Apple iPhone 5 Meluncur, Tepis Rumor

NERACA

Menepis rumor, akhirnya generasi terbaru smartphone Apple iPhone telah secara resmi diluncurkan di Amerika. Perangkat yang dikenal sebagai iPhone 5 tersebut diumumkan oleh Philip Schiller selaku Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple.

iPhone 5 mengalami perubahan desain yang signifikan dibandingkan dengan iPhone 4s. Hadir dengan ketebalan hanya 7,6 mm dan bobot 112 gram. Tubuhnya diselimuti oleh materi kaca dan aluminium. Ukuran layar pada iPhone 5 kini menjadi 4 inci dengan aspek rasio 16:9 sehingga fisiknya terlihat memanjang.

Resolusi layar yang dimiliki oleh iPhone 5 adalah 1136 x 640 pixel dengan kerapatan pixel 326 pixel per inci (ppi). Semua aplikasi bawaan di iPhone 5 telah diperbarui guna mendukung resolusi dan ukuran layar baru ini. Baris aplikasi di layar iPhone 5 terdiri dari 5 baris.

Dari segi hardware, iPhone 5 dibekali dengan prosesor system on chip (SoC) A6 yang diklaim akan memberi performa grafis dan kecepatan lebih cepat dua kali lipat dibanding prosesor A5 pada iPhone 4S. Sementara dari segi OS, menggunakan sistem operasi mobile Apple iOS terkini, yakni versi 6.

Untuk kamera, bagian belakang iPhone 5 dibekali sensor kamera 8 MP dan bukaan lensa f/2,4. Peningkatan terbesar dari sisi kamera adalah kemampuan menangkap gambar yang lebih cepat. Dilaporkan akan mampu merekam video beresolusi 1080p, sedangkan kamera depannya 720p.

iPhone 5 akan dirilis dalam warna hitam dan putih. Di AS, iPhone 5 akan dijual pada 21 September mendatang.dengan kontrak operator selama dua tahun. Seperti biasa, ada tiga versi iPhone yang terbagi atas kapasitas media penyimpanan, yaitu 16GB, 32GB, dan 64GB. Untuk iPhone 5 versi 16GB dibanderol dengan harga 199 dollar AS, 32GB dihargai 299 dollar AS, dan 399 dollar AS untuk 64GB.

Sementara di negara Singapura, iPhone 5 juga akan sama dilepas ke pasaran pada 21 September nanti, namun tanpa kontrak dengan operator. Harga yang ditawarkan adalah sebesar 948 dollar Singapura atau sekitar Rp 7,4 juta untuk versi 16GB.

Related posts