Pasar Mobil Hybrid Masih Sangat Kecil

NERACA

Pameran Indonesia internasional Motor Show (IIMS) 2012 menjadi ajang pembuktian beberapa pabrikan untuk menciptakan produk kendaraan hybrid. Sebut saja dua pabrikan besar dari Honda dan Toyota sudah mengumumkan produk hybridnya seperti Honda CR-Z dan Toyota Prius c. keduanya siap bersaing di pasar mobil hybrid yang memang pasarnya sampai saat ini masih sangat kecil.

General Manager Technical Service Division PT Toyota Astra Motor, Dadi Hendriadi, menyebutkan Toyota ingin selalu menjadi True Friend, di mana salah satu perwujudannya adalah melalui teknologi hybrid. Teknologi ini diyakini tidak hanya bermanfaat bagi manusia melainkan juga ramah terhadap lingkungan.

Hadi menambahkan bahwa salah satu hasil dari pengembangan Toyota Hybrid System. “Toyota Prius yang merupakan mobil ramah lingkungan, karena efisien dalam penggunaan bahan bakar dan kadar emisi gas buang yang rendah. Tetapi, tetap mampu memberikan performa yang luar biasa dan memberikan kepuasan mengemudi bagi pengendaranya,” terangnya.

Salah satu hasil dari pengembangan Toyota Hybrid System, kata Dadi, adalah Toyota Prius yang merupakan mobil ramah lingkungan, karena efisien dalam penggunaan bahan bakar dan kadar emisi gas buang yang rendah. Tetapi, tetap mampu memberikan performa yang luar biasa dan memberikan kepuasan mengemudi bagi pengendaranya.

"Mengikuti jejak pendahulunya Toyota Prius dan Toyota Camry Hybrid, kini Toyota menghadirkan Prius C, untuk menghadirkan pilihan kendaraan hybrid yg lebih beragam," katanya, dalam media gathering, hari ini.

Dengan menggunakan mobil dengan konsep fun to drive ini, tuturnya, pelanggan dapat ikut serta menyebarkan semangat Goodness for Tomorrow dengan memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan. Mobil hybrid berkapasitas 1.500 cc ini hadir dengan sembilan pilihan warna, mulai dari S ilver Metallic, Super Red 5, Citrus Orange M.M, Lime White Pearl CS, Super White II, Black MC, Gray ME, Aqua M.M, serta Blue ME.

Prius C hadir dengan desain yang eco-fun, yang mampu memberikan kenikmatan dan keramahan berkendara, serta dilengkapi dengan peralatan keselamatan yang canggih. Mobil ini dilengkapi dengan high-level hybrid system dan atraktif bagi generasi muda yang menginginkan lifestyle tapi tetap mengedepankan aspek lingkungan.

Sedangkan menurut Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM Jonfis Fandi adalah puncak evolusi perpaduan teknologi sporty dan ramah lingkungan yang dikembangkan Honda. Kami menjawab keinginan konsumen akan mobil berperforma sport tanpa mengabaikan tanggung jawab untuk melestarikan alam.

Jonfis menjelaskan bahwa HPM tidak memberikan target penjualan New CR-Z, namun HPM sangat optimistis. “Walaupun permintaan memang masih sangat kecil tetapi pasar mobil hybrid tetap ada,” paparnya.

BERITA TERKAIT

Beragam Solusi Keuangan di GIIAS - Astra Berikan Nilai Tambah dari Sekedar Jual Mobil

Lesunya bisnis pasar otomotif dalam negeri tidak mengurangi minat masyarakat Indonesia untuk hadir di pameran tahunan GAIKINDO Indonesia International Auto…

Menakar Mobil Listrik di Indonesia

Oleh: Fahmy Radhi, Pengamat Ekonomi Energi UGM Setelah beberapa lama dinantikan, Presiden Joko Widodo akhirnya menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) tentang…

Difasilitasi, IKM Furnitur Sukoharjo Tembus Pasar AS

NERACA Jakarta – Kementerian Perindustrian semakin aktif memacu pelaku industri kecil dan menengah (IKM) untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Sampai Akhir 2019, Ferrari akan RIlis Tiga Model Baru

Pimpinan Ferrari, Louis Camilleri, mengonfirmasi bahwa masih ada tiga model baru yang akan diluncurkan hingga akhir tahun ini, sebagai bagian…

Diluncurkan, Range Rover Evoque Generasi Kedua

PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) sebagai agen pemegang merek Jaguar Land Rover (JLR) nd Rover di Indonesia paIndonesia meluncurkan generasi…

Jelang HUT RI, AHM Rilis Scoopy Merah Putih

PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan Honda Scoopy dengan balutan warna baru merah putih untuk varian stylish, jelang peringatan HUT…