Ciptakan Garasi Bersih dan Aman

Sabtu, 22/09/2012

NERACA

Garasi terkadang memang dijadikan bengkel atau tempat menyimpan perkakas-perkakas atau peralatan-peralatan yang sering menyisakan kotoran atau beberapa oli setelah membongkar atau memperbaiki kendaraan kita.

Karena itulah kita membutuhkan beberapa langkah-langkah untuk membenahi dan membersihkan ulang garasi agar terlihat lebih bersih dan tertata lebih baik. Selain itu pula, penataan yang baik dapat memperindah juga memberikan kenyamanan untuk siapapun yang melihatnya. Karena itulah membersihkan dan menata ulang sebuah garasi menjadi hal yang cukup penting.

Ada banyak cara untuk memulai membereskan garasi dan menata ulang garasi kita, namun cara yang baik untuk memulai make over garasi adalah menata barang yang ada. Hal itu bisa tercapai dengan menyortir barang-barang dalam beberapa kategori.

Contohnya, untuk beragam kunci pas, obeng dan lainnya masuk kategori perkakas. Lalu senter, tali, kabel dan sekring cadangan masuk kategori utilitas. Pertimbangan berikutnya dalam menyortir adalah seberapa sering kita menggunakan alat tertentu. Selain itu, kita juga bisa menentukan apakah suatu barang harus disimpan, diberikan ke orang lain atau dibuang.

Terkadang banyak orang yang tidak menyadari betapa pentingnya kebersihan sebuah lantai. Padahal lantai yang kotor bisa membahayakan nyawa kita, entah bisa menimbulkan penyakit atau membuat kita terpeleset karena lantai yang licin.

Membersihkan lantai garasi hingga mencapai seluruh sisi dapat mengeliminasi kotoran dan debu serta sarang serangga atau menemukan barang yang tercecer. Walau lantai garasi telah dibersihkan, terkadang masih tersisa kotoran yang sulit dibersihkan. Seperti tumpahan oli atau bensin. Bisa jadi di tahap ini kita bisa mulai memikirkan untuk mengganti permukaan lantai dengan jenis yang lebih mudah dibersihkan seperti halnya di showroom mobil.

Memoles ulang lantai lama garasi kita bisa menjadi langkah mudah dengan harga terjangkau. Lantai pun jadi mengilap. Obat poles lantai dengan epoxy tertentu dapat mengilap lebih lama dan tahan terhadap gesekan dengan ban serta tumpahan oli, minyak atau bensin.

Jika sering tak memiliki waktu banyak untuk membersihkan garasi, ada solusi mudah bagi lantai garasi kita. Salah satu cara cepat untuk me-remodel lantai garasi adalah dengan memanfaatkan pelapis floor mat. Selain anti air, floor mat ini juga mudah untuk dibersihkan baik dengan vaccum cleaner maupun disemprot air. Sebaiknya gunakan selotip pada bibir mat agar kita tidak tersandung.

Sirkulasi udara di ruang garasi kita juga sangat penting. Terlebih jika kita gemar mengutak-atik mobil di ruang garasi. Kita dapat membuat lubang udara di atas pintu garasi atau memasang exhaust di dinding. Siasati pula rendah atau tinggi garasi kita. Idealnya, lantai garasi sama tinggi dengan bahu jalan. Tapi tidak demikian dengan kondisi di lapangan.

Kerap posisi geografis ini tak menguntungkan, sehingga garasi bisa lebih rendah atau tinggi dari bahu jalan. Semua itu bisa disiasati, asal memenuhi syarat dan kriterianya. Untuk garasi yang merendah, jangan lupa membuat got kecil kira-kira selebar 50 cm untuk menampung air dari arah garasi yang turun ke dalam. Tutupi got kecil tersebut dengan kisi-kisi besi sehingga mudah dibersihkan.