City Car Siap Ramaikan IIMS 2012 - Ada Mobil di Bawah Rp 100 Juta?

Indonesia International Motor Show (IIMS) merupakan ajang yang ditunggu-tunggu pecinta otomotif di Tanah Air, karena dipastikan para produsen mobil atau yang biasa disebut Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) akan berlomba – lomba menyuguhkan mobil-mobil terbarunya. Banyak ATPM yang merilis City Car. Tipe ini dipercaya akan banyak menarik minat para konsumen di Indonesia.

NERACA

Mitsubishi Mirage

Akan mulai dijual pada IIMS, Mirage menggunakan mesin 3 silinder berkapasitas 1.200 cc MIVEC. Dengan transmisi 5 percepatan dan INVECS-IIIN CVT. Dengan spesifikasi mesin ini, kabarnya Mirage bisa menempuh jarak 22 km untuk 1 liter bensin.

Disebut Eco Car, dimensinya nggak beda jauh dengan pesaingnya Nissan March. Mirage berdimensi 3.710x1.665x1.490 mm (PxLxT) sementara March 3.780x1.665x1.535 mm. Atau artinya Mirage lebih pendek 7 cm dan lebih rendah 3,5 cm dari March. Untuk harga, pihak KTB belum mau membuka suara. Buat bayangan di Thailand harganya sekitar 114-165 juta Rupiah.

Menurut Direktur Pemasaran PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Rizwan Alamsjah Mitsubishi Mirage walaupun dilaunching sebelum IIMS tetapi sudah 2.000 unit yang terpesan oleh para konsumen. “Kami sangat yakin produk kami ini akan menjadi pilihan utama bagi para konsumen,” terangnya.

Toyota Agya

Seperti kolaborasi antara Avanza dan Xenia. Toyota pada akhir tahun ini kabarnya juga akan merilis city car murahnya dengan nama Toyota Agya. Dari segi bahasa, Agya berarti gadis cantik yang stylish.

Diperuntukkan sebagai mobil murah dan terjangkau, sepertinya mobil ini akan hadir mirip dengan Etios. Menggunakan mesin berkapasitas kecil sekitar 1000 cc, tampilannya lebih sporty dengan gril depan dan lubang hawa besar di bagian bumper.

Di kanan kirinya ada fog lamp dengan lampu model meruncing ke belakang. Sedangkan di bagian belakang ada tail lamp membulat yang dilengkapi dengan lampu mundur dan sein. Kabarnya mobil ini akan dibanderol sekitar 70-100 juta Rupiah.

Menurut Joko Trisantoyo, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) kemungkinan besar mobil ini akan menjadi salah satu yang akan dipamerkan saat IIMS. “Ya kita lihat saja apakah mobil ini akan mejeng atau tidak. Kita akan kasih kejutan buat konsumen Toyota nantinya,” paparnya.

Daihatsu Alya

Melanjutkan yang di atas, ini adalah Xenia-nya. Dengan nama Alya, Daihatsu siap meramaikan pasar city car murah seperti program Low Cos Green Car (LCGC) yang disuarakan oleh pemerintah. Seperti keduanya, perbedaan juga ada sehingga mempengaruhi harganya. Tapi perbedaan itu lebih ke fitur dan aksesoris. Keduanya sama-sama city car bergenre 4+1 penumpang.

Alya yang dalam bahasa arab berarti mulia kabarnya akan dirilis pada pertengahan September ini. “Tunggu kejutannya pertengahan September ini. Siap-siap ya,” ujar salah satu pihak Astra Daihatsu Motor saat HAI bertandang ke sana mengambil Sirion.

Sambil menunggu rilis masih banyak kemungkinan yang terjadi. Bisa saja mesinnya menggunakan kapasitas yang berbeda. Seperti halnya Avanza dan Xenia. Avanza ada yang 1.500 cc sedangkan Xenia hanya 1.300 cc. Penasaran? Kita tunggu saja mobil yang kabarnya di bawah 100 juta Rupiah ini dirilis.

Tata Nano

Ini adalah mobil termurah sejagad. Dibawa oleh PT Tata Motors Indonesia, Tata Nano siap dijual dan test drive pada gelaran IIMS 2012 pada 20 September mendatang. Dengan kapasitas angkut 4 penumpang, Tata Nano memasang mesin dua silinder berkapasitas 642 cc.

Dengan mesin yang kecil tersebut, tanaga yang bisa dikeluarkan sebesar 38 ps dengan torsi maksimal 48 Nm. Kabarnya produsen mobil mungil asal India ini akan menjual Nano Tata di kisaran harga Rp 24,5-Rp 34,5 juta Rupiah.

“IIMS 2012 merupakan sarana bagi Tata Motors untuk memperkenalkan diri sebagai perusahaan otomotif global. City car Tata Nano akan diperuntukkan bagi pengguna sepeda motor yang akan beralih ke mobil dan ingin membeli mobil murah,” ujar Biswadev Sengupta selaku President Director, PT Tata Motors Indonesia.

All New Suzuki Swift

All-New Suzuki Swift menggendong mesin 1.4 liter yang digunakan Suzuki Ertiga. Diproduksi di Thailand, selain pada mesin yang berubah dari 1.5 menjadi 1.4, perubahan juga terjadi pada segi dimensi.

City car yang sudah lama hadir di Indonesia ini kabarnya diracik lebih panjang sehingga kabinnya menjadi lebih lapang. Untuk lampunya juga didesain lebih lebar denga balutan bumper depan dan belakang yang dimodifikasi.

Menggunakan mesin bernama K14B DOHC VVT, 16 Valve 1373 cc, tenaganya disinyalir mencapai 95 ps pada 6000 rpm dengan torsi 130 Nm pada 4.000 rpm. Walaupun belum ada harga yang pasti, kisaran harga All New Suzuki Swift sepertinya akan berkisar antara 170-200 juta Rupiah. Penasaran seperti apa tampangnya? Kunjungi saja IIMS 2012.

Related posts