Mendesain Kamar Tidur Si Anak

Sabtu, 29/09/2012

NERACA

Mendesain kamar tidur anak memang tidak begitu mudah, namun tidak begitu sulit pula, kita hanya harus mengetahui selera atau kesukaan anak saja. Namun tidak hanya itu, masih banyak hal juga yang harus kita perhatikan dalam mendesain sebuah kamar tidur untuk si mungil.

Dengan desain yang baik, pertumbuhan dan proses perkembangan anak juga menjadi ikut baik. dalam mendesain tempat kamar tidur anakharuslah secara baik dan sebagus mungkin karena kamar anak sebagai salah satu pendukung tumbuh kembangnya. Sejak masih kecil, anak harus dibiasakan mempunyai tempat ruang tidur sendiri. Kondisi ini akan membuatnya belajar mandiri sejak dini.

Dalam mendesain kamar tidur untuk anak, hal pertama yang perlu dipertimbangkan waktu mempersiapkan desain kamar tidur anak ialah faktor kenyamanan. Sekarang sudah banyak aneka produk tempat tidur dengan pilihan desain yang beragam dan variatif. Di antaranya ada tempat tidur anak dengan gambar-gambar kartun yang lucu ada lagi bentuk buah-buahan, mobil-mobilan dan masih banyak lagi lainnya yang sangat menarik. Anekadesain kamar tidur anaktersebut memang sangat menarik. Namun harus disesuaikan dengan karakter atau keinginan dan kebiasaan tidur anak.

Selain itu yang harus diperhitungkan dalam memilih desain kamar tidur yaitu disesuaikan kebutuhannya. Agar lebih mudah dimengerti, perhatikan pula tata letak dan kondisi lantai, dinding dan jendela yang ada. Pastikan letak jendela tepat, dengan begitu sirkulasi udara dan sirkulasi cahaya berjalan dengan baik, sehingga kesehatan si anak juga akan terjaga dengan baik. Kebanyakan anak-anak kecil mudah sakit karena sirkulasi udara tidak berjalan dengan baik, selain itu beragam penyakit pun bermunculan dan akan berkembang di kamar anak yang sirkulasi udara dan cahayanya kurang baik dan cenderung lembab.

Penentuan letak dalam menata kamar si anak juga harus harus diperhatikan dengan baik. Seperti dalam menentukan area tidur, pastikan area tidurnya dijauhkan dari jangkauan matahari, hal ini penting agar si anak bisa tetap tidur siang dengan nyaman pada siang hari.

Pastikan pula tempat tidur si anak tidak terlalu tinggi agar saat anak terjatuh dari tempat tidur tidak akan terlalu sakit. Sebaliknya menentukan tempat belajar, pastikan dekat dengan jendela, agar saat siang matahari bisa membentu menerangi si anak saat belajar.

Sebaiknya bila ukuran ruangan memungkinkan, siapkan juga ruang bermain dan area lain yang dibutuhkananak-anak . Penyusunan furnitur seperti tempat tidur, lemari, meja belajar dan benda-benda lain yang dibutuhkan oleh anak-anak disesuaikan dengan dimensi ruangan yang ada, pastikan ukurannya tidak terlalu tinggi dan besar, jadi si anak juga mudah untuk menjakaunya.

Penentuan tema warna untuk desain kamar tidur si anak dan dekorasi ruang juga bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat dalam memberikan sentuhan yang apik dalam kamar tidur si anak. Memang tidak terlalu mudah, namun bila kita mau, kamar tidur idaman si anak pun bukan menjadi impian.