Indonesia (TMI), Agen Pemegang Merek Tata Motors di Indonesia yang beberapa waktu lalu telah mengumumkan kehadirannya secara resmi di Indonesia tampil percaya diri di ajang Indonesian International Motors Show (IIMS) 2012 ke-20 di Jakarta. Selaras dengan tema IIMS 2012 tahun ini yaitu Eco Mobility, TMI mengedepankan tema “Smart Solutions for Mobility Needs”.

“Smart Solutions for Mobility Needs” – Solusi Cerdas untuk Kebutuhan Mobilitas Anda, merupakan semangat Tata Motors yang memiliki ratusan jenis kendaraan yang memiliki biaya operasional dan perawatan yang rendah dan hemat bahan bakar serta ramah lingkungan.

Untuk menjawab secara lugas komitmennya dalam pengadaan teknologi ramah lingkungan pada kendaraan melalui penggunaan teknologi bahan bakar alternatif, pada IIMS 2012 yang merupakan debut TMI di Indonesia ini, TMI menampilkan beberapa kendaraan dengan bahan bakar alternatif, Compressed Natural Gas (CNG).

“Tata Motors telah siap dengan energy alternative dalam portofolio produknya. Mulai dari hybrid, diesel-electric hybrid, fuel cell, dan elektrik. Kali ini kami menampilkan koleksi kendaraan CNG kami. Tata Xenon CNG (single cab), Tata Nano CNG, Tata Starbus CNG, dan Tata Magic CNG,” ujar Biswadev Sengupta, Presiden Director PT. Tata Motors Indonesia.

Biswadev menambahkan bahwa market kendaraan Tata Motors dengan bahan bakar CNG telah meluas di seluruh dunia. Tata Motors mengembangkan CNG secara in-house terpadu dilakukan oleh enjiner Tata Motors, tidak melalui tangan ketiga atau after market. Keuntungan pengembangan secara langsung adalah konsumen dapat menikmati system CNG dan instalasinya yang lebih aman dan terjamin.

Sistem CNG yang dikembangkan oleh Tata Motors, mensuplai bahan bakar melalui electronic injectors atau CNG Injection System yang menjamin suplai bahan bakar sangat presisi dan membuat kenyamanan mengendara optimal. CNG Injection system Tata Motors telah diuji langsung dan dinyatakan lolos uji oleh Tata Motors Engineering. Baik kualitasnya dan kualitas keamanannya, sudah sesuai dengan standar kelayakan global.

Keuntungan system CNG Tata Motors juga menyangkut dibekalinya 16 bit CNG ECU yang menjamin respon bahan bakar ke mesin lebih cepat dan ECU-nya dapat deprogram ulang sementara data ECU dapat dikirim melalui internet. Hal ini sangat membantu saat konsumen membutuhkan layanan After Sales darurat.

Sistem CNG Tata Motors memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan sistem CNG lainnya. Baik secara teknis dan non teknis yang sangat mendukung kenyamanan pengoperasian dan pengendaraan. CNG Injection Sytem Tata Motors memiliki fitur Automatic Changeover Program.

Sebuah fitur khusus bagi Tata Nano CNG bi-Fuel (CNG dan Mesin Bensin) yang memungkinkan mesin beroperasi dengan smooth dan temperature mesin terkontrol dengan baik. Fitur ini juga menjamin nihilnya potensi kerusakan mesin dan perubahan dari mode bahan bakar satu ke bahan bakar lainnya lebih aman dan menghilangkan potensi kecelakaan.

“Tata Motors Indonesia, saat ini sedang mempelajari pasar Indonesia, hubungannya dengan minat penggunaan bahan bakar alternatif CNG pada kendaraannya. Dan mengkaji kedalaman potensi pasar CNG di segmen kendaraan komersial dan transportasi umum,” ujar Biswadev.

Biswadev juga meyakinkan bahwa banyak keuntungan dari CNG apalagi di tengah harga bahan bakar yang terus meningkat dan pembatasan kuota BBM Premium di Indonesia. “CNG sangat amat ramah lingkungan dan aman, tidak mungkin meledak karena lebih ringan dari udara, CNG berbeda dengan Elpiji,” tegas Biswadev.

CNG diyakini secara teknis juga membuat biaya operasional kendaraan lebih kecil, jarak tempuh lebih banyak, lebih irit dari bensin atau diesel, akan mengurangi biaya perawatan, meningkatkan usia pakai busi, toxic rendah dan tidak akan mengeluarkan asap hitam.

BERITA TERKAIT

Garuda Bidik 51% Market Share Pasar Domestik - Ambil Alih Operasional Sriwijaya Air

NERACA Jakarta – Kinerja keuangan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) belum lepas dari rugi, namum maskapai penerbangan plat merah…

Generasi Milenial Potensial Pasar Asuransi

    NERACA   Jakarta - Perusahaan asuransi dan manajemen aset AXA Indonesia (AXA Group) menyatakan generasi milenial (penduduk Indonesia…

ASDP-Jamdatun Kerja Sama Tingkatkan Tata Kelola Perusahaan

ASDP-Jamdatun Kerja Sama Tingkatkan Tata Kelola Perusahaan NERACA Jakarta - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menjalin kerja sama dengan Jaksa…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Sepanjang Oktober, All New Honda Brio Terjual 6.703 Unit

Setelah memulai pengiriman perdananya pada tanggal 13 Oktober 2018, All New Honda Brio meraih penjualan sebanyak 6.703 unit sepanjang bulan…

Volkswagen-Ford Berunding Mobil Listrik dan Swakemudi

Volkswagen AG dan Ford Motor Co tengah melakukan pembicaraan terkait kemungkinan kerjasama untuk mengembangkan kendaraan swakemudi dan listrik dalam sebuah…

Pasar Mobil Premium RI Diyakini Bakal Berkembang

BMW Group Indonesia merasa optimistis pasar mobil kelas premium akan terus berkembang di Tanah Air. Ada berbagai faktor yang melatarbelakangi…