Keaksaraan Dapat Wujudkan Perdamaian

NERACA

Negara-negara yang mengalami konflik diperkirakan ditempati oleh lebih dari 40% penduduk putus sekolah usia sekolah dasar yang minim dalam pemahaman keaksaraan.

8 September 1964 telah ditetapkan UNESCO sebagai Hari Aksara Internasional. Penetapan tersebut dilakukan untuk mengingatkan dunia tentang pentingnya budaya literasi.

Berdasarkan Konferensi Tingkat Menteri Negara-negara Anggota PBB pada 17 November 1965 di Teheran, Iran, UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) menetapkan tanggal 8 September sebagai Hari Aksara Internasional (International Literacy Day). Mengingat masih tingginya jumlah penduduk tuna aksara di dunia, UNESCO mencanangkan Satu Dekade Keaksaraan Persatuan Bangsa-Bangsa atau UNLD (United Nations Literacy Decade) 2003-2012.

Dekade peningkatan penduduk global ini dibagi atas lima tema, yaitu: 1. Keaksaraan dan Gender (2003-2004); 2. Keaksaraan dan Pembangunan Berkelanjutan (2005-2006); 3. Keaksaraan dan Kesehatan (2007-2008); 4. Keaksaraan dan Pemberdayaan (2009-2010); dan 5. Keaksaraan dan Perdamaian (2011-2012).

Keaksaraan sangat dibutuhkan untuk menjamin perdaiaman. Data Badan Pendidikan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) menunjukkan, negara-negara yang mengalami konflik diperkirakan ditempati oleh lebih dari 40 % penduduk putus sekolah usia sekolah dasar yang minim dalam pemahaman keaksaraan.

Menteri Nuh mengatakan, di tingkat internasional saat ini masih bisa disaksikan adanya berbagai gejolak. Hubungan antara keaksaraan dan perdamaian terlihat makin nyata antara lain ditunjukkan bahwa beberapa negara yang mengalami gejolak dan kekerasan yang berkepanjangan cenderung memiliki tingkat keaksaraan yang terendah di dunia.

Oleh sebab itu, lanjut Nuh, konflik tetap menjadi salah satu hambatan utama dalam pencapaian Pendidikan untuk Semua (PUS) dan pembangunan milenium atau Millennium Development Goals (MDGs’).

HAI ke-47 bertema “Aksara Membangun Perdamaian dan Karakter Bangsa”. Adapun subtema peringatan ini adalah “Melalui Peringatan HAI ke-47 Kita Tingkatkan Nilai Ke-Indonesiaan yang Berbudaya Damai dan Berkarakter”. Tema ini diharapkan dapat mengingatkan kembali serta memberi inspirasi tentang kesungguhan upaya penyelenggaraan pendidikan keaksaraan sebagai fondasi gerakan membangun manusia berkarakter dan berbudaya damai.

 

 

BERITA TERKAIT

40.164 Sekolah Miliki Siswa Berkebutuhan Khusus

    Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyebutkan terdapat 40.164 satuan pendidikan formal di Indonesia yang memiliki peserta…

Perpusnas Bikin Kegiatan Mudik Asyik Baca Buku

  Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menyambut baik kegiatan mudik asyik baca buku tahun 2024 yang diinisiasi oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan…

Mengajak Anak untuk Ikut Mudik, Perhatikan Hal Ini

  Datangnya bulan Ramadan selalu bersamaan dengan persiapan umat muslim untuk pulang ke kampung halaman dengan tujuan berkumpul bersama keluarga…

BERITA LAINNYA DI

40.164 Sekolah Miliki Siswa Berkebutuhan Khusus

    Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyebutkan terdapat 40.164 satuan pendidikan formal di Indonesia yang memiliki peserta…

Perpusnas Bikin Kegiatan Mudik Asyik Baca Buku

  Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menyambut baik kegiatan mudik asyik baca buku tahun 2024 yang diinisiasi oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan…

Mengajak Anak untuk Ikut Mudik, Perhatikan Hal Ini

  Datangnya bulan Ramadan selalu bersamaan dengan persiapan umat muslim untuk pulang ke kampung halaman dengan tujuan berkumpul bersama keluarga…