Tips Garasi Aman untuk Si Anak

Sabtu, 22/09/2012

NERACA

Tidak banyak orang yang menyadari betapa seringnya terjadi kecelakaan di dalam garasi. Sudah banyak pemberitaan tentang bahayanya anak berada di dalam garasi tanpa pengawasan orang tua. Karena biasanya garasi tidak hanya dijadikan tempat untuk menyimpan kendaraan saja, namun lebih dari itu masih banyak barang-barang seperti peralatan kendaraan yang bisa membahayakan anak-anak. Bahkan ada pemberitaan dan kejadian anak tertabrak mobil di dalam garasi, karena itu sebaiknya teliti sebelum memasukkan atau mengeluarkan mobil.

Biasakan untuk mengelilingi mobil yang terparkir sebelum duduk di belakang kemudi untuk memastikan situasi sekitar dengan seksama. Jangan berasumsi kita tahu di mana anak sedang berdiri. Selalu lihat dan pastikan.

Lakukan hal sama untuk anak-anak tetangga sebelah rumah, pastikan Anda melihat tidak ada siapapun di belakang mobil. Matikan radio di dalam mobil, ponsel dan apapun yang mengganggu konsentrasi Anda. Turunkan kaca saat mobil bergerak mundur agar Anda bisa mendengar suara di luar. Jika Anda mengajak anak di dalam mobil, pastikan mereka sudah duduk rapi di dalam carseat ataupun terikat sabuk pengaman. Kunci pintu-pintu mobil sebelum bergerak.

Teliti memang salah satu hal yang sangat penting, apalagi saat setelah menyalakan mobil, bergeraklah perlahan, terutama ketika mundur. Jangan biarkan anak-anak bermain di depan garasi rumah Anda maupun rumah tetangga. Meskipun ada orang dewasa di sekitarnya. Terkadang anak terlalu asyik bermain dan tidak mendengar panggilan orang lain. Jika saat Anda hendak bepergian dan anak tidak diajak, pastikan pintu rumah tertutup atau ada orang dewasa yang menjaganya dari berlari ke arah mobil Anda.