Lima Alasan Memilih Investasi Emas

NERACA

Semakin banyak orang yang sudah menyadari bagaimana merencanakan keuangannya untuk menjadikan investasi emas sebagai salah satu pilihan utama investasinya. Banyak orang memilih investasi ini dikarenakan harga emas yang masih stabil dalam hal harga, ini yang membuat minat masyarakat meningkat untuk investasi ini.

Bukan hanyak untuk investasi emas juga bisah dipakai sebagai perhiasan untuk kaum wanita, ini yang menjadi kelebihan dari membeli bukan hanya untuk investasi melainkan untuk dipakai, dan banyak hal orang memilih investasi emas. Ada 5 (lima) alasan yang layak kita pertimbangkan untuk memulai berinvestasi emas sekarang juga.

Yang pertama, profit yang cukup tinggi. Jika kita perhatikan rata-rata kenaikan harga emas per tahun, maka kita mendapati angka pertumbuhan nilainya berkisar di atas 20% per tahun. Inilah yang menyebabkan banyak orang menyebut emas sebagai tahan inflasi; wajar saja karena kenaikan nilai tahunan emas selalu lebih tinggi di atas inflasi rata-rata.

Yang kedua, emas mempunyai likuiditas yang tinggi; jauh lebih tinggi dibanding properti, bahkan lebih tinggi di banding investasi berbasis kertas semisal: saham dan reksadana. Artinya jika kita mempunyai emas batangan secara fisik dan kita perlu menguangkannya, maka kita cukup ke toko emas terdekat untuk menjualnya atau ke bank syariah untuk menggadaikannya dan seketika uangnya bisa langsung cair saat itu juga.

Yang ketiga, ini yang cukup urgent, tidak ada yang bisa mengintervensi nilai emas, pasar yang adillah yang menentukan nilainya. Berbeda sekali dengan uang kertas yang nilainya bisa saja dipotong atau didenominasi. Nilai emas terletak pada emas itu sendiri, tidak ada yang menetapkan namun memang included terletak pada dirinya sendiri.

Yang keempat, bicara mengenai emas batangan (fisik), maka kita memperoleh benefit yang secara sederhana bisa kita istilahkan sebagai kepemilikan mandiri. Kita benar-benar berkuasa penuh atas emas batangan kita sebagai sebuah investasi, tidak perlu bergantung pada pihak lain.

Dan yang kelima, ini yang membuat investasi emas batangan makin menarik, yakni bebas pajak. Dikarenakan emas batangan dikategorikan sebagai bahan baku, maka tidak dikenakan pajak apapun terhadapnya.

Jika kita mau mencari lagi yang lain, rasanya masih banyak alasan yang semestinya tidak lagi membuat kita menunda untuk mulai berinvestasi dari sekarang, namun untuk saat ini 5 alasan di atas semestinya sudah lebih dari cukup.

Jadi mari mulai berinvestasi emas agar kekayaan kita tidak habis tergerus inflasi dan kita bisa membentangkan masa depan yang lebih baik bagi anak cucu kita.

BERITA TERKAIT

Menperin Incar Investasi Sektor Kimia Hingga Baja

NERACA Jakarta – Pemerintah Indonesia terus berupaya meningkatkan kerja sama bilateral dengan Jepang di bidang ekonomi, termasuk peningkatan investasi sektor…

Gaet Investor di Nikkei Forum - RI Pacu Implementasi Kebijakan Pro-Investasi dan Pro-Bisnis

NERACA Jakarta – Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia telah melaksanakan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 yang berjalan sukses…

Penanaman Modal Asing - Ke Jepang, Menperin Incar Investasi Sektor Kimia Hingga Baja

NERACA Jakarta – Pemerintah Indonesia terus berupaya meningkatkan kerja sama bilateral dengan Jepang di bidang ekonomi, termasuk peningkatan investasi sektor…

BERITA LAINNYA DI KEUANGAN

KUR, Energi Baru Bagi UKM di Sulsel

Semangat kewirausahaan tampaknya semakin membara di Sulawesi Selatan. Tengok saja, berdasarkan data yang dimiliki Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel,…

Obligasi Daerah Tergantung Kesiapan Pemda

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai penerbitan obligasi daerah (municipal bond) tergantung pada kesiapan pemerintahan daerah karena OJK selaku regulator hanya…

Bank Mandiri Incar Laba Rp24,7 T di 2018

PT Bank Mandiri Persero Tbk mengincar pertumbuhan laba 10-20 persen (tahun ke tahun/yoy) atau sebesar Rp24,7 triliun pada 2018 dibanding…